HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Semakin canggih dunia teknologi, ternyata memberikan kemudahan bagi yang ingin mendapatkan penghasilan fantastis dengan cara praktis. Kini, hanya dengan menggunakan platform media sosial saja bisa mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari Instagram

Sebelum masuk pada pembahasan utama, perlu dipahami dulu bahwa Instagram adalah platform media sosial gratis untuk berbagi foto dan video yang dilengkapi beberapa fitur populer.

Tidak hanya populer lagi, hampir orang dari berbagai kalangan menggunakan Instagram dengan berbagai macam tujuan. Mulai dari sebagai media hiburan, motivasi, hingga bisnis.

Aplikasi ini juga telah tersedia di iPhone maupun Android sehingga banyak orang dapat mengunggah foto atau video dengan mudah. Para pengguna juga bisa mengakses Instagram di mana saja dan kapan saja asal terhubung ke internet.

Selain berbagi foto maupun video, pengguna juga dapat melihat, mengomentari, dan menyukai postingan yang dibagikan oleh teman-teman mereka di Instagram.

Namun tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula.

Bagi yang tertarik mencobanya, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram berikut ini :

1. Membuat sponsored post

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang pertama adalah mendapatkan sponsor untuk konten gambar atau video yang diunggah. Membuat sponsored post adalah cara utama paling efektif bagi pengguna Instagram untuk bisa mendapatkan uang dari akun media sosial.

Sebagai contoh, jika bekerja sama dengan salah satu perusahaan perlengkapan rumah tertentu, berarti harus membuat sponsored post yang menyertakan produk mereka di dalam gambar atau penjelasan di dalam caption.

“Lalu, bagaimana mendapatkan sponsored post di Instagram?”

Umumnya, memang perusahaan-perusahaan yang akan menghubungi untuk membuat konten promosi tentang produk mereka. Tetapi tidak ada salahnya, jika  yang memulainya terlebih dahulu dengan beberapa tips berikut :

  • Cari layanan

Lakukan penawaran ke perusahaan yang mungkin membutuhkan jasa promosi dengan menggunakan konten. Sebelum menawarkannya, pastikan bahwa konten yang dibuat memiliki topik atau tema yang sama dengan perusahaan tersebut.

  • Buatlah konten yang otentik

Kemudian pastikan juga bahwa konten yang dibuat untuk dipromosikan bisa memberikan kepercayaan kepada banyak orang. Sehingga mereka tergerak untuk merekomendasikannya lagi kepada orang lain.

Ingatlah bahwa sponsored post ini juga memiliki standar kebenaran yang sama dengan periklanan lainnya. Selain itu, pastikan untuk menyertakan deskripsi lengkap pada setiap sponsored post.

2. Mengubah akun Instagram jadi business account

Selanjutnya, cara mendapatkan uang dari Instagram juga bisa dengan ubah status akun Instagram menjadi business account Ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram dengan mudah karena dapat membantu mengembangkan bisnis.

Sebelum fitur Instagram business account ini diluncurkan, satu-satunya cara agar followers bisa melihat produk-produk yang dijual hanya dengan klik tautan situs web di profil akun pribadi.

Namun, kini bisa menjadi lebih mudah karena kehadiran business account, sehingga tombol kontak sudah secara otomatis muncul di profil.

Cara tersebut ternyata mempermudah para pengguna Instagram untuk menghubungi. Mereka bisa mengirim email, melakukan panggilan telepon, mengirim pesan SMS, bahkan mencari lokasi toko. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan hashtag dan gambar yang relevan dengan bisnis.

Selain itu juga harus bisa mengoptimalkan penggunaan business account di Instagram dengan mengunggah konten foto atau video berkualitas tinggi dan membuat hashtag unik agar bisa menjadi pembeda bisnis dengan kompetitor.

Umumnya, ketika menjalankan sebuah bisnis perlu melakukan riset pasar. Namun, dengan business account ini, bisa lebih mudah mempelajari target audiens melalui fitur Instagram Insight.

Sederhananya, dengan fitur Instagram Insight tersebut bisa melihat berapa banyak audiens yang tertarik pada postingan konten, serta statistik tentang rentang usia hingga jenis kelamin.

3. Menjual barang preloved

Tidak hanya menjual produk baru juga bisa tawarkan berbagai macam pakaian dan aksesoris preloved tau barang bekas yang masih memiliki kualitas cukup baik. Ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal.

Cara memulai bisnis ini di Instagram pun cukup mudah bisa mengunggah foto-foto pakaian yang menarik dan berikan keterangan di deskripsi secara rinci.

Keterangan yang perlu ditulis di bagian caption seperti merek, ukuran, kondisi, dan lama pemakaian pada setiap item. Apabila ingin menjual satu item secara khusus, tautkan di bio Instagram.

4. Menggunakan fitur Badges

Badges merupakan fitur terbaru dari aplikasi Instagram di mana para pengguna dapat membayar dan mendukung content creator saat sedang melakukan Instagram Live.

Bagi yang tertarik dengan cara ini, nantinya pihak Instagram akan mengizinkan content creator yang telah memenuhi syarat di platform untuk mengajukan fitur baru tersebut. Apabila sudah diterima atau mendapatkan izin, penonton atau followers bisa membeli Badges selama streaming secara langsung.

Badges sendiri tersedia dalam tiga level berbeda yaitu seharga 0.99 dolar AS atau setara 14.058, 1.99 dolar AS setara Rp28.259, dan 4.99 dolar AS setara Rp70.862.

5. Monetisasi video dengan menggunakan Instagram Ads

Cara mendapatkan uang dari Instagram lainnya yaitu bekerja sama dengan merek atau brand tertentu membuat video untuk iklan menggunakan Instagram Ads. Bisa buka pengaturan akun creator dan aktifkan opsi monetisasi untuk iklan video in-stream. Kemudian, posting video seperti biasa.

Jumlah yang diperoleh bergantung pada jumlah viewers video. Maka akan menerima 55 persen dari pendapatan yang dihasilkan per view dan pembayaran dikeluarkan setiap bulan.

Namun tidak akan mendapatkan bayaran apabila video tidak memenuhi persyaratan. Misalnya, durasi video kurang dari minimal 2 menit. Jadi, Instagram hanya merekomendasikan untuk video dengan durasi 2 hingga 4 menit saja.

6. Membuka jasa admin untuk kelola akun instagram

Penggunaan media sosial saat ini memang sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah bisnis. Pasalnya melalui media sosial seperti Instagram banyak pelaku bisnis lebih mudah memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan yang dijual.

Oleh sebab itulah, akun instagram untuk bisnis sangat perlu dikelola dengan serius. Namun, sayangnya belum banyak orang yang mampu melakukan hal tersebut dengan baik. Melihat kondisi seperti itu, menjadi seorang admin adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula.

Bagi yang memiliki keahlian di bidang media sosial, bisa coba tawarkan jasa admin Instagram untuk pebisnis yang membutuhkannya.

Umumnya, memang masih banyak sekali bisnis-bisnis kecil saat ini mengalami kendala karena keterbatasan mereka dalam mengelola Instagram. Apalagi melonjaknya order bisnis, terkadang menimbulkan kesulitan mengurus penjualan produk sekaligus promosi secara bersamaan.

7. Membuka jasa titip

Membuka jasa titip bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram paling tepat khusus bagi yang hobi berjalan-jalan ke luar negeri atau melihat-lihat barang di toko.

Membuka jasa titip atau yang lebih dikenal sebagai jastip ini berarti membantu para konsumen untuk membelikan produk sesuai permintaan atau titipan.

Cara memulainya pun cukup mudah, foto beberapa produk di toko tertentu dan kemudian tawarkan kepada followers di Instagram.

Apabila banyak calon konsumen yang tertarik bisa membeli produk tersebut untuk mereka. Dalam menjalankan bisnis ini perlu tahu bahwa harga yang tawarkan ke konsumen juga harus mencakup biaya jasa.

Walaupun memang barang yang dibeli dari jastip akan lebih mahal. Namun, konsumen tetap menginginkannya karena selain lebih praktis, biasanya biaya jasa yang diminta juga tidak terlalu tinggi. Selain itu juga tidak perlu mengantri lama di toko hingga berebutan dengan orang lain.

8. Membuat video review produk

Membuat video review produk tertentu. Namun, sebelum memulai bisnis Instagram yang satu ini ada baiknya melakukan riset untuk mengetahui review atau ulasan produk dari orang lain. Hal ini bertujuan agar tidak salah memilih produk dan bisa memberikan rekomendasi tepat untuk audiens.

Adanya review produk ini ternyata dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan transaksi. Dengan begitu, jadi seorang product reviewer adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram yang juga menguntungkan.

Melakukan pekerjaan product reviewer sendiri cukup melakukan review produk-produk yang disukai. Kemudian, jika mampu melakukannya dengan baik dan menarik perhatian banyak konsumen, ada kemungkinan perusahaan produk tersebut mau melakukan kerja sama lebih lanjut

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

13 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

15 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago