HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Dia Cara Mengatasi Bahayanya Apabila Terserang Virtex

Laju perkembangan teknologi saat ini juga berbanding lurus dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi tersebut. Sebut saja smartphone, atau lebih mudahnya disebut Android bagi kebanyakan orang, kini digunakan di banyak lapisan masyarakat. Tahukah Anda kalau smartphone Anda bisa terjangkit virus? Salah satu virus yang dapat menyerang perangkat ini adalah Virtex.

Virtex adalah virus yang menyerang aplikasi dan dapat menyebabkan lag atau frozen, dan masalah lainnya pada smartphone anda. Bahkan jenis Virtex yang paling berbahaya pun bisa menyebabkan error total. Wah tentunya harus lebih hati-hati ya?

Lalu, bagaimana sebenarnya virus ini bisa menginfeksi smartphone? Apa itu Virtex yang sebenarnya? Apa saja contoh Virtex dan bagaimana cara mengatasi Virtex? Yuk simak artikel ini lebih lanjut!

Pengertian Virtex

Apa itu Virtex? Jika Anda jarang menjumpai istilah ini dan ingin tahu lebih banyak, Anda mungkin tertarik untuk terus membaca artikel ini.

Virtex merupakan salah satu jenis virus yang dapat menginfeksi smartphone anda. Virus ini menyerang aplikasi yang terinstal di smartphone Anda. Tentu saja, seperti virus komputer yang sudah terkenal, Virtex juga berdampak buruk pada kinerja smartphone Anda.

Oh iya, Virtex itu singkatan dari Virus Text. Namanya menggambarkan cara kerja virus ini, yakni cara menyebarkan pengaruhnya melalui teks. Penyebarannya tidak tergantung pada jenis smartphone yang digunakan. Sesiapa yang telah mendapatkan Virtex kemungkinan terbesar terkena virus jenis ini.

Apa Saja Contoh Virtex dan Jenisnya?

Contoh Virtex adalah yang menyebarkan dan menginfeksi aplikasi WhatsApp. Virtex dikenal sebagai virus yang menyerang melalui WhatsApp. Hal ini masuk akal karena aplikasi ini didasarkan pada pesan teks yang mewakili “identitas” Virtex itu sendiri. Penyebar virus ini biasanya mengirimkan pesan ke alamat WhatsApp korbannya.

Pesan teks ini berisi banyak karakter panjang. Selain itu, pesan ini juga berisi simbol-simbol unik yang sulit dibaca oleh penerimanya. Biasanya, segera setelah menerima dan membaca pesan ini, akses WhatsApp menjadi sulit dan terjadi masalah. Jika sudah demikian maka Virtex akan melancarkan serangan pada aplikasi WhatsApp.

Ada banyak jenis Virtex yang dapat diklasifikasikan berdasarkan efek yang ditimbulkannya. Jenis Virtex antara lain virtex easy, medium virtex, dan virtex ganas.

Virtex Easy

Jika Virtex menyerang Anda dalam bentuk lag atau frozen (biasanya bersifat sementara), kemungkinan besar virus yang menyerang smartphone Anda adalah Virtex Easy. Ini merupakan jenis Virtex yang mempunyai efek ringan dan pada dasarnya tidak memberikan efek besar.

Medium Virtex

Tipe lain dari Virtex adalah Medium Virtex. Virtex berukuran sedang ini ditandai dengan sekitar 60.000 huruf atau simbol. Virtex jenis ini dapat mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp bahkan mungkin ditutup secara paksa (force close).

Virtex ganas

Virtex Malicious Jenis Virtex yang terakhir adalah Virtex ganas. Virtex merupakan virus yang berbahaya untuk smartphone, dan Virtex ganas ini merupakan jenis yang paling berbahaya.

Virus ini tidak hanya dapat merusak aplikasi WhatsApp (sebagai media distribusinya) dan mempengaruhi kinerjanya, tetapi juga dapat mempengaruhi dan menginfeksi aplikasi lain, dan pada tingkat yang paling berbahaya bahkan dapat merusak sistem operasi smartphone Anda. Virtex biasanya dikirimkan dengan lebih dari 60.000 karakter dan simbol.

Apakah Virtex Berbahaya?

Pada dasarnya virus adalah sesuatu yang berdampak buruk pada pagi hari korbannya. Misalnya saja di komputer, virus memberikan dampak negatif bagi korbannya.

Virtex merupakan virus smartphone yang tingkat ancamannya sebanding dengan jenis-jenis yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, Virtex tidak memberikan dampak negatif pada perangkat yang diserang dan dapat dianggap sehat. Namun, jika Virtex berbahaya menyerang smartphone Anda, jangan anggap enteng. Hal ini bisa sangat berbahaya jika mempengaruhi aplikasi lain atau menyerang sistem operasi smartphone.

Cara Mengatasi Virtex

Tentu saja semua masalah bisa dicegah sebelum terjadi. Tapi kalaupun itu terjadi, harus ada cara untuk mengatasinya. Begitu pula dengan virus, khususnya Virtex.

Pelajari cara menghindari Virtex dan menghadapinya. Di bawah ini Anda akan menemukan tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil dan apa yang harus dilakukan terhadap Virtex jika Anda “sial” menjadi korbannya.

Cara Menghindari Virtex

1. Hindari menyebarkan nomor Whatsapp anda sembarangan

Kami menyarankan Anda hanya membagikan nomor WhatsApp Anda kepada orang yang Anda kenal atau minati. Tidak penting membagikan nomor WhatsApp Anda atau menyimpannya kepada orang asing.

Jika Anda seorang pebisnis yang ingin memiliki banyak kontak (misalnya mencari prospek), untuk menghindari efek terburuk dari Virtex, Anda harus memiliki WhatsApp khusus dan perangkat khusus yang terpisah dari perangkat pribadi Anda.

2. Jangan asal buka pesan dari nomor tak dikenal

Biasanya notifikasi pesan WhatsApp muncul di smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap Virtex. Anda akan melihat highlight text yang ditampilkan oleh pengirim pesan WhatsApp.

Jika Anda melihat nomor yang tidak dikenal, atau jika Anda mengetahui nomor tersebut tetapi berisi pesan yang tidak jelas (banyak karakter dan simbol acak), curigalah dan hindari membukanya atau Anda mungkin perlu menghapus pesan tersebut.

Inilah yang Harus Dilakukan Jika Terinfeksi

Virtex adalah virus yang Anda tidak ingin menyerang perangkat Anda. Meskipun Anda sudah berhati-hati, namun terkadang virus ini masih bisa menyerang Anda. Berikut beberapa cara mengatasi Virtex jika pertahanan kalian jebol.

1. Hapus pesan dari pengirim virtex

Cara termudah adalah dengan menghapus pesan yang mengandung Virtex. Jika Anda melihat tanda-tanda bahwa ponsel cerdas Anda terinfeksi Virtex, Anda harus memeriksa beberapa pesan di WhatsApp. Jika Anda menemukan pesan dengan ciri-ciri virus ini, sebaiknya segera hapus

2. Hapus data aplikasi Whatsapp 

Selain menghapus pesan yang mengandung Virtex, cara lain untuk mengatasi aplikasi serangan Virtex adalah dengan menghapus data yang ada di dalam aplikasi. Untuk melakukan ini, periksa pengaturan smartphone Anda, menu yang mengontrol eksekusi aplikasi pada smartphone Anda, dan hapus data Anda. Dalam situasi sulit, kami menyarankan untuk melakukan uninstal dan menginstal ulang aplikasi.

Harap Waspada Terhadap Virtex

Berbagai jenis virus saat ini banyak terdapat pada teknologi perangkat pintar. Jika Anda sudah familiar dengan berbagai jenis virus yang ada di komputer Anda, maka memang ada virus yang bisa menyerang smartphone Anda. Salah satu virus ini biasa disebut dengan Virtex. Apa itu Virtex?

Virtex adalah singkatan dari Virus Text. Namanya saja sudah menggambarkan cara kerja virus ini. Ini berarti menyebarkan pengaruh melalui teks, biasanya melalui pesan teks WhatsApp. Virtex merupakan salah satu jenis virus yang dapat menginfeksi smartphone anda. Virus ini menyerang aplikasi yang terinstal di smartphone.

Untuk menghindari virus ini, hindari dulu menyebarkan nomor WhatsApp Anda secara sembarangan dan hindari membuka pesan dari orang yang tidak Anda kenal. Cara Mengatasi Virtex jika Virtex sudah terlanjur menyerang, Anda bisa langsung menghapus pesan tersebut, namun mungkin juga perlu menghapus data di dalam aplikasi. Tetap berhati-hati dengan Virtex ini ya!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago