WordPress merupakan platform terbaik saat ini yang banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak sekali pengembang website yang menggunakan platform WordPress. Kecepatan loading dalam sebuah blog/web merupakan salah satu parameter yang dapat meningkatkan nilai SEO. Kecepatan loding juga akan membuat pengunjung nyaman saat mengunjungi website.

Berikut ini cara untuk mempercepat loading WordPress, yaitu:

1. Menguji Kecepatan WordPress

Sebelum anda mempercepat loading WordPress, pertama-tama anda harus mengetahui keadaan website anda. Gunakan beberapa tool untuk melihat kecepatan loading website anda sudah cepat atau lambat.

2. Pilih Tema yang Ringan

Pastikan anda menggunakan tema yang cepat dan responsive. Gunakan tema yang memiliki ukuran yang ringan, sehingga akan mempercepat waktu loading website anda.

3. Gunakan Plugin Caching

Caching merupakan mekanisme yang sangat baik untuk offload beberapa beban di server web. Dengan menginstal plugin caching dapat meningkatkan kecepatan loading. Sebagian besar caching dapat meningkatkan performa situs.

4. Optimalkan Home Page

Anda dapat mempercepat loading website dengan mengoptimalkan homepage. Cara yang bisa anda lakukan antara lain:

  • Tampilkan artikel dalam bentuk kutipan saja
  • Membatasi jumlah postingan di homepage
  • Hapus beberapa widget yang tidak berguna
  • Hapus plugin yang sudah tidak digunakan
  • Buatlah konten seminimal mungkin

5. Optimalkan Gambar

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan gambar, antara lain;

  • Menentukan besaran dimensi gambar maksimum untuk ukuran thumbnail, medium, dan large.
  • Mengurangi ukuran gambar yang diupload tanpa mengubah ukuran asli dan kualitas gambar.

6. Membagi Konten Menjadi Beberapa Halaman

Membagi konten atau pagination yaitu teknik menyederhanakan konten yang panjang. Bagian konten yang pendek akan ditampilkan satu per satu sebagai halaman terpisah. Pagination digunakan untuk menampung komentar karena loading ribuan komentar secara serentak dapat mengakibatkan kemacetan pada bandwidth.

7. Pilih Web Hosting yang Tepat

Jika anda sudah memastikan bahwa loading lambat dikarenakan oleh hosting, maka anda bisa ganti hosting yang memiliki kecepatan tinggi. Banyak sekali website yang dihosting pada penyedia yang tidak terpercaya dan ternyata website tersebut ditempatkan bersama ribuan situs klien di satu server bersama-sama. Sehingga mengakibatkan server menjadi lambat.

 

 

Cara Memepercepat Loading WordPress
5 (100%) 3 vote[s]