CMS Moodle digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran, seperti membuat materi pembelajaran, kuis dan jurnal elektronik dalam bentuk web. Sedangkan Softaculus merupakan salah satu fitur cPanel yang berperan sebagai auto-installer website berbasis CMS.

Adapun cara untuk Install Platform E-Learning atau CMS Moodle menggunakan Softaculous, yaitu

1. Login ke halaman cPanel

Jika anda sudah login, silahkan klik menu Softaculous yang berada di kategori “Software/Services”.

2. Ketikkan Moodle di kolom search dan klik Moodle di hasil pencarian.

3. Klik “Install Now

Kemudian, nanti akan muncul installasi moodle, silahkan anda isi field tersebut.

  • Pada kolom “Choose Domain” anda tidak merubah isinya, jika ingin melakukan instalansi di domain utama. Jika anda ingin melakukan instalansi di subdomain atau domain add on, langsung saja sesuaikan dengan klik dropbox dan pilih domain atau subdomain mana yang ingin digunakan.
  • Pada kolom “In Directory”, jika anda ingin melakukan instalansi di folder utama (public_html) dari domain atau subdomain, silahkan untuk mengosongkan/menghapus isian yang ada pada kolom ini.
  • Pada kolom Data directory dan cronjob, anda tidak perlu untuk melakukan perubahan.
  • Pada kolom “Site Name”, isikan dengan nama website anda. Pada kolom “Site Description”isikan deskripsi singkat dari website yang akan dibuat.
  • Pada kolom “Admin Password”, silahkan ganti password bawaan Softacolous dengan password anda dan untuk “Admin Email”, sesuaikan dengan email kontak yang anda gunakan.

4. Setelah anda melakukan isian dengan benar, Klik “Install” untuk melakukan instalansi Moodle

5. Ketika muncul installation bar, tunggu sampai proses instalansi selesai

6. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menandakan bahwa platform e-learning atau cms moodle sudah terinstall

Sekarang anda dapat melakukan akses website yang sudah terinstall platform e-learning atau cms moddle. Jika tampilan masih berantakan, anda perlu menyesuaikan disable functions pada cms moodle terlebih dahulu.