Jika Anda ingin mengirim email pasti Anda tidak ingin email Anda masuk kedalam folder spam. Email authentication adalah salah satu fitur cPanel hosting yang dapat membantu mencegah dari spam. Fitur ini akan mengatur secara otomatis email yang sudah masuk dan email yang sudah keluar. Pada cPanel hosting Anda akan menemukan fitur email seperti SPF dan DKIM.

SPF atau Sender Policy Framework adalah suatu mekanisme suatu email yang berasal dari domain tertentu hanya bisa dikirim lewat suatu mail server yang ditunjuk. SPF ini tidak menghentikan spam namun akan melakukan kontrol dan menghentikan pemalsuan pengiriman email.

DKIM atau DomainKyes Indetified Mail merupakan sutau metode untuk melakukan verfifikasi email apakah benar-benar dari pengirim atau mengaku sebagai pengirim. Fungsi dari DKIM adalah untuk mendeteksi pemalsudan identitas pengirim dan mencegah email berbahaya seperti spam.

SPF dan DKIM sekilas memang sedikit sama namun agar email penerima dapat mengenali Anda dan agar Anda tidak dianggap sebagai penjahat maka lebih baik untuk mengaktifkan SPF dan DKIM. Berikut cara untuk mengaktifkan SPF dan DKIM.

Cara mengaktifkan SPF dan DKIM

  • Silahkan login ke cPanel Anda melalui https://namadoamin/cpanel
  • silahkan ketikkan authentication pada kolom pencarian dan klik Email Deliverability.

  • silahkan klik Disable untuk menonaktikan DKIM dan Enable untuk mengaktifkan DKIM.

  • Kemudian klik Disable untuk menonaktfikan SPF dan Enable untuk mengaktifkan SPF.

 

Jika Anda masih bingung, segera hubungi kami untuk membantu Anda.