CloudLinux menjadi salah satu sistem operasi unggulan yang banyak digunakan oleh para pengguna website saat ini. Sebagian besar  hosting memiliki fasilitas CloudLinux. Lalu apa itu CloudLinux, dan apa keunggulannya?. Untuk pembahasan kali ini, akan dibahas tentang pengertian  dan keunggulan dari CloudLinux.

Pengertian CloudLinux

CloudLinux adalah suatu sistem operasi berbayar dengan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) yang memungkinkan shared hosting dapat bekerja seperti layaknya virtual server. Dengan adanya CloudLinux, sever hosting akan menjadi lebih stabil dan proses pembagian resources lebih terkontrol. Untuk server biasa tidak ada limitasi (pembatas) resouces untuk masing-masing user cPanel. Apabila ada user yang menyebabkan load server meningkat, maka tim support hanya dapat melakukan suspend terhadap user tersebut. Sedangkan jika server menggunakan CloudLinux, maka CloudLinux akan melakukan limitasi terhadap resource user. Jika terjadi load server meningkat, sistem akan melakukan limitasi dengan sendirinya.

Keunggulan CloudLinux

Dengan adanya CloudLinux, kita akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Membuat Server Lebih Stabil

Dengan adanya teknologi LVE dan MySQL Governor akan membuat website lebih stabil. LVE (Lightweight Virtualized Environment) adalah teknologi disis kernel sistem operasi yang akan mengisolasi resources dari masing-masing user baik dari memori, CPU, IO, dan proses. Dalam melakukan pengolahan terdapat LVE Manager. Dengan LVE Manager anda dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut, misalnya:

  • Membatasi resource tiap akun cPanel.
  • Memberikan akses kepada reseller untuk membatasi resource user.
  • Membuat dan mengaktifkan paket default.
  • Mengidentifikasi user dengan load tinggi.

CloudLinux juga terdapat MySQL Governor yang akan memonitor pengguna MySQL. Akan dilakukan pengecekan CPU dan penggunaan disk IO untuk user secara real time saat proses query MySQL, sehinnga secara otomatis menghentikan query yang berjalan sangat lama.

  1. Membuat server Menjadi lebih Aman

Terdapat beberapa fitur yang berperan dalam membuat server menjadi lebih aman, yaitu:

  • CageFS: akan mencegah serangan dalam jumlah besar termasuk pengambilan hak akses (privilege escalation) dan information disclosure attacks (membaca file/etc/password), secara otomatis tanpa harus ada pergantian script pada user.
  • Hardened PHP: akan melindungi dan memproteksi website dengan versi PHP yang sudah tidak support. Selain itu juga akan memperbolehkan user untuk memilih banyak versi PHP dalam shared webserver.
  • Secure Links: merupakan teknologi yang berjalan di kernel untuk mencegah serangan symlink(symbolic link), selain itu secure link juga akan mencegah hacker untuk membuat file symbolic link.
  1. Server Akan Memiliki Performa Tinggi

Server akan memiliki performa tinggi dikarenakan CloudLinux memiliki fitur mod_lsapi yang lebih cepat untuk melakukan pemrosesan PHP dengan Apache. Selain itu, MySQL Governer juga berperan besar dalam membuat performa server tingi.

  1. Fitur Lainnya

CloudLinux memiliki fitur PHP Selecton yang akan mempermudah anda dalam memilih versi PHP. Selain itu CloudLinux juda memungkinkan untuk memilih bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby, dan Pyton.

CloudLinux merupakan salah satu system operasi yang memungkinkan shared hosting bekerja layaknya server professional, selain itu dengan adanya CloudLinux server akan menjadi lebih stabil, lebih aman, memiliki performa tinggi dan mudah dalam pengelolaan.