HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik

Instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat kamu gunakan untuk pemasaran online. Jika kamu menjalankan bisnis, kamu dapat menggunakan Instagram untuk menarik dan memperluas pangsa pasar.

Selain itu, Instagram sangat cocok untuk orang yang menjalankan usaha kecil karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk beriklan melalui feed Instagram dan unggahan Instagram Stories.

Pada artikel kali ini Hosteko akan mengajak kamu untuk membahas cara membuat feed Instagram yang menarik dan terorganisir dengan baik. Ini karena jika kamu mengelola feed Instagram dengan baik, kamu bisa mendapatkan banyak like dan follower. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu Feed Instagram?

Feed Instagram adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung ketika mereka membuka akun Instagram kamu. Postingan Instagram ini terdiri dari berbagai jenis konten yang dapat kamu atur dan kelola, mulai dari video, foto, Reel Instagram, Instagram TV, hingga beberapa sorotan dari cerita Instagram yang kamu simpan.

Jika kamu menjalankan bisnis online, seperti bisnis makanan, feed Instagram adalah katalog yang dapat kamu perkenalkan dan tawarkan kepada pengunjung Instagram kamu. Kamu dapat melengkapinya dengan berbagai informasi, penawaran dan presentasi produk.

Inilah sebabnya mengapa kamu perlu memperhatikan feed Instagram jika ingin berjualan online. Jadi, bagaimana cara membuat feed Instagram yang bagus? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik

1. Menentukan Jenis Grid Postingan

Cara pertama untuk membuat feed Instagram kamu lebih menarik adalah dengan memperhatikan jenis grid. Grid postingan adalah jenis tata letak postingan di Instagram. Ini akan membantu kamu memutuskan postingan mana yang akan dipublikasikan selanjutnya. Tata letak ini menambah keindahan postingan Instagram.

Ada beberapa opsi yang bisa kamu coba, diantaranya:

Border

Borders merupakan jenis feed yang menggunakan border pada setiap postingan. Ini akan membuat postingan Instagram kamu terlihat lebih rapi. Usahakan memilih warna border yang netral seperti hitam atau putih.

Puzzle

Puzzle adalah salah satu jenis postingan Instagram yang menghubungkan satu postingan dengan postingan lainnya. Biasanya hal ini dilakukan untuk membentuk suatu pola atau gambar.

Sulit untuk menerapkan postingan Instagram jenis ini dalam kehidupan sehari-hari karena memang cukup rumit untuk membagi gambar menjadi beberapa bagian. Kamu juga dapat memilih jenis feed ini untuk memperkenalkan akun Instagram baru, campaign, dan membuat teka-teki.

Checkerboard

Contoh postingan Instagram ini, yaitu menampilkan foto dan unggahan quotes secara bergantian seperti papan catur. Hal ini dapat membuat postingan Instagram kamu berbeda dan sangat menarik.

Horizontal Lines

Horizontal lines artinya upload 3 baris foto diikuti 3 baris postingan quotes. Maka akan muncul garis jeda antara satu baris foto dengan baris foto lainnya.

2. Memilih Tema 

Kamu kemudian dapat memilih tema yang ingin kamu gunakan untuk membuat feed Instagram. Tema ini membahas tentang kepribadian dan branding.

Nah, biasanya banyak orang dan pemilik bisnis yang hanya mengupdate fotonya saja tanpa memperhatikan tema yang digunakan. Hal ini tentu akan mempengaruhi feed Instagram kamu dan membuatnya kurang terorganisir. Kamu dapat memilih dari beberapa tema berikut ini:

Black and White

Tema black and white berarti feed Instagram kamu akan berisi foto hitam putih. Ini sempurna untuk orang dengan kepribadian yang misterius.

Minimalis

Tema minimalis akan memberikan tampilan Instagram kamu yang sederhana, bersih, dan rapi. Cara menggunakan tema ini adalah dengan memposting foto dengan banyak spasi agar tampilan Instagram kamu lebih sederhana dan menggunakan lebih sedikit warna.

Vintage

Vintage terkenal dengan warna-warnanya yang hangat atau warm. Menggunakan tema vintage untuk feed Instagram dapat memberikan tampilan klasik dan elegan.

Dark

Tema dark berarti feed Instagram kamu didominasi warna hitam. Tema ini akan memberikan tampilan maskulin pada Instagram.

Pastel

Tema pastel biasanya menggunakan kombinasi sebagian besar warna pastel, seperti pink pastel, biru pastel, kuning pastel, dan masih banyak lagi. Warna ini melambangkan kegembiraan.

3. Menggunakan Tone Filter yang Sama 

Ada banyak jenis feed Instagram yang dapat kamu gunakan. Misalnya foto, quotes, video, infografis, dan lain-lain. Saat memilih konten menggunakan foto Instagram, kamu perlu memperhatikan shade dan jenis filternya.

Kamu dapat mencoba metode membuat feed Instagram ini untuk memastikan warnanya konsisten di semua foto yang kamu unggah. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Lightroom, VSCO, Snapseed, Daz Cam, dan masih banyak lagi.

4. Memperhatikan Urutan Konten yang Akan Disajikan

Feed instagram adalah sesuatu yang perlu kamu perhatikan secara khusus saat menggunakannya untuk personal branding atau peluncuran bisnis. Oleh karena itu, perencanaan konten sangatlah penting.

Saat merencanakan konten, kamu perlu memutuskan apakah akan memposting gambar, video, atau quotes. Kamu dapat menggunakan aplikasi pendukung seperti Preview dan Feed Master untuk bereksperimen dengan tata letak dan urutan konten ini.

5. Menentukan Warna Apa Saja yang Akan Digunakan

Tampilan feed Instagram adalah sebuah katalog yang bisa digunakan jika kamu menggunakan media sosial untuk kerpeluan bisnis. Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan agar feed Instagram terlihat bagus adalah warna yang kamu gunakan. Penonjolan dan penggunaan warna ini akan berdampak besar pada kamu.

Misalnya, kamu sudah memiliki feed Instagram berwarna putih, coklat, dan krem. Lalu tiba-tiba muncul gambar dengan warna merah dan biru. Tentu itu bisa merusak feed, kan? Jadi, kamu perlu berhati-hati dalam memilih warna yang akan gunakan.

6. Menggunakan Foto dan Video dengan Kualitas Tinggi

Apakah enak melihat postingan dengan kualitas gambar yang pecah dan buram? Tentu saja rasanya tidak enak, kan?

Kualitas video dan foto yang diunggah ke feed Instagram sangatlah penting. Percuma jika kamu sudah memiliki foto atau video dengan tone yang sama, namun kualitasnya di bawah standar. Oleh karena itu, membuat feed Instagram yang bagus adalah soal kualitas postingan.

Sebaiknya gunakan foto dan video dalam kualitas HD. Namun, kualitas foto HD di Instagram biasanya langsung menurun setelah diposting. Jika kamu merasakan hal tersebut, berarti pengaturan postingan HD Instagram tidak diaktifkan.

Untuk melakukannya, buka halaman profil kamu, klik Pengaturan, lalu Akun, pilih Penggunaan Data, dan aktifkan Unggahan dengan Kualitas Tinggi.

7. Terus Belajar dan Mencari Inspirasi

Terakhir, cara membangun feed Instagram adalah dengan terus belajar dan mendapatkan inspirasi dari berbagai akun Instagram brand ternama yang memiliki tampilan instagram yang keren.

Misalnya, Scarlett Whitening yang menggunakan warna pastel yang cantik dan menarik. Tak lupa Instagram pribadi Fiersa Besari yang menggunakan warna dan pilihan filter yang konsisten.

Nah, itulah beberapa yang dapat kamu coba untuk membuat feed Instagram kamu menarik perhatian pengunjung. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Waspada! Cara Sederhana Mengatasi 504 Gateway Timeout Errors

Halo Sobat Hosteko! Saat Anda mengakses Internet, Anda mungkin pernah menemukan pesan error. Pesannya akan…

10 hours ago

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

1 day ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

1 day ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago