HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
ssl

Fungsi dan Jenis-Jenis SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit. Teknologi keamanan ini memungkinkan informasi yang sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan kredensial login terkirim dengan aman.

Biasanya data yang dikirim antara browser dan server web dalam bentuk teks rentan terhadap penyadapan. Maka dari itu SSL sangat diperlukan dalam mengamankan akun website. Adapun fungsi dari SSL adalah sebagai berikut:

  1. Meng-enkripsi informasi  yang  sensitive

Sebuah website yang  ditambahkan SSL dapat menjaga informasi yang bersifat sensitive saat  proses pengiriman informasi melalui internet dengan cara dienkrip, sehingga hanya pihak yang menerima pesan saja yang dapat membaca enkrip tersebut. Hal ini dapat melindungi informasi  tersebut dari hackers dan pencurian identitas.

  1. Sebagai Otentikasi (Authentication)

Otentikasi yang disediakan oleh SSL dapat memberikan kepastian kepada pengguna dalam mengirim informasi kepada server yang benar-benar valid. Dalam mengirim informasi pasti melewati beberapa komputer, setiap dari kompeter ini dapat berpura-pura menjadi website anda dan mengelabui orang lain untuk mengirim informasi ke komputer tersebut.  Hal ini dapat dicegah dengan mendapatkan sertifikat SSL dari penyedia SSL yang terpercaya.

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Ikon kunci berwarna hijau yang terdapat pada web browser sebagai isyarat untuk memastikan dan memberitahukan kepada orang lain bahwa mereka berada pada koneksi yang aman. Penyedia SSL juga akan memberikan anda segel kepercayaan yang bertujuan untuk menambah kepercayaan dari pengguna web browser anda.

  1. PCI Compliance

Dalam mengambil informasi kartu kredit melalui website, anda harus lulus audit PCI Compliance yang memerlukan sertifikat SSL yang tepat.

  1. Melindungi dari pencurian data dalam bentuk penipuan (phising)

Seseorang yang mencoba untuk meniru website akan mengirim email phising yang biasanya berisi link ke situs web mereka sendiri atau menyerang saat ditengah jalan untuk menggunakan nama domain anda. Saat website anda ditambahkan sertifikat SSL para pencuri tidak akan bias dengan sempurna meniru situs anda. Kemungkinan kecil para pengguna website anda akan terperangkap dalam email phising tersebut, karena mereka akan menemukan isyarat kepercayaan pada website anda.

Jenis-Jenis SSL (Secure Socket Layer)

  1. Domain Validation (DV) SSL Certificate

Merupakan SSL yang dinilai paling mudah dan murah karena hanya memerlukan nama email untuk validasinya. Persyaratan yang harus dimiliki adalah email yang sama dengan data domain pada WHOIS.

  1. Organization Validation (OV) SSL Certificate

SSL ini dipakai untuk validasi sebuah organisasi atau badan usaha yang ada dibelakang nama domain yang didaftarkan. Persyaratan yang diperlukan antara lain anda harus mepersiapkan beberapa dokumen pendukung yang menunjukkan legalitas organanisasi atau badan usaha anda yang sesuai dengan hukum negara.

  1. Extended Validation (EV) SSL Certificate

Extended Validation (EV) SSL Certificate merupakan standar validasi tertinggi pada organisasi atau perusahaan. SSL jenis ini masuk dalam kategori SSL yang paling premium, karena dapat memberikan nilai prestise tersendiri pada sebuah website.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

10 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

11 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago