Password digunakan untuk menjaga keamanan data pada website dan diibaratkan sebagai kunci untuk masuk kedalam sebuah ruangan. Sehingga jika anda tidak memiliki kunci, maka tidak akan bisa masuk.

Tetapi ketika anda sudah memiliki password bukan berarti website menjadi aman, karena adanya hacker dapat membobol kunci tersebut. Sehingga kami sarankan untuk anda gunakanlah password hanya untuk satu platform saja dan mengganti password website secara berkala.

Cara Mengganti Password pada WordPress

Terdapat tiga cara untuk mengganti password pada WordPress yaitu melalui WordPress langsung, dashboard dan phpMyAdmin.

Mengganti Password melalui Halaman Login WordPress

Adapun cara untuk mengganti password melalui halaman login WordPress yaitu pada tampilan login isikan email dan password. Ketika anda lupa mengisikan password, klik pada tulisan/link Lost your password?

Setelah itu, masukkan alamat email yang digunakan dan pastikan terhubung dengan akun anda dan lanjutkan dengan opsi Get New Password.

Tunggu hingga WordPress mengirim email dan menginfokan anda untuk mereset password WordPress.

Silahkan buka email pemberitahuan dan nanti akan muncul link yang diberikan. Setelah itu, klik link tersebut dan buatlah password baru. Gunakan kombinasi menggunakan huruf besar dan kecil, tanda baca maupun angka dan pilihlah Reset Password.  

Login kembali dengan password baru untuk mengecek penggantian password anda sudah berhasil atau belum.

Mengganti Password melalui dashboard

Keuntungan mengganti Password melalui dashboard yaitu anda dapat mengubah password tanpa menyediakan akses email. Cara ini dapat dipakai ketika anda lupa username dan password namun sesi login WordPress belum berakhir.

1. Buka tab User > Your Profile

Disini nanti anda akan melihat informasi akun yang dikelola, seperti email, username dan foto profil yang anda gunakan

2. Arahkan pada Account Management untuk mengubah password, termasuk jika anda lupa password yang sebelumnya digunakan.

3. Klik opsi Generate Password yang muncul

Keunggulannya yaitu WordPress dapat membuatkan password sendiri secara aman untuk website anda. Tetapi jika anda merasa kurang aman, anda tetap dapat merubah password tersebut. Tetapi, password akan memberikan notifikasi jika password kamu terlalu lemah.

4. Klik Update Profile dibawah halaman, tetapi cara ini tidak membuat akun logout secara otomatis. Sehingga nanti akan muncul pesan Profile Update pada bagian atas layar dan disini anda perlu melakukan logout secara manual serta mengecek apakah password yang diganti sudah efektif atau belum.

Mengganti Password melalui phpMyAdmin

1. Buka control panel server dan klik website namadomainmu.com/cpanel

2. login untuk klik phpMyAdmin dengan klik database blog lalu klik wp_user. Tandai user yang akan diganti passwordnya dan klik ubah.

WordPress akan secara default menyembunyikan karakter password blog dalam sebuah deretan angka dan anda tidak bisa mengubahnya tanpa menyesuaikan fungsinya

3. Ubah pada bagian uses_pass menjadi fungsi MD5. Kemudian ketikkan password baru pada bagian sebelah kanan (null value).

4. Klik tombol Go untuk menyimpan perubahan data password.

5. Silahkan cek password yang sudah anda ganti dengan login ke dashboard blog secara berulang.