HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
software

Gunakan DNS Tercepat Dan Terbaik Untuk Websitemu

Halo Sobat Teko! Jika Anda familiar dengan dunia website, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah DNS. DNS adalah singkatan dari Domain Name System.

Fungsi DNS mengubah nama domain yang Anda ketikkan di browser Anda menjadi alamat IP untuk menghubungkan ke situs web. Ketika Anda memilih penyedia DNS yang bagus, Anda juga mendapatkan layanan DNS yang bagus.

5 Rekomendasi DNS Tercepat Teratas

Memilih layanan DNS yang tepat akan membuat website Anda responsif dan up hingga 100%, menyisakan sedikit ruang untuk masalah teknis.

Namun, dalam memilih DNS yang salah dapat memperlambat situs web Anda atau membuatnya tidak dapat diakses meskipun server Anda sedang down. Di bawah ini lima pilihan penyedia DNS tercepat dan terbaik yang bisa Anda coba.

OpenDNS

OpenDNS didirikan oleh Cisco pada tahun 2005 dan sekarang menjadi salah satu penyedia layanan DNS tercepat dan terbesar. OpenDNS adalah layanan gratis yang meningkatkan kecepatan dan uptime situs web hingga 100%, memblokir situs web phishing, dan juga memiliki kemampuan untuk memfilter situs web berdasarkan konten.

OpenDNS tidak hanya gratis, tetapi juga menawarkan akun berbayar, yang biasanya digunakan untuk tujuan komersial. Fitur lain yang tersedia termasuk melihat aktivitas internet Anda selama setahun terakhir dan memblokir sistem mengakses situs web tertentu. Dapatkan OpenDNS premium hanya dengan $20 setahun.

CloudFlare

CloudFlare adalah salah satu Content Delivery Network (CDN) berperingkat teratas dan juga menawarkan layanan DNS publik, juga dikenal sebagai 1.1.1.1. CloudFlare menawarkan banyak kebutuhan situs web, mulai dari kinerja hingga pengujian situs web independen.

Menurut DNSPerf, CloudFlare saat ini merupakan layanan DNS publik tercepat. CloudFlare sendiri menjaga privasi pengguna. Mereka tidak menjual data pengguna untuk tujuan periklanan atau mencatat query IP address di penyimpanan.

Semua log akan dihapus dalam waktu 24 jam. CloudFlare juga memiliki forum komunitas tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan melihat apa yang sedang dilakukan dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Google Public DNS

Sebagai perusahaan digital besar, Google juga berkomitmen untuk menjadi salah satu penyedia layanan DNS tercepat. Google Public DNS tidak hanya gratis, tetapi juga cara yang mudah dan efektif untuk mengganti server nama ISP Anda.

Google menyimpan informasi tentang alamat IP Anda selama 24 hingga 48 jam dan menggunakannya untuk tujuan pemecahan masalah dan diagnostik. Ada manfaat lain menggunakan Google Public DNS untuk pengguna tingkat lanjut. Misalnya, jika Anda ingin mengakses dan mengevaluasi kebijakan privasi Google, Anda dapat membaca dan melihat sendiri semua informasi di layanan logging.

Comodo Secure DNS

Comodo Group adalah salah satu perusahaan terkemuka yang menawarkan produk keamanan seperti SSL. Bukan itu saja. Comodo juga saat ini menjadi salah satu penyedia layanan DNS tercepat dan terbaik.

Comodo menyediakan DNS yang aman dan nyaman. Selain memblokir website phishing, Comodo juga dapat memperingatkan Anda jika suatu website mengandung malware, spyware, atau bahkan iklan yang mengganggu (pop-up, pop-under, dll).

Anda juga dapat menggunakan layanan Comodo Dome Shield, yang menyediakan fungsionalitas tambahan untuk Comodo Secure DNS. Comodo juga mengklaim layanannya lebih pintar dibandingkan layanan DNS lainnya.

Namun, ketika diuji dengan DNSPerf, Comodo menunjukkan bahwa waktu kueri berada di antara 72ms, yang mana hal ini tidak memuaskan. Namun, Comodo adalah pilihan bagi mereka yang ingin menambahkan keamanan ekstra untuk memfilter situs web tertentu.

Verisign DNS

Didirikan pada tahun 1995, Verisign dikenal sebagai penyedia berbagai layanan tercepat, termasuk DNS. Selain gratis, Verisign DNS menawarkan tiga fitur utama, yakni stabilitas, keamanan, dan privacy.

Untuk masalah privacy, Verisign menjamin bahwa 100% data yang dikumpulkan tidak akan dijual kepada pihak ketiga. Namun, kinerja Verisign mungkin lebih baik dibandingkan penyedia DNS lainnya. Namun, semuanya kembali ke kebutuhan masing-masing.

Verisign juga memberikan instruksi di situsnya berupa tutorial konfigurasi DNS publik. Ini juga mencakup instruksi untuk mengkonfigurasi server DNS di router Anda.

Tingkatkan Performa Web dengan DNS

Mirip dengan nomor ponsel, DNS adalah nomor server di Internet. Tujuannya adalah untuk mengubah nama domain seperti facebook.com dan instagram.com menjadi bentuk alamat IP yang dibutuhkan perangkat untuk memuat sumber daya di situs web Anda.

DNS membuat website Anda memuat lebih cepat karena server dari penyedia DNS tersebar di mana-mana. Untuk melihat apakah layanan DNS Anda cepat, coba DNSPerf, yang gratis.

Namun, ketika memilih DNS tercepat, selain meningkatkan kinerja, Anda juga harus memastikan bahwa DNS tersebut memiliki sistem keamanan yang didukung. Selain kecepatan aksesnya yang besar, hal ini juga memastikan bahwa data yang disimpan dijamin oleh penyedia layanan DNS itu sendiri.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Caddy: Web Server Modern dengan Konfigurasi Sederhana

Caddy Web Server merupakan platform server web andal yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan situs web.…

8 hours ago

Perbandingan NGINX dan Lighttpd: Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Ketika berbicara tentang web server yang efisien dan andal, NGINX dan Lighttpd sering dibicarakan. Kedua…

2 days ago

Lakukan Optimasi SEO YouTube Dengan Menggunakan Tools Ini

Sebenarnya ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube Anda dengan lebih…

2 days ago

Begini Caranya Mengoptimasi SEO YouTube

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini adalah cara agar konten Anda…

2 days ago

Apa itu Telnet? Yuk, Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Telnet itu apa? Istilah ini lebih dikenal sebagai protokol komunikasi Internet yang memungkinkan pengguna mengakses…

3 days ago

Sudah Tahu Perbedaan Apache vs Caddy? Yuk Pelajari Bersama

Dalam dunia web server, Apache vs Caddy sering menjadi topik diskusi utama karena menawarkan banyak…

3 days ago