Sebagian pemilih website khususnya pengguna cpanel, masih bayak yang bertanya ataupun kebingungan tiba-tiba mendapatkan email bahwa disk space hosting penuh. Yang menyebabkan anda kebingungan apa yang harus di lakukan? bagaimana melakukan pengecekannya? Berikut ini akan kami bahas tentang cara mudah untuk mengetahui penyebab disk space cpanel penuh:

  • Silahkan login pada cpanel hosting anda
  • Setelah login, silahkan cari menu “Disk Space Usage”

cara cek disk space cpanel penuh

  • di halaman ini, anda dapat melihat berapa penggunaan disk space yang telah digunakan dan bagian mana yang paling banyak menggunakan disk space.

cara cek disk space cpanel penuh2

  • Jika anda ingin melihat penggunaan disk space lebih detail, anda dapat menggulung ke bawah dan klik tanda Plus (+) yang ada di sebelah kiri.

cara cek disk space cpanel penuh3

dengan melihat detail disk space yang digunakan, anda dapat melihat denga jelas, file mana yang menyebabkan hosting anda penuh. apakah email, ataupun public_html. anda dapat menghapus file yang besar, jika di rasa file tersebut besar dan tidak di gunakan.

 

Catatan:

  • Jangan sembarangan untuk menghapus file, karena akan berakibat fatal, jika anda ragu silahkan anda hubungi penyedia hosting untuk menanyakan hal tersebut.
  • jika memang di rasa penyebabnya karena penggunaan anda yang normal dan memang disk space anda penuh, anda dapat melakukan upgrade paket hosting.

4 thoughts on “Cara mudah mengetahui penyebab disk space penuh pada cpanel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *