HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengatasi Err_Connection_Closed Google Chrome

Apakah kalian pernah mengalami error err_connection_closed pada Google Chrome ? Meski terdengar rumit,cara mengatasi error ini sangat mudah.

Umumnya, error err_connection_closed pada Google Chrome terjadi ketika browser gagal melakukan data transfer saat mencoba untuk mengakses sebuah website.Pada artikel ini,kita akan membahas secara lengkap penyebab dari error err_connection_closed yang ada di Google Chrome dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Apa Itu Err_Connection_Closed ?

Err_Connection_Closed pada browser Chrome akan muncul apabila setiap kali server situs web yang pengguna coba akses sementara tidak tersedia,dipindahkan secara permanen atau tidak dapat memproses permintaan informasi.

Penyebab Err_Connection_Closed

Err_connection_closed akan memberitahu pengguna bahwa koneksi browser ke website yang ingin dikunjungi terganggu karena berbagai hal.Alasan yang menyebabkan koneksi terganggu berbeda-beda.Mulai dari koneksi ISP yang sedang down, masalah koneksi proxy dan VPN,hingga masalah cache browser yang rusak.

Alasan itulah yang dapat membuat proses transfer data antara website dan browser tidak berjalan lancar,sehingga menyebabkan err_connection_closed pun terjadi.

Cara Mengatasi Err_Connection_Closed 

Banyak faktor yang dapat menjadi alasan di belakang error err_connection_closed,namun cara mengatasi error ini pun akan tergantung pada penyebabnya.

Berikut ini merupakan beberapa cara mudah dan cepat mengatasi error err_connection_closed yang dapat dicoba :

Mengecek Koneksi Internet

Pastikan dahulu kalian untuk memeriksa koneksi internet.Terkadang,penyebab dari Err_Connection_Closed yakni koneksi yang tidak stabil dari penyedia layanan internet (ISP) kalian.Mungkin koneksi memang sedang lambat atau perangkat kalian tidak terhubung ke internet.Untuk mengecek koneksi internet,kalian dapat mencoba untuk mengakses website lainnya dan melihat apakah koneksi internet kalian akan terhubung.Tentu kalian juga dapat cek koneksi internet melalui ikon WiFi pada perangkat kalian.

Pada komputer Windows : saat perangkat Windows milik kalian terhubung ke internet,ikon WiFi yang ada pada system tray komputer akan menunjukan status “connected, secured.” Namun jika koneksi ISP kalian sedang down atau mengalami masalah lainnya,status WiFi tersebut akan berubah menjadi “connected, no internet.

Jika perangkat sudah terhubung ke Internet Service Provider,namun tetap tidak mendapatkan koneksi,lakukan restart router dan reconnect perangkat kalian beberapa menit setelahnya.Apabila error err_connection_closed masih saja terjadi setelah melakukan restart router,kalian dapat mencoba cara lain.

Membersihkan Riwayat Penelusuran

Pengguna dapat memulai dengan menghapus riwayat penjelajahan dan cache Chrome di komputer,untuk mengesampingkan kemungkinan masalah ini terkait dengan cache browser yang sudah usang.

Klik ikon menu 3-titik Chrome yang terletak di sudut kanan atas layar,kemudian klik pada Alat Lainnya> Hapus Data Perambanan pilihan dari menu tarik-turun.Pada layar berikutnya,hapus Riwayat Penjelajahan,Cookie,dan Gambar dalam Tembolok dengan klik tombol Hapus Data.Pengguna dapat mencoba akses halaman web dan lihat apakah kesalahannya sudah teratasi atau belum.

Menonaktifkan Proxy Dan VPN

Proxy server dan VPN (virtual private network) merupakan 2 alat yang membuat pengguna dapat berselancar di Internet dengan lebih aman.Proxy Server dan VPN ini,melindungi data pribadi user dan juga memungkinkan user untuk mengakses website dan konten yang masuk pada blacklist ISP yang digunakan.Namun,dua alat ini juga bisa mempengaruhi proses data transfer yang terjadi saat pengguna berselancar di Internet dan menyebabkan err_connection_closed.

Karena itu,menonaktifkan proxy dan VPN juga mungkin bisa mengatasi error err_connection_closed yang terjadi pada proses data transfer.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan Proxy dan VPN pada Google Chrome :

  • Buka menu titik tiga vertikal yang ada pada bagian kanan atas Chrome>Settings.
  • Pilih menu System di bawah Advanced.Di halaman selanjutnya,buka menu Open  proxy settings.

  • Pengguna akan dibawa ke halaman pengaturan perangkat yang digunakan.
  • Cari menu Use a proxy server dan matikan toggle on & off yang berada pada menu tersebut.

Sedangkan untuk mematikan VPN yang terpasang sebagai ekstensi Chrome,kalian hanya perlu membuka ikon puzzle pada bagian kanan browser>Remove from Chrome.

Flush DNS Cache 

DNS (domain name system) pada perangkat merupakan sebuah sistem yang mengubah alamat domain website menjadi alamat IP.Alamat IP ini yang digunakan komputer untuk membaca dan menemukan website yang ada pada alamat domain tersebut.

Saat kalian membuka sebuah website,DNS dan  browser akan menyimpan cache yang memungkinkan perangkat tersebut untuk loading lebih cepat lain kali.Terkadang,cache yang tersimpan pada sistem DNS inilah yang menyebabkan error err_connection_closed terjadi.Namun tidak perlu risau,Flushing DNA bukan hal yang rumit.

Melakukan Update Google Chrome

Error err_connection_closed juga dapat disebabkan saat kalian tidak menggunakan versi terbaru dari Google Chrome saat browsing di internet.Versi Chrome yang outdated memang bisa menyebabkan masalah pada proses data transfer website dan browser saat digunakan.

Google Chrome versi lama dapat menyebabkan pengguna terputus dari koneksi internet,belum lagi,versi lama juga lebih rentan terhadap malware dan virus.Untuk mengatasinya pengguna harus selalu memastikan bahwa versi Chrome yang kalian gunakan adalah versi paling baru dan dapat melakukannya melalui URL berikut ini : chrome://settings/help

Mereset Chrome Settings

Bagaimana jika versi chrome yang digunakan sudah up to date namun err_connection_closed masih tetap muncul. Maka,pengguna dapat mencoba untuk melakukan reset pada pengaturan default Chrome kalian melalui fitur menu browser> Settings.Lalu tekan menu Advanced dan cari menu Reset and Clean-Up.Di halaman selanjutnya,tekan pilihan Restore settings to their original default>Reset settings.

Harus diingat bahwa cara ini mengembalikan semua konfigurasi browser Chrome kalian ke kondisi awal.Maka kalian harus menyimpan konfigurasi yang penting sebelum melakukannya.

Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

6 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

10 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago