HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Microblogging ? Serta Perbedaannya Dengan Blogging

Pengertian Microblogging

Microblog/microblogging merupakan suatu bentuk blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis teks pembaruan singkat kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya,baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.Microblogging konsep penyimpanan kontennya sedikit berbeda,yakni emua konten tersimpan di server yang didesain dan disiapkan oleh penyedia layanan microblogging.Walaupun menggunakan server dan webhost yang disediakan penyedia layanan,namun microblogging umumnya dapat digunakan secara gratis.Pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan email dan biodata yang diminta.Contoh mikroblogging yang bisa ditemui dalam keseharian,diantaranya adalah Friendster, Facebook, Twitter, Plurk, Ketiker, Jaiku, Catchfriend,Untirta Network dan lain sebagainya.

Perbedaan Antara Microblogging Dan Blogging

Umum Microblogging berukuran lebih kecil daripada blog yang sebenarnya.Namun tujuan Microblogging sama seperti blog,yakni pengguna dapat menulis topik tertentu dan mempublikasikannya.Pengguna microblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaruan yang dibuat oleh pengguna microblog lain dan sebaliknya.

Pada blogging,pengguna akan menemukan fitur-fitur yang banyak,seperti : post,draft,layout,theme,plugin dan lainnya.Untuk menggunakan fasilitas blog,pengguna harus login terlebih dahulu,agar dapat login sebagai admin pengguna harus mendaftar dahulu menggunakan email dan memasukkan biodata yang diperlukan.Setelah pengguna berhasil login,pengguna baru dapat menggunakan fitur-fitur dan fasilitas yang disediakan layanan blog.

Sementara itu, pada miccroblogging,proses yang dilakukan lebih sederhana.Pengguna hanya satu dan bersifat personal, dalam persepsi blog bisa kalian sebut sebagai admin. Satu user untuk satu akun login.Cara mendaftarnya hampir sama dengan cara saat mendaftar blog.

Berbeda dengan blog, yang mungkin penggunanya tidak sebanyak microblog, walaupun memungkinkan untuk melakukan promosi melalui blog. Namun, kenyataan sudah membuktikan bahwa dalam masalah publikasi microblog lebih mudah tertuju kepada objek informasi karena lebih mudah menjamur.

Platform Microblogging

Berikut adalah beberapa platform popular yang bisa digunakan untuk microblogging :

Instagram

Instagram merupakan salah satu platform paling sesuai untuk microblogging.Di Instagram,kalian bisa membuat microblogging berupa foto atau video pendek.Meskipun bukan ahli di bidang editing foto atau video,kalian tidak perlu khawatir,karena tersedia beragam fitur Instagram yang bisa membuat konten microblogging kalian menjadi terlihat menarik dan bahkan profesional.Kalian dapat membuat konten microblogging untuk feed maupun story instagram yang menarik dengan bantuan beragam filter,GIF, brush,stiker dan masih banyak lagi.

Twitter

Twitter sudah menjadi platform media sosial untuk microblogging yang juga populer.Awal mulanya,twitter hanya menyediakan 140 karakter teks untuk setiap tweet atau cuitan.Namun,sekarang kalian bisa menulis sebanyak 280 karakter dan bahkan membuat thread untuk kebutuhan microblogging.Bahkan,twitter juga sudah menyediakan fitur GIF,foto dan video yang bisa kalian gunakan untuk membuat microblogging terlihat lebih bagus.

LinkedIn

LinkedIn menjadi platform yang sangat penting,khususnya bagi profesional dan pencari kerja.Di LinkedIn,sifat microblogging yang kalian buat bisa lebih personal.Akan tetapi,tentu ini tidak kalah penting dibandingkan microblogging untuk marketing suatu brand atau produk.Dengan microblogging di LinkedIn,bisa membuat tulisan dan meningkatkan engagement serta profile views kalian.Dengan begitu,dapat meningkatkan kemungkinan kalian direkrut perusahaan.

YouTube

Jika kalian lebih suka membuat konten microblogging dengan format video,YouTube menjadi tempat yang tepat untuk kalian.Saat ini,selain video berdurasi panjang,kalian juga bisa upload video durasi pendek yang serupa dengan story Instagram.Selain itu,kalian juga bisa berinteraksi dengan subscribers kalian lebih baik dengan fitur community postnya yang terbaru.

Keuntungan Penggunaan Microblogging

Lebih Mudah Dipahami

Microblogging lebih mudah dimengerti oleh pembaca,karena kontennya tidak panjang,Meskipun, hal ini tergantung dari keahlian dalam mengatur kata-kata.Namun, bagaimanapun,orang lebih tertarik membaca hal informatif dalam format microblog dibanding artikel panjang.Pendapat dari Forbes,salah satu hal yang harus diperhatikan dalam marketing terhadap generasi milenial yakni rentang perhatian mereka terbilang pendek.Karena itu,microblogging menjadi cara yang tepat untuk menyampaikan atau mempromosikan sesuatu pada kelompok di media sosial.Kalian bisa menarik perhatian dengan lebih mudah dan meningkatkan kemungkinan mereka membaca seluruh konten yang kalian buat dengan microblogging yang tidak panjang.

Konten Mudah Dibuat

Microblogging merupakan konten yang pendek dan singkat,karena itu kalian tidak perlu repot-repot membuat tulisan yang panjang seperti sebuah artikel blog.Dengan microblogging,bisa menyampaikan suatu hal rumit dengan kata-kata sederhana supaya tidak panjang lebar.Dibandingkan dengan blogging,kalian bisa lebih produktif membuat konten dan rutin menyampaikannya pada audiens di media sosial.

Sesuai Untuk Informasi Time-Sensitive

Jika suatu hari harus tiba-tiba perlu membagikan informasi segera,microblogging juga menjadi cara yang tepat.Telah disebutkan bahwa pembuatan microblogging tidak membutuhkan waktu yang lama,sehingga bisa dengan cepat memberikan informasi saat itu juga,khususnya apabila informasi yang harus disampaikan bersifat darurat.

Komunikasi Secara Langsung

Microblogging ini,selain kalian bisa membagikan informasi dengan lebih cepat dibandingkan blog biasa,kalian juga bisa mendapat respon dan masukan dengan lebih cepat.Fitur komentar di berbagai platform media sosial yang bisa kalian gunakan untuk microblogging akan sangat memudahkan kalian untuk mengetahui tanggapan dari pembaca microblogging yang kalian  bagikan di media sosial.Selain itu,mereka bisa membagikan microblog milik kalian dalam hitungan detik dengan melakukan share,retweet,reblog dan lain-lain.

Bisa Akses Ke Seluruh Pengguna Media Sosial

Statista menunjukkan bahwa terdapat pengguna media sosial mengakses internet khususnya media sosial lewat smartphone yang mereka miliki.Persentase website traffic lewat smartphone tercatat cuku tinggi,dengan smartphone yang dimiliki hampir semua orang,sebuah informasi menjadi semakin cepat tersebar dan orang-orang tidak selalu ingin menghabiskan waktu lama untuk mendapatkan suatu informasi.Karena itu,microblogging bisa menjadi penyedia informasi yang cepat untuk para pengguna media sosial.Terakhir,microblogging dapat memperkuat branding.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Microblogging

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Membuat draf konten Microblogging,tentu harus mengkonsep komposisi konten tersebut,font yang digunakan,warna yang digunakan dan gambar apa yang digunakan.
  • Dorong pengguna lain untuk merespons,,langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa pengguna lain merespons konten kalian,salah satu caranya dengan memasukkan pertanyaan di akhir postingan.
  • Pastikan konten kalian menarik,hal utama yang harus kalian perhatikan yakni apakah konten tersebut menarik dan bermanfaat bagi orang lain.Kalian bisa berbagi tips dan trik atau informasi menarik lainnya.
  • Pilih aplikasi yang akan digunakan,untuk membuat konten microblog,kalian dapat menggunakan berbagai aplikasi desain yang tersedia.Selain itu yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop,Canva,Powerpoint/Google Slides/Keynote Speech,kalian dapat menggunakan berbagai aplikasi ini untuk membuat konsep konten.Gunakan aplikasi yang paling nyaman.

Tips Cara Menulis Microblogging Untuk Pemula

Saat kalian berencana untuk menulis Microblogging di Instagram,kalian mungkin bingung dan bertanya apa yang harus dilakukan dahulu,pertama-tama pertimbangkan apa yang akan ditulis,saat membuat konten untuk Microblogging.Temukan informasi penting dari blog atau situs web dan diskusikan.Jangan menulis persis apa yang ada di blog,ubah kata-kata,Jika pada akhirnya kalian memutuskan untuk menulis artikel di blog atau situs orang lain,disarankan untuk menyertakannya.Jika kalian memiliki blog sendiri,itu lebih baik,kalian dapat menulis konten sesuai dengan konten akun Instagram.Contohnya : akun Instagram untuk bisnis toko boneka atau toko boneka online,biasanya microblogging membahas cara membuat boneka handmade,keterampilan merawat boneka,jenis-jenis boneka,dan lainnya.

Namun, ketika tidak ada inspirasi/ide,kalian dapat menulis microblogging tentang kutipan orang-orang sukses,metode filter atau edit foto untuk umpan Instagram agar lebih menarik, gaya hidup,konten motivasi dan lainnya.Intinya adalah membuat konten di microblogging yang dapat memicu minat orang lain dan menghasilkan suka,komentar,simpan dan bagikan.Saat microblogging dipublikasikan, jangan lupa untuk menyertakan tag agar pengguna media sosial Instagram lebih mudah menemukannya.Lalu langkah kedua setelah mempertimbangkan konten,pertimbangkan desain yang harus dilakukan.Kalian dapat menggunakan Adobe Photoshop,Adobe Illustrator,Canva,PicsArt, dan lainnya.Untuk membuat desain microblog. Gunakan aplikasi desain yang sesuai dengan kemampuan kalian.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

16 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

18 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago