HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Facebook Debugger ? Serta Cara Menggunakan Facebook Debugger Tool

Sebelum ke pembahasan mengenai Facebook debugger,mari kita bahas sedikit mengenai Facebook.Ini merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif,lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.Pengguna harus mendaftar sebelum menggunakan facebook.Setelah itu,para pengguna dapat membuat profil pribadi,menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan,termasuk pemberitahuan otomatis ketika ingin memperbarui profilnya.Selain itu,pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama,diurutkan berdasarkan tempat kerja,sekolah atau ciri khas lainnya dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti rekan kerja atau teman dekat.

Salah satu kegunaan Facebook yang sangat disukai yakni Facebook Marketing dimana kalian dapat membagikan postingan blog pada halaman facebook.Namun,jika gambar dan link yang ditampilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan,maka akan mengganggu flow bisnis kalian.Dengan Facebook Debugger,kalian bisa mengatasi error di postingan blog di halaman Facebook secara mudah dan hasilnya pun cepat.Jika preview postingan bisa ditampilkan dengan sempurna,maka peluang produk kalian untuk dilihat oleh calon target pasar semakin besar.Jadi ap pengertian facebook debugger ?

Pengertian Facebook Debugger

Facebook Debugger merupakan tool yang digunakan untuk memperbaiki error pada preview posting di Facebook.Error itu berupa featured image blog tidak muncul,judul salah atau deskripsi yang keliru.

Biasanya,error tersebut berada pada preview postingan,berupa :

  • Featured image blog tidak muncul.
  • Salah judul.
  • Deskripsi keliru dan lainnya.

Biasanya,preview yang ditampilkan ketika membagikan postingan blog ke Facebook terdiri :

  • Introduction,kalimat pengantar atau perkenalan postingan di Facebook.
  • Gambar,ilustrasi dan keterangan yang didapatkan oleh crawler Facebook dari blog.
  • Caption,berupa judul dan penjelasan blog yang berasal dari scraping blog.

Penyebab Error Pada Preview Postingan Blog Di Facebook

  • Caching Facebook

Facebook menggunakan sistem cache file yang bertahan sampai 30 hari.Jika ada konten berubah,crawler Facebook tidak akan langsung bekerja mencari update karena cache baru belum tersedia.Karena itu,terkadang preview yang muncul ketika postingan blog diunggah adalah preview yang lama.Umumnya,akan terjadi jika kalian melakukan perubahan pada postingan lama yang ada pada halaman Facebook tersebut.

  • Caching WordPress

Caching WordPress yang belum upgrade (diperbarui) dapat menjadi penyebab lain error pada preview postingan blog di Facebook.WordPress memang menggunakan sistem cache,bertujuan untuk memberikan kecepatan saat pengguna mengakses suatu page.Namun terkadang update terbaru di blog belum disimpan di sistem cache WordPress akan menghasilkan preview dengan tampilan lama saat diunggah atau dibagikan ke halaman Facebook.

  • Featured Image Yang Hiang

Ini juga dapat menjadi penyebab error di preview yakni featured image yang hilang,biasanya karena struktur WordPress.Karena itu,crawler Facebook tidak bisa menemukan featured image yang digunakan atau sesuai dengan isi artikel tersebut.Jadi,crawler Facebook justru mengambil gambar lain yang tidak relevan atau tidak menyertakan gambar di dalam preview sama sekali.

  • Ukuran Image

Biasanya gambar pada preview postingan blog tidak bisa ditampilkan karena ukurannya tidak sesuai.Ukuran gambar standar yang benar biasanya tidak lebih dari 1200 pixel.

  • Tidak Ada Open Graph Meta Tags

Facebook menampilkan preview blog sesuai dengan yang didapatkan oleh crawler,karena itu tampilannya bisa berbeda dari yang diinginkan.Jika kalian ingin preview ditampilkan sesuai dengan ekspektasi,kalian bisa mencoba menggunakan Open Graph meta tags.Jangan khawatir,biasanya plugin SEO yang ditambahkan di website kalian sudah menambahkan Open Graph secara otomatis.

Cara Mengatasi Error Preview Image Pada Halaman Facebook

Beberapa langkah umum yang dilakukan untuk mengatasi error preview image pada halaman Facebook yakni sebagai berikut :

  • Clear Cache

    Apabila kalian menemukan masalah yang terjadi bersumber dari cache yang ada, ada baiknya melakukan pembersihan pada cache sistem website dan halaman Facebook.Selain itu,kalian bisa melakukan pembersihan cache pada WordPress,karena bisa saja sumber masalahnya terdapat pada cache WordPress.Kalian bisa menggunakan plugin W3 Total Cache,WP Fastest Cache dan WP Super Cache untuk menghapus cache pada WordPress,sedangkan untuk menghapus cache pada Facebook kalian bisa membuka halaman Facebook debugger lalu klik pilihan Scrape Again dan tunggu hingga prosesnya selesai.

  • Pengaturan Open Graph

    Melakukan konfigurasi menggunakan plugin Open Graph agar Facebook bisa menampilkan gambar yang sesuai yakni salah satu langkah yang bisa dilakukan.Cara menggunakanya juga mudah,hanya dengan download plugin WP Open Graph dan lakukan aktivasi terkait judul, deskripsi, gambar, dan caption menjadi sesuai dengan yang kalian inginkan.

Cara Menggunakan Facebook Debugger Tool

Error pada preview Facebook memang mengganggu.Namun kini,sudah ada fitur Facebook Debugger yang dapat membantu menanganinya.Cara menggunakan Facebook Debugger Tool cukup mudah,berikut angkah-langkahnya :

  • Open(buka) Facebook Debugger Tool melalui halaman sharing debugger.
  • lakukan Sign Up terlebih dulu untuk menggunakan Facebook Debugger.
  • Setelah berhasil Sign Up dan Facebook Debugger dapat digunakan.
  • Masukkan URL dari halaman dengan error.
  • Tekan tombol Debug dan tunggu hingga hasil ditampilkan.
  • Jika proses selesai,kalian bisa melihat laporan detail dari halaman website yang ingin di review.
  • Apabila ada masalah pada halaman website tersebut,akan muncul Warning That Should be Fixed (Peringatan yang Harus Diperbaiki).
  • Selain itu,pengguna dapat melihat laporan tentang Canonical URL (jalur pengalihan),Fetched URL (URL resmi) dan Time Scrapped (Waktu dikurangi).

Apabila kalian sudah mengetahui sumber dari error yang terjadi,kalian hanya perlu melakukan langkah perbaikan yang sesuai.

Itulah pembahasan mengenai Facebook Debugger serta Error preview.Dengan preview blog yang menarik saat berbagi di Facebook, engagement tentu akan meningkat.Jadi,akan lebih banyak orang yang akan berkunjung ke blog atau website kalian.Artinya,langkah Facebook Marketing kalian juga dapat berjalan dengan baik.Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

22 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago