Dalam membangun sebuah website yang kuat, loading yang cepat dan kompleks, anda membutuhkan sistem menajemen konten berupa Drupal.

Apa itu Drupal?

Drupal merupakan sistem manajemen konten/pengelolaan konten yang bersifat open source. Drupal memiliki banyak lanjutan yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika ingin membangun sebuah website yang besar dan kompleks, anda dapat menggunakan drupal sebagai pilihan yang tepat.

Manfaat dari Drupal

  • Fleksibilitas

Drupal menyediakan tema dan modul untuk pengembangan khusus atau tingkat lanjutan pada website. Disini, anda dapat mengubah tampilan website dan fungsionalitas tambahan seperti newsletter tanda-up, sosial berbagi tombol, mengintegrasikan Google Analytics, dan lebih melalui inti dan modul kontribusi

  • Memiliki Peforma Optimal

Drupal memiliki peforma yang optimal karena dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi dan memiliki stabilitas serta kinerja yang juga aman dan cepat.

  • Kemudahan Penggunaan

Pada awalnya, penggunaan drupal memang sulit untuk dipelajari, karena membutuhkan lebih banyak pengalaman teknis. Tetapi nantinya drupal akan menghasilkan website yang lebih maju.

  • Tarif

Drupal memberikan kebebasan untuk men-download, menginstall dan menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya untuk pengembangan website, karena open source dan gratis.

Menemukan tema drupal yang sesuai

Setelah membahas kenapa anda harus memilih Drupal, mari kita bahas tema Drupal, dan dimana anda bisa mendapatkannya.Tema Drupal mengatur tampilan website anda, dan berikut ini adalah hal-hal penting yang harus anda ketahui tentang tema Drupal :

Tema terinstall, teruninstall, dan tema default

Tema dapat diatur melalui interface Drupal. Caranya, setelah login ke situs Drupal anda, klik Penampilan, dan anda dapat melihat tema-tema yang telah diinstall serta diuninstall. Tema yang telah diuninstall juga  dapat diinstall ulang dengan mudah.

Anda dapat memiliki lebih dari satu tema pada Drupal, namun hanya salah satu tema saja yang dapat diaktifkan pada situs anda. Namun, satu tema lain dapat dijadikan tema administrasi, yang akan mengubah tampilan dashboard Drupal anda.

 

Administrasi tema

Administrasi tema akan memudahkan anda untuk melakukan manajemen situs dan mengelola website dengan cepat dan efisien, tanpa gangguan. Karena itu, anda dapat mengatur tema yang berbeda sebagai tema administrasi anda.

Mengatur tema secara keseluruhan

Sebagian besar gaya dan tampilan visual situs dapat diatur melalui pengaturan tema. Namun, anda juga dapat melakukan pengaturan secara global untuk menentukan tema default dan tema administrasi.

Pengaturan global dapat mengatur hampir semua bagian dari tampilan situs anda, mulai dari gambar, logo, dan favicon, dan masing-masing pengaturan dapat disimpan dalam tema individual. Dengan demikian , Drupal memungkinkan anda untuk memilki kontrol yang lebih terhadap tampilan situs anda.

Mendapatkan tema Drupal

Anda dapat memilih tema Drupal yang gratis, ataupun yang berbayar. Tema Drupal gratis bisa didapatkan di website resmi Drupal, lalu memilih bagian Tema. Terdapat banyak pilihan tema yang dapat anda saring berdasarkan kompatibilitas, pengembangan, popularitas, dan masih banyak lagi. Sayangnya, tidak ada opsi untuk menyaring berdasarkan topik/niche.

Selain tema gratis, anda juga dapat memilih tema berbayar yang disediakn oleh pihak ketiga seperti ThemeForest dan Envato Elements. ThemeForest dan Envato Elements memungkinkan anda untuk menyortir tema menurut kategori, sehingga emudahkan anda untuk menemukan tema yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat melihat preview langsung dai tema tersebut ketika diaplikasikan.

Tema Gratis atau berbayar ?

Dengan banyaknya tema Drupal gratis yang tersedia, anda tentu dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan tema gratis, atau menggunakan tema berbayar dari pihak ketiga. Tema gratis dan berbayar memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tema Gratis

Tema Drupal gratis, tentu saja gratis, anda dapat menggunakannya tanpa biaya. Sangat berguna jika anda memilki anggaran terbatas. Namun, tema gratis memilki beberapa kekurangan

  • Terkadang, developer tema tidak menyediakan dukungan untuk suatu tema. Jika anda mempunyai pertanyaan atau masalah tentang tema tersebut, anda harus mencari sendiri solusinya.
  • Beberapa tema sudah tidak dikembangkan oleh developernya, menyebabkan masalah kompatibilitas untuk penggunaan pada Drupal versi lebih baru.
  • Fitur pada tema gratis tidak selengkap tema berbayar. Jika anda membutuhkan fitur tertentu, solusi satu-satunya adalah dengan menggunakan tema berbayar.

 Tema Berbayar

Tema berbayar lebih fleksibel, dan anda dapat menemukan hampir semua niche yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa keuntungan tambahan dari tema berbayar adalah :

  • Pembaruan tema secara teratur oleh pengembang. Tema yang selalu diperbarui memastikan anda dapat menggunakan tema tersebut untuk versi-versi Drupal yang lebih baru, tanpa masalah kompatibiltas
  • Tedapat dukungan dari pengembang, jika sewaktu-waktu terjadi masalah. Pengembang professional tentu akan menyediakan dukungan dan solusi untuk masalah yang anda hadapi.

Kekurangan dari tema berbayar adalah biaya yang harus dikeluarkan. Bagaimanapun juga, tema berbayar dapat diartikan bahwa anda mempekerjakan seorang pengembang untuk situs anda.

Tema berbayar adalah pilihan yang lebih baik

Tema berbayar memiliki lebih banyak opsi pengaturan dibandingkan tema gratis. Jika anda adalah pemilik suatu bisnis dan menggunakan situs web anda untuk pemasaran, tema berbayar akan jauh lebih baik. Anda juga meminimalkan potensi masalah yang dapat terjadi, serta dukungan untuk berbagai fitur baru.

Namun, jika anda baru memulai dan memilki anggaran terbatas, tema gratis juga cukup dan dapat digunakan.

 

Cara Mengganti Tema pada Drupal

Untuk mengganti Tema pada Drupal anda harus melakukan proses Instalansi Drupal theme. Pertama, anda harus menambahkan tema ke situs anda, kemudian menginstall dan mengaturnya sebagai tema default.

Adapun tiga cara untuk menambahkan tema pada situs yaitu

1. Menginstall tema Drupal dari URL

  • Silahkan cari dan pilih tema URL yang ingin diinstall dan gulir ke bawah menuju kotak hijau.
  • Klik kanan di link tar.gz atau .zip, kemudian pilih Salin alamat Link
  • Masuk ke situs Drupal anda dan arahkan ke
  • Tekan tombol Install tema baru
    Pada layar berikutnya, sisipkan link dan salin sebelumnya di Install dari kotak URL.
  • Jika tema sudah terpasang, pilih Instal dan tambahkan pada tema untuk menyelesaikan proses instalansi.
  • Setelah tema ditemukan, klik Install dan tetapkan default untuk menggunakannya

 

2. Menambahkan Tema Drupal melalui Upload

  • Temukan folder download yang berisi tema anda
  • Masuk ke situs Drupal dan arahkan ke penampilan
  • Klik tombol Install tema baru dan klik Pilih file tombol dan pilih folder tema pada halaman berikutnya.
  • Klik Install dan tunggu sampai tema selesai diinstall
  • Jika tema sudah terpasang, Pilih Instal tema yang paling baru ditambahkan untuk menyelesaikan proses instalasi.
  • Setelah tema ditemukan, klik Install dan tetapkan default untuk menggunakannya

 

3. Menambahkan Tema Drupal melalui FTP

Untuk menambahkan tema Drupal melalui FTP anda dapat menginstalnya melalui program FTP seperti Filezilla, transmisi, atau program FTP lainnya.

  • Buka program FTP anda dan gunakan kredensial dari hosting untuk menghubungkannya ke situs anda.
  • Temukan folder yang berisi tema di sisi kiri pada program FTP anda download.
  • Tarik folder tema anda ke folder tema pada program FTP anda, lalu mulai upload.
  • Jika tema selesai di upload, silahkan masuk ke situs anda dan buka Penampilan. Gulir ke Uninstalled tema dan nantinya anda akan menemukan tema anda disitu.
  • Setelah tema ditemukan, klik Install dan tetapkan default untuk menggunakannya

Dengan menggunakan metode apapun, anda dapat kembali ke situs setelah mengatur tema baru dengan cara mengklik kembali ke situs dan verifikasi bahwa tema baru telah aktif disitus anda.