HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah website yang berisi teks, artikel, video, foto, dan link ke website lain yang biasanya disediakan oleh blogger. Di bawah ini beberapa contoh blog edukasi yang khusus direkomendasikan sebagai media pembelajaran bagi pelajar.

Apa Itu Blog Pendidikan?

Blog pendidikan atau edublog adalah blog yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Blog pendidikan ini menyediakan materi unggulan untuk pembelajaran online bagi siswa. Konten yang dipublikasikan di blog pendidikan ini biasanya mencakup topik-topik seperti topik tertentu, contoh pertanyaan, beasiswa, bahan pelajaran, dll.

Blog edukasi ini biasanya diterbitkan langsung oleh beberapa penulis dari berbagai kalangan, seperti masyarakat umum, non-profesional, dll. Ada yang diciptakan oleh guru, pengamat pendidikan, dosen, bahkan mahasiswa sendiri. Namun sebagian besar konten blog pendidikan ditulis oleh para pendidik, seperti dosen dan pengamat pendidikan.

Sederhananya, mereka adalah orang-orang yang benar-benar berdedikasi pada dunia pendidikan. Banyak juga blog pendidikan di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi pelajar, seperti di bawah ini.

Contoh Blog Pendidikan Indonesia

1.  GuruSD.web.id

Contoh blog pendidikan yang pertama adalah GuruSD.web.id. Ini sangat cocok untuk siapa saja yang terlibat dalam pendidikan dasar.

Dengan contoh soal, tips belajar mengajar, dan artikel yang menjelaskan berita terkini dunia pendidikan, menyenangkan bagi siswa dan guru. Semua ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa dan guru SD. Konten artikel di blog pendidikan ini akan diterbitkan secara rutin dan berkala.

2. OperatorSekolah.com

Contoh blog pendidikan selanjutnya adalah OperatorSekolah.com. Konten blog ini menyediakan konten editorial untuk para pengajar dengan membagikan file gratis yang dapat diunduh langsung dari website.

File yang tersedia secara gratis mencakup modul pelajaran, contoh pertanyaan, dan topik pendidikan lainnya untuk para tenaga pengajar. Blog ini juga menyediakan dokumentasi administratif untuk memudahkan pekerjaan guru.

3. Bloggers.id 

Bloggers.id adalah blog pendidikan yang dibuat oleh guru Sekolah Dasar dari berbagai tingkatan. Isi blog ini merupakan informasi yang diperoleh langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek dan kementerian terkait lainnya.

Bloggers.id tidak hanya berfokus pada informasi pendidikan, namun juga pembahasan materi buku siswa, file download manajemen pendidikan siap pakai, dan aplikasi pendidikan efektif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.

4. SekolahDasar.net

Seperti halnya blog GuruSD.web.id, misalnya blog pendidikan SekolahDasar.net, terdapat berbagai hal bertema pendidikan sekolah dasar, termasuk tersedia bank soal.
untuk digunakan. Blog ini ditujukan hanya untuk SD, jadi tidak ada konten pendidikan untuk SMP atau SMA.

5. Ainamulyana.blogspot.com

Contoh blog pendidikan lainnya adalah Ainamulyana.blogspot.com yang merupakan domain non TLD namun pengunjungnya banyak.

Blog pendidikan ini berjudul “Pendidikan Kewarganegaraan” dan mempunyai istilah teknis AINA artinya Aktual, Inspiratif, Normatif, Aspiratif. Blog ini tidak hanya memuat konten pendidikan kewarganegaraan, tetapi juga memuat banyak peraturan terkini mengenai sekolah.

6. Gurune.net

Bagi yang ingin mendapatkan bahan ajar dan contoh jawaban dari buku anak tingkat SD, Gurune.net adalah salah satu contoh blog pendidikan Indonesia yang wajib Anda simak. Blog ini menerbitkan informasi terkini hampir setiap hari.

Tidak hanya berisi materi pembelajaran, tetapi juga file yang dikelola guru, artikel inspiratif, dan berbagai informasi pendidikan lainnya. Namun, keseluruhan konten blog berfokus pada pendidikan sekolah dasar.

7.  Kangmartho.com

Contoh blog pendidikan ini berjudul “Guru Berbagi” dan isinya mirip dengan blog sekolah dasar lainnya. Isi blog ini akan memenuhi kebutuhan guru sekolah dasar, meliputi administrasi pendidikan, bahan ajar, dan contoh soal latihan.

8. sejutaguru.com 

Ini adalah blog seorang guru SD bernama Ali Fauzi. Sejutaguru.com merupakan salah satu contoh blog pendidikan yang memuat konten cerita tentang hal-hal yang dialami oleh penulis dan diungkapkan dalam bentuk artikel.

9. Informasiguru.com

Blog pendidikan di Informationguru.com ini memiliki artikel lengkap dan file lengkap untuk guru dan masih aktif. Traffic blog pendidikan “informationguru.com” sendiri mencapai 70.000 hingga 100.000 pengunjung setiap harinya.

Cara Membuat Blog Pendidikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, blog merupakan media pendidikan online bagi siswa dan guru. Fitur pendidikan online ini memungkinkan Anda menyimpan tulisan Anda dengan mudah dan mempublikasikannya di blog Anda. Menulis bukan lagi sekedar hobi, blogging kini menawarkan banyak manfaat juga.

Kelebihan blogging adalah memberikan kesempatan kepada guru, siswa, dan siswa untuk mengutarakan pendapatnya. Blogging juga dapat membantu Anda melatih keterampilan komunikasi dan percakapan Anda. Dengan mengomentari postingan orang lain dan membalas komentarnya, Anda bisa belajar berkomunikasi dengan sopan dan santun. Blogging mempromosikan pemikiran analitis dan membawa pembelajaran ke tingkat yang lebih tinggi dari sekedar memahami dan menghafal konten kursus. Berpikir analitis berarti Anda harus selalu menganalisis suatu topik dan memperjelas pemikiran Anda tentang topik tersebut sebelum menulisnya di blog Anda.

Sederhananya, blog memfasilitasi ekspresi kreatif dalam pengembangan konten asli dan tata letak blog. Jadi, Anda bisa berkreasi dengan menyesuaikan tema, memilih gambar dan video yang relevan, dan mendesain tata letak. Ini adalah platform visual bagi guru, siswa, dan siswa untuk mengekspresikan diri. Apalagi di era digital saat ini, blogging membuat proses belajar menjadi menyenangkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membuat blog edukasi. Berikut cara membuat blog edukasi menggunakan Blogspot :

1. Buka Website blogger.com

Langkah pertama adalah mengunjungi website blogger.com.

2. Login Akun 

Saat Anda mengunjungi halaman beranda blogger.com, biasanya Anda dimintai informasi untuk login atau memasukkan akun. Masukkan alamat email Gmail dan kata sandi Anda di kolom login. Lalu langsung klik Enter. Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas Anda terlebih dahulu.

3. Membuat Judul Blog

Sekarang saatnya membuat Judul Blog. Setelah Anda membuat judul untuk blog Anda, klik Next untuk melanjutkan.

4. Buat Nama URL Blog

Buat nama URL untuk blog pendidikan Anda. Buat nama URL yang sesuai dengan konten blog Anda.

5. Isi Nama Tampilan Blog

Jika verifikasi berhasil, Anda akan diarahkan ke layar profil Anda dan pilih menu “Buat profil eksklusif” untuk menampilkan layar profil Blogger Anda. Masukkan nama tampilan blog yang Anda inginkan.

6. Buka Dashboard Blogger

Klik, lanjutkan ke blogger, dan klik tulisan “New Post” di sebelah kiri.

7.Sekarang Blog Sudah Jadi dan Bisa Mulai Buat Konten 

Setelah blog Anda siap, sediakan konten artikel pendidikan untuk dipublikasikan. Caranya sangat sederhana. Klik Entri Baru di kiri atas, Anda akan melihat kolom kosong di mana Anda dapat memasukkan artikel Anda:

  • Judul artikel.
  • Menulis teks artikel.
  • Dan publikasikan sekarang.

Jika Anda belum pernah menulis konten untuk blog sebelumnya, mulailah dengan mengetik 2-3 paragraf artikel Anda. Kemudian cobalah mempublikasikannya untuk melihat hasil pekerjaan Anda.

Blog Pendidikan Sebagai Media Belajar Online

Oleh karena itu, blog pendidikan atau edublog adalah blog yang dibuat untuk tujuan edukasi atau pendidikan, yaitu memberikan pengajaran yang baik sebagai sumber belajar online bagi siswa.

Saat ini sudah banyak contoh blog edukasi yang dijadikan media pembelajaran online pelajar di Indonesia. Beberapa contoh blog edukasi di atas tidak hanya dapat digunakan oleh siswa saja, namun juga dapat digunakan oleh guru, siswa, bahkan siswa itu sendiri. Topik yang dibahas di blog pendidikan juga sangat beragam. Ada yang ditujukan khusus untuk sekolah dasar dan mencakup pengetahuan umum atau berisi informasi terkini tentang mata pelajaran pendidikan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

58 seconds ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago