HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Bermasalah

Akun Shopee yang bermasalah, entah karena dibatasi, terblokir, atau lupa password cara mengembalikan akun Shopee sangatlah mudah. Jangan langsung panik karena bisa mengetahui cara memulihkannya lewat pembahasan di bawah ini.

Meskipun Shopee dikenal sebagai e-commerce terbesar di Asia, permasalahan yang disebabkan oleh sistem pasti terjadi. Permasalahan itu bisa menyebabkan akun pengguna tiba-tiba hilang, terblokir, atau bahkan membuat layanan Shopee down.

Alhasil jadi tidak bisa menggunakan Shopee buat belanja, order Shopee Food, menukar koin Shopee, atau bahkan mentransfer ShopeePay ke Dana.

Penyebab Akun Shopee Hilang

Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan akun Shopee hilang atau nonaktif oleh sistem Shopee. Biasanya ada peringatan “Akun Anda sedang ditinjau”.

Namun dalam beberapa kasus, akun memang benar-benar hilang dan tidak bisa Login.

1. Penggunaan Emulator/Simulator

Ketika ingin menjadikan PC bisa menjadi Android, maka perlu emulator. Ternyata, hal itu tidaklah diperkenankan oleh sistem Marketplace khusunya Shopee. Karena bisa diindikasikan sebagai sebuah pelanggaran.

Meskipun merasa tidak ingin berbuat curang ataupun melakukan order palsu, membuka Shopee lewat Emulator PC tetaplah tidak boleh dilakukan.

2. Terlalu Banyak Akun Shopee

Sebab kedua adalah memiliki banyak akun. Secara logika, banyak akun diindikasikan bisa melakukan order palsu. Sehingga, orang yang memiliki banyak akun bisa saja menyebabkan akun Shopee di Non-aktifkan permanen.

Karena tindakan ini memang menyalahi aturan Marketplace Shopee. Sehingga, mau tidak mau harus menghindari hal tersebut, dengan alasan apapun.

3. Melakukan Kecurangan Transaksi

Melakukan kecurangan transaksi merupakan tindakan yang dilarang oleh Shopee seperti yang tertulis di Terms & Condition Shopee. Entah melakukan transaksi palsu ataupun membuat orderan palsu (Fake order). Sistem di dalam Marketplace Shopee sudah canggih, sehingga bisa mendeteksi hal-hal semacam itu.

Maka dari itu, pastikan untuk menghindari segala bentuk kecurangan agar akun yang dimiliki tetap aman dan tidak hilang.

4. Akun Shopee Dicuri

Penyebab akun Shopee hilang lainnya yakni pencurian akun Shopee. Beberapa modus pencurian akun semakin bertambah. Sebelumnya saya sudah merangkum 10 modus pencurian akun Shopee yang bisa dibaca agar lebih waspada.

Bisa menghindari pencurian akun dengan cara mengamankan data akun dan data Login serta mengganti password Shopee secara berkala.

5. Akun Shopee Lupa Data Login

Kehilangan akun Shopee juga bisa disebabkan oleh hilangnya data Login yang dibutuhkan untuk masuk akun Shopee seperti username, email dan password. Harus menyimpan data Login ini dicatatan ponsel agar data Login tidak lupa atau hilang jika tidak dibuka dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Sempat Hilang

Masalah akun Shopee yang sempat hilang akhir-akhir ini sedang ramai dibahas warganet. Usut punya usut, ternyata ada salah satu pengguna Shopee yang melaporkan bahwa akunnya tiba-tiba hilang.

Padahal, akun tersebut tidak pernah di-log out sama sekali. Tahu-tahu akun si pelapor hilang begitu saja. Untung saja admin Twitter Shopee responsif sehingga permasalahan langsung diatasi. Namun, daripada langsung mencuitkan sesuatu di media sosial, sebetulnya ada cara yang bisa lakukan sendiri buat mengatasi masalah itu.

Berikut merupakan cara mengembalikan akun shopee yang hilang, yaitu :

  1. Login menggunakan akun media sosial yang terhubung dengan akun Shopee. Dengan menautkan akun Shopee ke sosmed, pemulihan akun jadi mudah diatasi.
  2. Tunggu beberapa saat sampai akun benar-benar masuk.
  3. Jika gagal, coba cek apakah sosmed yang digunakan sudah login di HP atau belum.
  4. Setelah dipastikan, login kembali agar bisa langsung masuk ke akun Shopee.

Selain cara di atas juga bisa mengatasi masalah itu dengan cara melapor ke Customer Service Shopee di support@Shopee.co.id atau help@support.Shoppe.co.id. Lalu, ikut cara berikut ini :

  1. Buka email.
  2. Tuliskan masalah yang dialami di badan email secara rinci.
  3. Lampirkan informasi akun, mulai dari username dan password.
  4. Lampirkan data diri berupa foto KTP di email tersebut.
  5. Isi judul email berdasarkan masalah yang dialami. Misalnya “Gagal Login di Aplikasi Shopee” atau “Akun Shopee Tiba-Tiba Hilang”.
  6. Lalu, kirim ke alamat email CS Shopee.
  7. Selesai.

Email bakalan langsung dijawab oleh pihak terkait. Adapun waktu tunggu pemulihan bisa sampai 3×24 jam. Jika dirasa terlalu lama bisa langsung menghubungi call center Shopee Indonesia di nomor panggilan 1500-702 atau di nomor 08001500702.

Ceritakan semua masalah dan kendala yang dialami kepada petugas secara detail. Namun, ingat, karena ini panggilan telepon harus pastikan bahwa pulsa telepon cukup buat menelepon call center.

Cara Memulihkan Akun Shopee yang Keluar Sendiri

Pernah mengalami masalah ingin membatalkan pesanan Shopee, tapi pas buka aplikasi Shopee ternyata akun Shopee tersebut keluar sendiri tanpa logout. Memang kadang hal itu dialami oleh sebagian pengguna. Harusnya bisa langsung menggunakan Shopee, malah jadi harus login lagi.

Jika mengalami hal seperti yang diceritakan barusan bisa mengatasi masalah akun Shopee yang keluar sendiri. Caranya juga gampang banget. Tinggal lakukan langkah-langkah login Shopee seperti biasa. Jika bingung, simak cara di bawah ini :

  1. Buka kembali akun Shopee di perangkat.
  2. Masukkan username dan password.
  3. Atau masuk menggunakan media sosial atau Gmail biar lebih cepat.
  4. Selesai.

Cara Mengembalikan Akun yang Lupa Password

Masalah lupa password lumrah terjadi. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena tidak pernah mengeluarkan akun alias auto login. Jadinya tidak ingat sama sekali sama password yang dibuat saat mendaftar. Syukur-syukur kalau semua password di sosmed atau e-commerce yang digunakan sama, jadi tidak effort buat menghafal.

Lalu, bagaimana jika semua akun yang didaftarkan ternyata beda? Pasti sulit banget buat mengingatnya.

Nah, jika sedang mengalami masalah lupa password Shopee dan bertanya-tanya tentang “Bagaimana cara membuka akun Shopee yang lupa password tersebut?”, gampang banget.

Berikut merupakan cara mengembalikan akun shopee yang lupa password, yaitu :

  1. Buka akun Shopee di perangkat.
  2. Klik login dan pilih menu “Lupa Kata Sandi” (Forgot Password) yang ada di bagian bawah.
  3. Masukkan data pemulihan yang diinginkan. Apakah melalui email atau nomor telepon. Jika menggunakan email, pihak Shopee akan mengirimkan link pergantian password ke Kotak Masuk email. Namun, jika menggunakan nomor HP akan menerima kode verifikasi melalui SMS.
  4. Jika sudah memilih, masukkan kode akses untuk pemulihan akun Shopee.
  5. Lalu, ubah password sesuai yang diinginkan.
  6. Selesai.

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Dibatasi

Selain masalah di atas, masalah akun Shopee yang tiba-tiba dibatasi juga pernah dialami oleh sebagian orang. Penyebabnya beragam, mulai dari adanya dugaan spam, menggandakan akun, hingga adanya dugaan dari Shopee kalau akun ingin diretas orang lain, jadi langsung dibatasi oleh Shopee.

Untuk memulihkan akun yang tiba-tiba dibatasi tersebut bisa dilakukan dengan mengajukan banding. Bisa naik banding agar akun bisa kembali.

Berikut merupakan cara mengembalikan akun shopee yang dibatasi, yaitu :

  1. Siapkan dahulu dokumen seperti KTP, izin usaha, bukti produk, dan surat pernyataan.
  2. Apabila semua dokumen sudah terkumpul, kunjungi laman pengajuan.
  3. Ikuti instruksi di halaman tersebut.
  4. Setelah pengajuan berhasil tunggulah beberapa saat sampai menerima email konfirmasi.

Sebagai informasi, naik banding hanya bisa dilakukan bagi akun Shopee yang dibatasi belum lebih dari 30 hari. Apabila sudah lebih, maka tidak bisa melakukannya. Selain itu, jika banding di tahap pertama gagal tidak bisa mengajukan lagi. Akun akan langsung ditutup secara permanen.

Memulihkan Akun Shopee yang Terblokir

Masalah pemeliharaan sistem Shopee juga terkadang bisa menyebabkan akun Shopee pengguna tiba-tiba terblokir. Jika hal itu menimpa bisa melakukan cara ampuh untuk mengatasi akun Shopee yang keblokir dengan cara langsung menghubungi Customer Representative Shopee.

Bisa menjangkau CS Shopee melalui email, DM di Twitter, atau langsung telepon layanan berbayar di nomor 1500-702 atau 08001500702. Ceritakan secara detail dan sopan tentang permasalahan yang kamu alami.

Lalu, pihak yang bertugas akan mengirimkan email. Setelah itu akan diminta untuk melampirkan beberapa berkas pendukung, seperti tangkapan layar akun yang terblokir dan KTP.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago