HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Android TV : Pengertian Dan Apa Perbedaannya Dengan Smart TV

Mungkin untuk sebagian orang sudah mengetahui mengenai Android TV dan juga menggunakannya.Namun bagi sebagian orang masih belum mengetahui apa Itu Android TV dan apa kegunaannya,Berikut ini kita akan membahas mengenai Android TV dan apa saja perbedaannya dengan Smart TV.

Pengertian Android TV

Merupakan  versi sistem operasi Android Google yang telah dikonfigurasikan secara khusus untuk TV.Beda dengan sistem android seluler dengan layar penuh aplikasi atau widget seperti browser,cuaca atau saham,layar awal TV Android lebih fokus untuk membantu dalam menemukan berbagai konten yang dapat Anda nikmati di TV.Android TV sekarang juga dilengkapi dengan Google Assistant bawaan.Untuk mengaktifkan fitur ini yaitu dengan mengatakan “Ok Google”atau menekan tombol mic pada remote.Android TV juga dilengkapi dengan Google Play Store,sehingga pengguna bebas memilih aplikasi yang disenangi.

Sejarah Perkembangan Android TV

Sebelum Android TV,Google memulai dengan layanan streaming melalui perangkat lunak Google TV-nya.Google TV merupakan upaya bersama antara Google,Intel,Sony dan Logitech.Dirilis pada 2010,Google TV menjalankan beberapa Smart TV generasi awal dan perangkat streaming. Namun, program ini pada akhirnya tidak terlalu populer dan Google menghentikan versi perangkat lunak pada tahun 2014.

Perangkat lunak yang lebih lengkap mulai terwujud pada Mei 2014 dengan ADT-1,kit pengembang dalam bentuk perangkat NVIDIA Tegra 4 yang sarat dengan perangkat 4.4 KitKat build.Perangkat pertama hanya tersedia untuk pengembang, dan hanya ditawarkan berdasarkan permintaan ke Google. Google menyediakan perangkat untuk grup pertama pengembang pada konferensi Google I/O 2014.Perangkat keras yang nantinya menjalankan perangkat lunak TV Android adalah proyek Nexus TV yang dibatalkan.Platform ini pertama kali diluncurkan di Google I / O 2014 dan sejak saat itu telah diperbarui beberapa kali dan menerima desain ulang yang lengkap pada tahun 2017.

Google juga telah membangun platform Chromecast ke Android TV, membantu menghadirkan lebih banyak aplikasi ke platform.Pada 2019, lebih dari 5.000 aplikasi telah dibawa ke platform dengan lebih banyak yang datang secara teratur.Nama-nama besar seperti YouTube, Netflix, Hulu, dan banyak lainnya semuanya memiliki aplikasi asli. Baru-baru ini,Amazon Prime Video juga bergabung dalam jajaran dengan ketersediaan aplikasi yang lebih luas.Teknologi Google Chromecast,memungkinkan pengguna membuat video dan memulai berbagi layar dari smartphone, browser, dan aplikasi yang kompatibel.

Fitur Dari Android TV

Android TV pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2014,hingga kini peminatnya sudah semakin banyak.Dikarenakan fitur canggih yang digunakannya membuat penggunanya semakin menyukainya.Android TV juga memiliki beragam seri seperti pada android di smartphone atau tablet.Android TV juga ada yang menggunakan sistem operasi android seri Marshmallow,Nougat dan yang lain sebagainya.

Mengenai fitur yang ada di Android TV,berikut ini penjelasannya :

Googe Playstore

Pengguna dapat dengan bebas mengakses Google Playstore dengan menginstall aplikasi yang disukai.Tapi tidak semua aplikasi di android smartphone bisa diinstall di Android TV,hanya beberapa saja yang dapat dijalankan.Di dalamnya telah tersedia aplikasi bawaan seperti,TV Streaming, Music, dan juga game.

Google Voice Input Dan Kontrol

Adanya Google Voice Input memungkinkan pengguna untuk interaksi dengan perangkat dengan perintah suara.Selian itu,Android TV juga bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat kontroler seperti : game pad,mouse,keyboard,aplikasi remote control, headphone, spekaer dan lain sebagainya. Menghubungkannya dengan memanfaatkan fitur bluetooth di Android TV.

Google Cast

Fitur satu ini berguna untuk menampilkan hasil browsing atau video youtube dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone. Perangkat yang tidak kompatible dengan smart TV android juga bisa diatasi dengan fitur ini. Jika diantara kamu tertarik untuk memiliki SmartTV atau AndroidTV, kamu bisa kunjungi laman JD.ID untuk mencari televisi yang kalian ingin kan dengan beragam teknologi canggih.

Perbedaan Dari Smart TV dan Android TV

Dengan banyaknya perkembangan teknologi,membuat semua semakin canggih.Bahkan televisi yang fungsi awalnya hanya untuk menonton sinetron atau acara lain sudah sangat multifungsi.Teknologi  yang disediakan oleh stasiun televisi di dalam negeri dan luar negeri semakin berkembang. Berikut ini kita akan membahas perbedaan Smart TV dan Android TV :

Fitur

Smart TV merupakan televisi keluaran terbaru.Kini tidak hanya digunakan untuk menonton acara yang disediakan oleh stasiun televisi saja, namun bisa juga digunakan untuk kegiatan lainnya.Seperti mengakses internet,menonton channel pada youtube,mengakses aplikasi yang sudah didownload serta berbagai fitur yang lainnya.

Perbedaan Secara Fisik

Perbedaan Smart TV dan Android TV ini adalah dalam bentuk fisiknya. Jika Smart TV memiliki fisik dan dengan fitur canggih yang dapat dinikmati oleh pemilik, beda dengan Android TV yang hanya bisa di akses melalui sebuah sistem dan tidak berupa fisik atau bentuk.

Kecanggihan Smart TV

Smart TV memiliki fitur canggih yang televisi biasa tidak memiliki fitur tersebut.Namun,perbedaan Smart TV dan Android TV  paling mencolok ini adalah Smart TV memiliki sistem perintah tambahan yang dapat dilaksanakan layaknya personal computer.

Pada Smart TV yang sudah terkoneksi dengan internet,pemilik dapat menikmati menonton streaming film apapun yang bisa dilakukan lewat situs tertentu.Adapun kelebihan lainnya adalah dapat melakukan browsing internet.Dengan Smart TV ini masih terbilang susah digunakan dan lebih mudah menggunakan personal komputer itu sendiri.

Kecanggihan Pada Android TV

Perbedaan selanjutnya dari Android TV dan Smart TV yakni Android TV diluncurkan pertama kali oleh sebuah browser Google.Meski hanya dapat dinikmati melalui smartphone tetapi peminatnya cukup banyak hingga kini.Peminat sangat banyak karena dengan fitur tambahan yang disediakannya.

Selain itu Android TV memiliki berbagai macam seri yang membuat pengguna merasa nyaman menikmatinya.Seri tersebut bermaksud dapat digunakan melalui smartphone ataupun melalui tablet.Serta menyesuaikan tipe android.Aplikasi ini dapat di download melalui aplikasi khusus download pada smartphone maupun tablet.

Namun kekurangannya yakni tidak bisa dengan bebasnya mengunduh semua macam aplikasi bisa di install pada aplikasi Android TV.Selain ini, memiliki kelebihan yaitu dapat bebas mengakses pada software khusus download aplikasi android.

Input Suara

Kelebihan lain Android TV,yakni dapat menginput sebuah perintah melalui suara.Selain itu,dapat menikmati fitur Bluetooth yang disediakan Android TV yang kemudian dihubungkan dengan mouse,keyboard dan bahkan aplikasi remote control sampai aplikasi lainnya yang dapat dihubungkannya.Hal ini tidak dimiliki oleh Smart TV.

Bisa Dikoneksikan Perangkat Lain

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang lainnya yakni Android TV dapat memunculkan hasil pencarian dari youtube maupun perangkat lain seperti halnya Smartphone maupun laptop.Perangkat yang tidak dapat diakses pada Smart TV dapat di akses pada Android TV.Sebelum nantinya salah pilih,lebih baik memperhatikan dengan seksama dulu fitur yang ditawarkan.Mana yang terpenting dan yang dibutuhkan pengguna.Lebih tertarik dengan fitur yang disediakan Smart TV atau Android TV.

Itulah,ulasan tentang perbedaan Smart TV dan Android TV yang dapat kalian pertimbangkan sebelum membelinya.Semua fitur yang disediakan memiliki kelebihan serta kekurangannya.Sekian artikel ini,semoga bermanfaat 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

14 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

18 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago