HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu BioLink? Fungsi dan Cara Membuatnya

Di era serba modern dan digital seperti sekarang ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi bila mendengar istilah BioLink. Bagi yang belum tahu, BioLink adalah sebuah link atau URL yang ditempatkan di bio atau profil website, media sosial, atau platfrom digital lainnya.

Dengan BioLink, audience atau pelanggan kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai platfrom atau konten yang kamu miliki. Dengan artian, BioLink adalah sebuah jembatan pernghubung antara kamu dan pelanggan.

Bukan hanya itu saja, BioLink juga bisa memperluas jangkauan dan eksistensi kamu di dunia maya. Cukup dengan satu link saja, kamu bisa mengarahkan orang ke berbagai platfrom online yang kamu inginkan.

Lebih jelasnya…Yuk! Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Fungsi BioLink

Umumnya, BioLink berfungsi sebagai pintu gerbang yang menghubungkan profil kamu dengan sumber informasi lainnya. Contohnya, jika kamu seorang content creator, kamu bisa menggunakan BioLink untuk mengarahkan pengunjung ke channel YouTube, blog, atau website kamu.

Bukan hanya itu saja, BioLink juga berperan penting dalam strategi marketing. Dengan begitu, kamu bisa mengarahkan pengunjung ke halaman produk, landing page, atau promo yang sedang kamu jalankan. Fungsi seperti inilah yang sangat membantu dalam meningkatkan konversi dan engagement.

BioLink juga bisa digunakan untuk memudahkan audience dalam menghubungi kamu. Nantinya, kamu bisa menyertakan link ke halaman kontak, formulir pendaftaran, maupun ke media soisal (Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, dan lain-lain) sehingga memudahkan audience untuk menghubungi kamu.

Cara Gratis Membuat BioLink

Bagi orang awam, sebenarnya membuat BioLink adalah hal yang cukup mudah dan tidak memerlukan kemampuan teknis khusus. Namun, jika kamu merasa kebingungan, berikut ini adalah langkah-langkah membuat BioLink dengan mudah dan tentunya gratis.

1. Pilih Platform BioLink

Hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu memilih platform BioLink. Ada berbagai situs BioLink gratis yang bisa kamu pilih, seperti Linktree, Shorby, Taplink, ContactInBio, Linkin.bio by Later, Bio.fm, atau Biolink S.id.

2. Buat Akun

Jika  kamu sudah menentukan platfrom apa yang akan kamu gunakan untuk membuat BioLink. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan, yaitu  membuat akun. Umumnya kamu hanya perlu menyediakan alamat email dan membuat password. Namun, beberapa platform memungkinkan kamu untuk mendaftar menggunakan akun media sosial.

Setelah akun terbuat, kamu langsung bisa membuat BioLink baru. Akan ada tombol atau opsi khusus di dashboard yang mengarahkan kamu dalam pembuatan BioLink.

3. Tambahkan Link

Setelah akun terbuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan link yang ingin ditampilkan di BioLink. Kamu bisa menambahkan berbagai jenis link, seperti link ke website, blog, media sosial, video, produk, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengatur urutan link sesuai keinginan kamu.

4. Sesuaikan Tampilan BioLink

Sebagian besar, platform BioLink memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan BioLink. Kamu bisa mengubah warna latar, jenis font, ukuran teks, dan elemen visual lainnya. Pastikan untuk membuat tampilan BioLink yang semenarik mungkin dan mencerminkan identitas atau branding kamu.

5. Simpan dan Publikasikan BioLink

Selanjutnya, kamu bisa menyimpan dan menerbitkan BioLink. Platform BioLink biasanya akan memberikan URL khusus untuk BioLink kamu.

6. Tempelkan URL BioLink di Profil Media Sosial

Langkah terakhir adalah menempelkan URL BioLink di bio atau profil media sosial kamu. Dengan begitu, orang yang mengunjungi profil kamu bisa langsung meng-klik BioLink dan mengakses berbagai link yang telah kamu siapkan.

Berikut ini beberapa Situs BioLink Gratis Terbaik yang bisa kamu coba!

Keunggulan Situs BioLink Gratis Terbaik

1. Linktree

Linktree merupakan salah satu platform BioLink yang paling populer. Tampilan interface-nya yang simpel dan mudah digunakan membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang. Meski gratis, Linktree menawarkan fitur-fitur dasar yang cukup lengkap. Kamu bisa menambahkan dan mengatur link sesuai kebutuhan. Selain itu, Linktree juga memungkinkan untuk mengubah tema dan warna latar.

2. Shorby

Selanjutnya ada Shorby. Meski lebih dikenal sebagai platform berbayar, Shorby juga menawarkan versi gratisnya. Melalui Shorby, kamu bisa membuat BioLink dengan tampilan yang menarik. Selain itu, Shorby juga menawarkan fitur analisis yang bisa membantu kamu memahami performa link-link yang kamu tampilkan.

3. Taplink

Yang ketiga ada Taplink. Taplink menawarkan fitur yang cukup unik, yaitu kemampuan untuk menambahkan elemen-elemen seperti gambar, teks, tombol call-to-action, bahkan formulir. Selain itu, Taplink juga menyediakan fitur analisis untuk melihat statistik klik dan pengunjung.

4. ContactInBio

ContactInBio menawarkan solusi BioLink yang fleksibel dan cukup lengkap, bahkan dalam versi gratisnya. Dengan ContactInBio kamu bisa menambahkan berbagai jenis konten, seperti link, teks, gambar, dan tombol. Fitur yang unik dari ContactInBio adalah kemampuan untuk menambahkan kartu toko online dan memungkinkan pengunjung untuk melakukan transaksi langsung dari BioLink kamu.

5. Linkin.bio by Later

Situs yang dibuat oleh Later ini, menawarkan fitur menarik yaitu integrasinya dengan Instagram. Jadi, kamu bisa menghubungkan postingan Instagram dengan link tertentu. Meski fitur ini lebih sering digunakan oleh bisnis dan toko online, tetapi pengguna personal pun dapat memanfaatkannya.

6. Bio.fm

Bio.fm adalah platform BioLink yang memungkinkan kamu menambahkan lebih dari sekadar link. Dengan Bio.fm, kamu bisa menambahkan berbagai artikrel atau blog ke halaman BioLink kamu, seperti feed Instagram, video YouTube, lagu Spotify, dan lainnya.

7. Biolink S.id

Situs buatan asli Indonesia ini menawarkan fitur-fitur standar seperti penambahan link, pengaturan tampilan BioLink, dan sebagainya. Keunggulan dari S.id adalah dia hadir dalam Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pengguna lokal. Selain itu, S.id juga menyediakan fitur cek tracking yang memudahkan kamu dalam melacak jumlah pengunjung yang mengklik BioLink kamu.

Itulah beberapa Situs yang bisa kamu mandaatkan untuk membuat BioLink. Meski gratis, pastikan situs yang kamu pilih dapat bekerja dengan optimal dan membantu kamu mencapai tujuanmu dalam menggunakan BioLink. SELAMAT MENCOBA!

 

 

 

 

 

 

 

 

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

22 mins ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago