HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mudah dan Singkat! Begini Cara Login Blogger Milik Kamu

Di era digital sekarang ini, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah blogger dan blogspot. Blog dapat digambarkan sebagai catatan harian yang dikemas dalam bentuk website yang membahas suatu topik tertentu. Sementara itu, blogger adalah seseorang yang menulis blog, namun ternyata blogger juga bisa diartikan sebagai platform blog milik Google.

Jadi, apakah istilah-istilah tersebut mempunyai arti yang sama? Jika kamu mempunyai pertanyaan seperti ini, Hosteko akan membantu kamu menjelaskan secara singkat apa itu blog, blogger, dan blogspot serta cara login blogger atau blogspot. Selain itu, Hosteko juga akan memberikan solusi jika kamu tidak bisa login. Sangat menarik, bukan? Nah…Yuk, langsung saja, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Blog?

Blog adalah website yang berisi artikel, foto, atau video yang biasanya dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Konten yang dibahas cukup beragam, seperti fashion, kuliner, lifestyle, teknologi, dan lain sebagainya.

Menulis blog mempunyai banyak manfaat, seperti untuk branding produk, promosi produk, atau sekedar sebagai sarana publikasi.

Apa itu Blogger?

Blogger adalah pemilik dan pengelola blog. Namun, blogger juga mempunyai arti lain, yaitu sebagai platform atau CMS gratis dari Google untuk mempublikasikan blog di alamat blogger.com. Platform ini awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Salah satu platform milik Google ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya semakin dikenal orang. Misalnya memudahkan pekerjaan penulis terutama bagi yang belum paham IT, memiliki akses yang mudah, memiliki antarmuka sederhana yang bahkan pengguna baru pun dapat menggunakannya tanpa kendala, dan memiliki layanan gratis.

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah layanan domain gratis dari Google. Saat kamu membuat blog dengan blogger, blogspot otomatis akan muncul di domain kamu. Blogspot bisa diartikan sebagai subdomain gratis dari Google yang otomatis terpasang hanya ketika kamu membuat blog di blogger. Misalnya seperti ini namadomainanda.blogspot.com.

Blogspot mempunyai website resmi bernama blogspot.com. Kamu mungkin akan bingung karena ketika kamu membuka blogspot.com, kamu akan diarahkan ke halaman blogger.com. Mengapa demikian? Karena blogger dan blogspot berkaitan erat dalam dunia blogging. Namun sebenarnya, blogspot mempunyai domain atau alamat dari sebuah blog tersebut. Jika kamu menggunakan WordPress, blog kamu akan menjadi namadomainkamu.wordpress. Nah, sama seperti itu, tetapi blogger punya domain sendiri yang bernama blogspot.

Cara Login Blogspot atau Login Blogger

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, blogger adalah platform milik Google yang digunakan untuk menerbitkan blog secara gratis. Tentu saja, untuk login ke blogger kamu harus masuk ke akun Google terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah cara loginnya:

  1. Kunjungi situs resmi blogger di browser Chrome.
  2. Kamu dapat mengubah bahasa yang digunakan menggunakan pengaturan di pojok kanan bawah dan beralih ke bahasa pilihan kamu.
  3. Kamu kemudian dapat login ke akun Blogger dengan mengklik “Masuk” di pojok kanan atas.
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman login Google. Jika kamu belum login ke akun Google, masukkan alamat email Google yang akan kamu gunakan dan klik “Berikutnya”.
  5. Kamu kemudian akan diminta memasukkan kata sandi dari email tadi.
  6. Jika kamu sudah login Google di browser Chrome, kamu akan diarahkan ke halaman daftar email yang sudah terhubung dengan browser kamu. Oleh karena itu, kamu dapat langsung melewati langkah 4 dan 5.
  7. Login berhasil. Ini berarti kamu secara otomatis diarahkan ke halaman dashboard akun Blogger.
  8. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas maka kamu sudah siap untuk mulai menulis dan mengolah blog milik kamu. Selamat menulis!

Permasalahan Saat Login Blogger

“You’re signed in as youremail@gmail.com. If that’s not the account you use with your blog, change the account you’re signed in on and try signing in again.”

Jika kamu mengalamai masalah seperti di atas, Hosteko punya beberapa tips yang bisa kamu coba dan terapkan untuk membantu kamu login kembali ke Blogger.

1. Lupa Username

  • Masuk ke bagian “Hacing trouble signing in?”
  • Untuk menanganinya, kamu perlu memasukkan nama lengkap dari akun kamu dan juga alamat email pemulihan yang kamu daftarkan (bisa juga menggunakan nomor telepon pemulihan)
  • Jika memasukkan alamat email pemulihan, maka kamu harus membuka kotak masuk dari alamat email tersebut karena pihak Google akan mengirimkan kode yang bisa kamu gunakan. Lalu masukkan kode tersebut.
  • Jika memasukkan nomor telepon pemulihan, maka kamu harus membuka kotak masuk dari nomor telepon tersebut karena pihak Google akan mengirimkan. Lalu masukkan kode tersebut.

Selanjutnya kamu akan melihat daftar nama pengguna yang sesuai. Namun, jika kamu tidak melihat ada nama pengguna milik kamu, kamu bisa mencoba menggunakan alamat email pemulihan yang lain atau cek kembali nama pengguna tersebut mungkin ada kesalahan dalam penulisannya.

2. Lupa Kata Sandi

  • Buka halaman Account support page.
  • Ikuti petunjuk yang ada. Kamu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa akun tersebut memang milik kamu.
  • Selanjutnya, atur ulang kata sandi yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya.

3. Lupa Email yang Digunakan

  • Buka halaman “Forgot your username or password”.
  • Masukkan URL dari blog milik kamu
  • Selanjutnya kamu akan diberi petunjuk untuk mengetahui alamat email mana yang kamu gunakan. Kamu akan mendapatkan email yang berisi petunjuk untuk masuk.
  • Jika kamu tidak mendapatkan email, mungkin kamu masuk ke akun Google yang salah jadi coba menggunakan akun Google yang lain.

4. Menghapus Email yang Digunakan

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin tetap bisa login blogger menggunakan alamat email yang sudah dihapus.

  • Buka halaman blogger.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi terakhir yang kamu ingat.
  • Tambahkan akun Google aktif milikmu sebagai admin.

5. Jika Masih Tidak Bisa Login Blogger

Jika kamu masih belum bisa login blogger milik kamu, coba untuk menghubungi administrator blogger yang lain.

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

1 day ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

1 day ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago