HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Membuat Iklan yang Menarik, Auto Banjir Orderan!

Iklan tidak boleh dikemas sembarangan. Dibutuhkan teknik khusus agar menarik calon konsumen. Membuat iklan memerlukan pemikiran kreatif untuk membujuk konsumen agar membeli suatu produk.

Iklan yang baik dan menarik dapat dicapai dengan memperhatikan poin-poin tertentu. Jika dalam film, iklan yang baik dapat membuat konsumen yang sudah melihatnya ingin menikmati film tersebut hingga akhir. Selain itu, memilih tempat untuk memasang iklan juga sama pentingnya. Sebab memungkinkan kamu untuk menarik konsumen yang tepat terhadap produk yang kamu jual.

Cara Membuat Iklan Menarik

1) Undang Tamu Khusus yang Punya Banyak Penggemar

Bagian pemasaran perlu memahami apa yang sedang populer di kalangan mayoritas orang yang menjadi target pemasarannya. Belajar dari perusahaan yang sudah mapan, seperti Shopee dan Tokopedia. Marketplace tersebut sering mengundang banyak artis Korea. Kemudian, mereka juga membuat iklan kerja sama dengan idol K-Pop tersebut.

Mengundang tamu khusus merupakan cara yang sangat efektif untuk membuat iklan. Semakin banyak penggemar yang dimiliki suatu tokoh maka semakin besar juga pengaruhnya terhadap reputasi pihak yang menjalin kerja sama. Biasanya, penggemar grup idol tertarik untuk mencoba setidaknya satu produk dari yang mengajak sang idola untuk berkolaborasi.

2) Ciptakan Detail yang Kreatif

Tidak mudah menjadi orang yang kreatif. Itu sebabnya banyak orang yang suka melihat iklan dengan ide-ide segar. Sehingga iklan kreatif ini bisa menjadi ajang pembeda nyata dalam menarik perhatian konsumen yang sangat berperan besar dalam keberhasilan pemasaran dan penjualan produk atau jasa perusahaan. Namun, ingat bahwa kreativitas tersebut harus memiliki makna positif agar tidak menimbulkan kontroversi di kalangan konsumen.

Membuat iklan yang kreatif bisa dilakukan dengan mempekerjakan orang yang benar-benar mempunyai ide, seperti desainer iklan profesional. Elemen kreativitas membantu konsumen mengingat suatu merek. Elemen yang dimaksud, seperti maskot, warna, font, dll.

3) Pilih Platform yang Tepat

Memilih platform yang tepat sangatlah penting karena menentukan tipe konsumen seperti apa yang mungkin tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Sehingga bagian pemasaran harus melakukan penelitian menyeluruh tentang platform terbaik untuk periklanan. Sebab hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan penerapan iklan yang menarik.

Platform yang dimaksud tidak hanya berupa media sosial saja. Ada beberapa platform lain yang dapat menarik perhatian konsumen, seperti membuat iklan melalui YouTube, plang di jalan, spanduk, iklan digital melalui aplikasi, dll. Namun, berhati-hatilah dalam memilih platfrom untuk iklan. Misalnya, jika kamu mendirikan perusahaan start-up yang menawarkan produk inovatif dan berkualitas tinggi maka hindari memasang iklan di iklan baris. Kamu bisa memasang iklan di YouTube, podcast, dan media periklanan lainnya.

4) Pilih Judul dan Moto yang Unik

Selanjutnya, kamu juga bisa membuat judul dan moto yang unik agar konsumen tertarik melihat iklan secara keseluruhan. Gunakan bahasa yang fleksibel yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Cara membuat iklan ini juga memungkinkan konsumen penasaran dengan manfaat dari produk yang diiklankan.

Konsep judul dan motto ini digunakan oleh seluruh perusahaan di segala bidang. Namun, setiap perusahaan tidak diperkenankan menggunakan motto yang sudah ada atau dipakai. Sehingga membuat iklan pada tahap ini memerlukan perencanaan yang matang.

5) Perhatikan Detail dari Desain

Segala macam bentuk iklan tentunya menggunakan desain khusus. Semua pekerjaan desain periklanan harus dirancang dengan matang sebab hal ini memegang kunci yang paling penting dalam pembuatan iklan. Sekalipun kamu mengundang tamu atau membuat iklan dengan cara lain, namun tidak menerapkan langkah kelima ini, iklan yang kamu buat tidak akan benar-benar menarik perhatian konsumen.

6) Pakai Bahasa Persuasif

Jika kamu suka membaca novel, cerita yang bagus tentu membuat pembacanya ingin terus membaca novel tersebut. Orang yang pandai berkata-kata ternyata bisa menarik perhatian orang lain melalui apa yang ditulisnya. Sama halnya dengan bahasa atau kata-kata dalam iklan yang perlu memperhatikan bahasa persuasif, di mana harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk membujuk konsumen agar membeli apa yang ditawarkan.

7) Pasang Tawaran yang Menarik

Siapa yang tidak suka kejutan dan penawaran menarik lainnya? Cara pembuatan iklan pada tahap ini sebenarnya seperti ajakan kepada konsumen untuk mencoba produk dengan penawaran yang menarik. Contoh penawaran menarik, seperti beli satu gratis satu, diskon, dll. Kamu juga dapat memberikan sampel untuk produk lainnya. Untuk itu, dalam membuat iklan yang menarik konsumen, pastikan untuk menyertakan penawaran dalam iklan.

8) Pasang Testimoni dalam Iklan

Testimoni berperan penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan atau produk yang dijualnya. Hal ini dikarenakan, banyak kekhawatiran yang dirasakan konsumen terhadap suatu produk, khususnya dalam berbelanja online. Oleh karena itu, berikan beberapa testimoni atau ulasan positif dari konsumen terhadap produk perusahaan. Ini bisa meyakinkan konsumen bahwa produk yang kamu tawarkan sudah memiliki rekam jejak yang baik.

9) Beri Tahu Nilai Positif Produk

Iklan yang baik mencantumkan bagaimana produk yang ditawarkan lebih baik dibandingkan pesaingnya. Keunggulan yang dimaksud dapat berupa layanan pelanggan hingga 24 jam atau keunggulan lainnya.

Membuat iklan yang memberikan nilai positif dapat mendorong konsumen untuk beralih ke produk kamu. Jika kamu menerapkan cara ini dan terus menjaga kualitas produk maka produk yang kamu jual akan berpeluang lebih besar dalam menarik konsumen dibandingkan produk pesaing.

Nah, itulah cara membuat iklan yang menarik. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

3 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

6 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago