Apa itu Joomla?

Menurut Wikipedia, Joomla adalah system manajemen konten bebas dan terbuka yang ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet maupun internet. Joomla merupakan konten manajemen system yang dikembangkang dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang bersifat open source untuk keperluan mambangun sebuah situs website secara cepat dan mudah.

Kelebihan membuat website menggunakan Joomla adalah anda memiliki keleluasaaan yang lebih terutama saat anda ingin menambahkan fitur-fitur ke dalam situs website miliki anda. Joomla dirilis pertama kali tanggal 17 September 2005. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dan lainnya. Untuk saat ini Joomla memiliki versi terbaru yaitu 3.9.0. setiap versi Joomla memiliki nuansa dan desain yang berbeda, dan para komunitas pengembangan berusaha meningkatkan performa dan fitur dari CMS ini, terutama untuk hal keamanan.

Interface Joomla

Interface adalah tampilan antarmuka dari sebuah aplikasi. Website yang dibuat menggunakan Joomla mempunyai dua user interface, yaitu:

  1. Halaman Depan (Front End)

Merupakan sisi atau bagian halaman depan sebuah situs tempat pengunjung mengakses sebuah website. Halaman depan merupakan halaman pengunjung website.

  1. Halaman Administrator (Back End)

Merupakan sebuah bagian dimana admin melakukan pengaturan website seperti mengisi artikel, menginstal atau uninstall aplikasi tambahan Joomla, menghapus data, menghapus user, dan lainnya. Halaman ini adalah halaman untuk admin website.

Bagian-Bagian Joomla

  • Komponen

Komponen adalah ekstensi yang paling besar dan kompleks dari semua yang ada. Ciri pokok dari komponen Joomla adalah selalu berada menempati ruang bagian body content.

  • Module

Module adalah ekstensi yang ringan dan fleksibel yang dipakai guna pembuatan halaman. Modul-modul ini biasa dikenal sebagai kotak-kotak yang tersusun disekitar komponen

  • Plugin

Merupakan alat penunjang suatu komponen yang berkaitan pada Joomla. Biasa digunakan untuk memperkaya format tampilan komponen atau modul untuk spesifikasi fungsi tertentu sesuai kebutuhan user/pengguna.

  • Template

Temple merupakan desain web Joomla dan merupakan pilihan tampilan Joomla.

  • Language

Pilihan bahasa yang dapat dipakai dalam sistem web joomla.

Fungsi Joomla

Joomla berfungsi sebagai konten managemen sistem yang dapat digunakan untuk membuat website pribadi maupun corporate. Beberapa kelebihan Joomla dibandingkan dengan content management sistem lainnya, antara lain:

  • Mudah untuk mengedit konten
  • Fitur keamanan yang selalu update
  • Banyak pilihan template
  • Banyak pilihan modul dan komponen
  • Mudah untuk optimasi

 

Pengertian Dan Fungsi CMS Joomla
5 (100%) 2 vote[s]