Bagi anda yang memiliki domain ID sangat penting untuk diketahui bahwa selain membayar untuk pembelian domain, anda juga membayar untuk hak milik domain untuk jangka wakktu tertentu. Setelah masa penggunaan habis, domain akan masuk dalam fese expired dan akan kembali statusnya menjadi tersedia bagi public jika anda tidak melakukan pembayaran untuk perpanjangan domain.

Adapun siklus masa aktif domain ID adalah sebagai berikut:

  • Auto RenewalPeriod (35 hari): Pada masa auto renewal period di-setup 35 hari dari tanggal domain expired atau tanggal brakhirnya domain + 35 hari. Status domain menjadi renew period. Dalam jangka waktu periode 35 hari ini domain masih bisa diperpanjang.
  • Redemption Period (30 hari): Pada masa in di-setup 30 hari dari tanggal auto renewal atau tanggal berakhirnya domain + 35 hari auto renewal + 30 hari redemption period. Satus domain adalah pending delete. Domain tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Jangka waktu 30 hari ini domain hanya bisa diaktifka atau diperpanjang kembalik melalui “restore” dengan dikenakan biaya+denda sebesar 400% dari biaya normal dengan cara mengajukan permintaan restore ke registrar.
  • Pending Delete (7 hari): Pending delete di-setup 7 hari dari tanggal berakhirnya masa redemption period atau tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete. Pada masa ini tidak ada kemungkinan lagi bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain kemudian akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Pendaftaran domain dilakukan melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran domain baru.