HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal

Wikipedia adalah salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Menurut situs kalkulator harga dan nilai web mereka menghasilkan sekitar 18 miliar tampilan setiap bulannya. Sekarang ini, khususnya tahun 2022  di mana sebagian besar profesional mencoba membangun merek pribadi mereka di LinkedIn, Wikipedia adalah alat yang terlalu kuat untuk diabaikan.

Memiliki profil pribadi di Wikipedia tentunya akan meningkatkan kredibilitas seorang profesional dan juga membuat peringkat mereka lebih baik di seluruh dunia. Terlebih situs ini juga sering kali muncul pertama kali di halaman pencarian Google. Selain itu, halaman Wikipedia pribadi sangat dicari oleh para profesional karena berguna untuk menciptakan kesan pertama.

Tidak semua orang bisa memilikinya karena seringkali terbilang mahal dan memakan waktu untuk membuatnya. Namun, memiliki halaman itu pastinya meningkatkan prospek karir masa depan, kredibilitas dan koneksi dengan audiens.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini akan membagikan beberapa cara bagaimana mendapatkan halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi atau perusahaan dan bahkan personal atau diri sendiri.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Wikipedia

Wikipedia adalah ensiklopedia terbuka, yang merupakan kata-kata dari Wikipedia sendiri yang memiliki tujuan “bertindak sebagai ensiklopedia bebas yang dapat diakses secara luas”.

Namun, Wikipedia sendiri menyatakan bahwa itu sarana promosi, ini berarti bahwa itu tidak mendukung segala jenis “advokasi, propaganda, atau rekrutmen”. Ini mencakup semua kategori seperti olahraga, nasional, agama, ilmiah, politik atau komersial.

Jika ide menggunakan Wikipedia untuk mendorong salah satu agenda tersebut, buanglah agenda tersebut, karena setelah proses yang panjang ini, dapat dikatakan bahwa akan kecewa. Bukan hanya karena Wikipedia sendiri tidak mendukung pemasaran, tetapi juga dengan jelas memaparkan banyak hal yang tidak.

Wikipedia bukan blog, jaringan media sosial, atau situs memorial. Artinya, meskipun Wikipediawan atau Wikispecialist yang memiliki halaman akun pengguna sendiri, mereka tidak dapat menggunakannya untuk tujuan pribadi.

Ingatlah bahwa editor di situs Wikipedia hanya diperlukan untuk menambahkan, mengedit, atau mengubah informasi. Jadi perlu tahu bahwa ketika yang menjadi editor halamannya, maka harus memastikan bahwa Anda mengikuti aturan mereka dan mempelajarinya dengan baik. Selain itu juga harus mengikuti banyak pedoman lain tentang konten, kebijakan, pembuatan halaman, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia

Pastinya, bagaimana kiat-kiat, tips dan caranya akan menjadi tugas yang menantang untuk membuat profil Wikipedia sebuah bisnis, organisasi, perusahaan atau personal. Tentunya karena ada banyak pedoman untuk diikuti. Namun, begitu memulai dan mendapatkan gambaran tentang cara kerja platform tersebut, itu akan cukup mudah.

Wikipedia adalah alat pengenalan merek pribadi (personal branding) yang sangat kuat. Dibandingkan dengan LinkedIn, peringkat Wikipedia lebih tinggi di peringkat pencarian Google dan memiliki kredibilitas yang lebih karena tantangan membuat dan memelihara profilnya.

Selain itu, halaman Wikipedia juga seringkali secara otomatis diambil oleh Google Knowledge Graph atau Panel, dimana dengan ini akan mendapatkan cara pengenalan brand yang sempurna.

Berikut ini adalah tips dan cara bagaimana bisa mendapatkan halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal :

1. Baca Pedoman Komunitas

Cara membangun halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal yaitu pastinya dengan membaca pedoman komunitas. Saat membuat halaman Wikipedia harus menjadi pengguna terdaftar.

Wikipedia tidak mempercayai pengguna yang tidak dikenal. Jadi, jika mulai mengedit tanpa mendaftar tidak akan mendapatkan kredibilitas. Harus berusia minimal 4 (empat) hari sebagai pengguna dan mengedit 10 (sepuluh) artikel lain sebelum mulai berpikir untuk memulai halaman sendiri.

Disarankan untuk edit banyak artikel yang ada untuk membangun kredibilitas. Setelah kredibilitas ditetapkan, editor lain biasanya akan menganggap waktu mereka layak untuk mengunjungi halaman.

Jika tidak, apa pun yang dipilih untuk ditulis disana mungkin akan dibuang langsung. Ada banyak referensi dan kutipan yang diperlukan pada halaman untuk meningkatkan kredibilitas referensi termasuk artikel Wikipedia lainnya dan artikel berbasis jurnal.

Siaran pers atau press release, atau konten profil perusahaan dan pribadi tidak akan dihitung sebagai kutipan yang tepat.

Kutipan (dalam hal ini bernama citation) diperlukan untuk meyakinkan komunitas pembaca dan editor bahwa informasi yang diberikan berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

2. Libatkan Orang untuk Membangun Halaman

Cara berikutnya yaitu dengan melibatkan orang-orang untuk membangun halaman. Apakah benar-benar perlu berada di database Wikipedia adalah keputusan yang hanya dapat dibuat, karena Wikipedia sendiri melarang orang membuat profil pribadi mereka.

Seringkali dijalankan oleh serangkaian editor yang memiliki kebebasan untuk menghapus artikel jika tidak direferensikan secara memadai, atau dikunjungi dan diedit oleh pengguna lain. Jika satu-satunya orang yang melakukan pembaruan pada halaman adalah diri sendiri, ada kemungkinan editor lain akan menghapus keberadaan dari platform tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki banyak orang yang terus memperbarui informasi tentang  platform ini. Terkait caranya dapat meminta kolega, penulis Wikipedia lain untuk mengedit halaman sesekali. Selain itu juga dapat menemukan beberapa penulis Wikipedia di LinkedIn, membangun jaringan, dan mengedit halaman satu sama lain.

Adapun salah satu cara yang paling otentik untuk melakukan ini adalah dengan membangun audiens yang akan mengedit halaman mereka sendiri dengan informasi. Halaman yang sering dilihat di Wikipedia cenderung akan bertahan lebih lama di platform tersebut.

3. Buatlah Konten yang Beresonansi dengan Audiens Besar

Tips cara mendapatkan halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal ke-3 (tiga) yang akan dijelaskan disini yaitu dengan membuat konten yang beresonansi dengan audiens yang besar.

Komunitas editor dan pembaca yang lebih besar harus memverifikasi konten agar dapat bertahan lama. Pikirkan dengan jelas tentang apa yang ingin ditulis.

Jika menulis tentang diri sendiri, apa sebenarnya yang telah dilakukan sehingga layak mendapatkan halaman Wikipedia untuk mengomunikasikannya kepada dunia. Tidak dapat mengambil topik dari awal itu. Mereka harus menjadi sesuatu yang telah dibicarakan di jurnal peer-review atau oleh para akademisi.

Harus ada cukup banyak sumber yang kredibel yang memastikan bahwa topik tersebut merupakan salah satu kepentingan sosial yang tersebar luas. Apa yang dianggap sebagai suatu masalah signifikansi sosial mungkin tidak tampak sama persis dengan editor Wikipedia.

disarankan untuk memastikan mengumpulkan sumber yang cukup kredibel untuk membuat cerita meyakinkan.

4. Buat Pembaca Halaman Merasa Terlibat

Cara berikutnya yaitu dengan membuat reader atau para pembaca menjadi lebih terlibat. Orang yang mengunjungi halaman Wikipedia pribadi hampir seperti bagian dari cerita. Mereka ada di sana karena mereka terpesona dan ingin tahu lebih banyak.

Dapat membuat pembaca merasa lebih terlibat (dalam hal ini yaitu terkait dengan engagement) dalam perjalanan dengan memposting gambar dan memperbarui profil secara teratur.

Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan pembaca pada integritas. Setiap perkembangan dalam karier atau pencapaian harus segera diperbarui di halaman ini. Dapat menambahkan sedikit tentang kehidupan pribadi juga karena pembaca akan ingin tahu lebih banyak tentang latar belakang dan sekolah atau pendidikan.

Ini tentunya akan membuat mereka merasa lebih terlibat dan mereka akan lebih sering mengunjungi halaman atau membaginya dengan rekan-rekan mereka.

5. Menggunakan Jasa Agensi untuk Membuat dan Memelihara Halaman

Tips cara mendapatkan halaman Wikipedia terakhir yang dapat diberikan disini yaitu dengan menggunakan jasa agensi untuk membuat dan memelihara halaman. Ada banyak agen pemasaran yang membuat dan memelihara profil Wikipedia, sebagai contoh misalnya RM Digital yang merupakan agensi pemasaran online, atau kalian juga dapat menghubungi jasa personal branding terkait hal ini.

Kemungkinan tidak akan punya waktu untuk membuat halaman Wikipedia untuk diri sendiri mengingat pembaruan terus-menerus diperlukan. Agen pemasaran ini pastinya akan menangani halaman.

Sangat bermanfaat untuk mendapatkan agensi di dalamnya karena menangani Wikipedia sendiri dapat menjadi tugas yang menantang dengan pekerjaan dan komitmen lainnya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 hour ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago