HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Antivirus Terbaik 2023, Mampu Mengatasi Ransomware

Sedang mencari antivirus terbaik? Ya, saat ini sedang marak ransomware yang mana data penting website diblokir oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan membuat kita harus membayar uang tebusan atas data website yang dicurinya.

Inilah sebabnya mengapa perangkat lunak pelindung komputer ini penting untuk melindungi data dan laptop atau komputer dari serangan virus dan trojan. Jadi, jelas bahwa antivirus adalah perangkat lunak yang dapat melindungi komputer dan file yang tersimpan di dalamnya dari pencurian data dan infeksi virus komputer.

Fungsi Antivirus

Fungsi antivirus berfungsi untuk mencegah masuknya virus, malware, dan ransomware yang dapat merusak seluruh file dan software di komputer atau laptop. Kini, antivirus juga bisa melindungi gadget dari serangan hacker dan pencurian data-data penting di laptop/PC.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi antivirus:

  • Membersihkan komputer dari virus,
  • Melindungi komputer dari malware dan ransomware,
  • Mengamankan jaringan komputer dari sniffing dan spam,
  • Mengamankan browser dari situs-situs yang memiliki potensi malware.

Kelebihan AntiVirus Gratis

Saat ini terdapat berbagai macam antivirus komputer, baik versi gratis maupun berbayar, yang dapat diinstal di PC atau laptop.

Berikut ini adalah kelebihan antivirus:

  • Tidak butuh biaya bulanan atau tahunan
  • Instalasi mudah dan cepat
  • Dapat di install di perangkat peramban (browser)
  • Waktu scanning yang cepat
  • Memiliki perlindungan firewall, perlindungan jaringan dan email scanner.

Kekurangan Antivirus Terbaik

Tidak hanya mampu dalam melindungi komputer dari virus saja, faktanya software antivirus terbaik juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Perangkat laptop/PC melambat,
  • Pemberitahuan yang muncul kadang sangat menggangu,
  • Tidak mampu melawan virus jenis baru,
  • Kadang menghapus file penting yang terkonfirmasi virus,
  • Harganya tidak murah.

Antivirus Terbaik 2023 yang Perlu Kamu Ketahui

1) Avast Free

Saat kamu menginstal Avast untuk pertama kali, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat perlindungan antivirus. Pertama, kamu akan terhindari situs phishing (situs palsu yang terlihat seperti asli). Kedua, pengamanan firewall untuk memblokir serangan langsung ke komputer kamu dari peretas (hacker) dan pemindaian jaringan WiFi otomatis dari serangan pengintaian (sniffing). Selain itu, Avast  juga mampu melingdungi komputer dari serangan ransomware. Namun, bagaimanapun Avast Pro lebih memiliki banyak fitur unggulan.

2) Bitdefender Total Security

Bitdefender adalah perangkat lunak antivirus yang dapat diinstal di Windows, Mac, Android, dan iOS. Perangkat lunak ini dapat menggunakan pemindaian sistem untuk mendeteksi perangkat lunak usang dan kata sandi jaringan yang lemah. Bitdefender juga menawarkan perlindungan terhadap ancaman ransomware dengan memanfaatkan dua lapisan pertahanan terhadap jenis virus terbaru.

3) ESET Internet Security

ESET adalah antivirus yang biasanya digunakan di PC karena memiliki tools sangat lengkap dan ringan serta harganya terjangkau. Fitur-fiturnya mudah digunakan dan tentunya sistem dalam keadaan aman. Selain pemindaian sistem, ESET juga menawarkan fitur pemindaian media sosial, tools anti-pencurian, dan alat perlindungan jaringan yang dapat melindungi komputer dari ancaman ransomware.

4) AVG Ultimate

AVG Ultimate memberikan perlindungan yang solid untuk komputer. Selain sistem, AVG Ultimate juga melindungi file, web, firewall, dan ransomware dengan pertahanan berlapis dari semua sisi. AVG juga menawarkan fitur pengelola kata sandi, VPN, dan pembaruan driver.

5) Kaspersky Security

Salah satu keunggulan perangkat lunak antivirus adalah teknologi keamanannya yang adaptif dan dipatenkan. Setelah instalasi selesai, Kaspersky akan menyesuaikan pengaturan di komputer. Perangkat lunak ini membantu mendeteksi perangkat yang tidak aman dan situs web yang mencurigakan. Selain itu, antivirus ini juga membantu dalam mengatur kata sandi dengan aman.

6) McAfee Total Protection

McAfee mengklaim perangkat lunaknya dapat melindungi dari berbagai virus dan dapat diinstal tanpa batas waktu. Dengan pembaruan tersebut, McAfee kini menyertakan pemindai yang dapat melindungi email dan memindai web. Selain itu, ada juga pengelola kata sandi dan deteksi perangkat mencurigakan.

7) Bullguard Premium Protection

Bullguard dirancang untuk melindungi jaringan sehingga fungsi utamanya adalah melindungi perangkat yang terhubung ke internet. Selain itu, terdapat fitur perlindungan identitas yang dapat digunakan orang tua untuk melindungi anak-anak mereka saat berselancar di internet. Antivirus ini juga dapat mengoptimalkan kinerja CPU dan mencegah ransomware di komputer.

8) Sophos Home Premium

Sophos Home adalah perangkat lunak antivirus dengan harga sangat terjangkau yang mendukung manajemen berbasis cloud sehingga menarik bagi pengguna IA dalam bisnis. Perlindungan yang diberikan oleh Sophos sangat komprehensif dan profesional, terutama dalam hal pertahanan terhadap ransomware.

9) Avast Premier

Software antivirus ini sangat mudah digunakan karena dapat diupdate secara gratis untuk meningkatkan fungsinya. Pengguna akan mendapatkan firewall, berbagai jenis pemindaian, perisai untuk melindungi komputer dari ransomware, dan berbagai tools perlindungan web. Sayangnya, Avast tidak dilengkapi dengan tool pengelola dan pembersihan kata sandi.

10) Norton Security Deluxe

Norton merupakan antivirus yang berorientasi pada bisnis. Norton mendukung teknologi perusahaan yang didukung cloud dan 100% bebas virus. Jika tidak, Norton menjamin penggunanya dengan jaminan uang kembali penuh. Browser pengguna dilindungi dengan pengaturan kata sandi dan berbagai tools untuk meningkatkan kinerja komputer.

Nah, itulah sederet software antivirus terbaik yang dapat kamu pilih. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

1 day ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

1 day ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago