HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Rekaman dari Rumah dengan Mudah 2022

Cara rekaman dari rumah jadi salah satu alternatif bagi yang memiliki banyak ide musik atau materi lagu, tapi tak bisa menyewa studio. Jangan biarkan kreativitas terbentur oleh keterbatasan tersebut. Tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk menyewa studio rekaman, terlebih mengingat prosesnya yang cukup panjang. Alih-alih berhenti berkarya dan menyerah, kondisi ini bisa menjadi lebih kreatif.

Berkat kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi, menciptakan studio rekaman di rumah sendiri bukanlah hal mustahil. Tidak melulu soal peralatan studio rekaman profesional, selain itu juga bisa memanfaatkan perangkat sekitar.

Peralatan Rekaman dari Rumah

Meski dilakukan di rumah dan bukan di studio rekaman profesional akan tetapi tetap membutuhkan peralatan home recording. Jangan khawatir, karena alat yang dibutuhkan tentunya tidak harus sama dengan yang ada di studio.

Bisa membangun studio rekaman sederhana memanfaatkan komputer, laptop, bahkan gawai. Berikut hal diperlukan untuk rekaman dan mudah di rumah :

1. Ruangan atau Kamar

Langkah pertama adalah harus memastikan bahwa tersedia ruangan kosong atau setidaknya kamar pribadi yang bisa dipakai. Jangan lupa juga untuk memasang peredam suara pada ruangan agar suara tidak bocor.

2. Komputer atau Laptop

Membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang memadai seperti kecepatan prosesor dan kapasitas memori mumpuni. Pasalnya, software atau aplikasi rekaman lagu umumnya membutuhkan cukup banyak sumber daya perangkat.

Baik perangkat berbasis Windows maupun Mac sama-sama bisa manfaatkan untuk mengolah rekaman di rumah. Rata-rata, perangkat berbasis Windows lebih sering dipilih karena lebih mudah melakukan upgrade sound card.

3. Audio Interface

Audio Interface adalah hardware yang dapat digunakan untuk merekam lagu. Audio Interface pun banyak jenisnya, tetapi dalam hal ini, saya merekomendasikan untuk menggunakan Focusrite Scarlett karena lebih mudah digunakan untuk pemula. Menghubungkan Audio Interface dan laptop atau komputer pun juga terbilang mudah dan tidak sulit alias tinggal colok saja.

4. Software Recording

Aplikasi atau software adalah komponen penting yang harus terpasang pada perangkat. Bisa mendapatkan software ini sesuai dengan biaya yang dimiliki. Jika ingin mengemat anggaran, bisa menggunakan software rekaman dengan lisensi freeware atau shareware. Audacity dan GarageBand merupakan dua software paling populer dan banyak digunakan.

5. Aplikasi Audio Mixer

Sama halnya dengan software untuk recording audio, selain itu juga membutuhkan aplikasi untuk melakukan proses mixing-nya. Aplikasi audio mixer gratis maupun berbayar seperti Adobe Audition, Audacity, Abletion Live, Reaper, Cubase tersedia untuk digunakan.

6. Headphone atau Mikrofon

Headphone bisa menjadi pengganti speaker monitor sebagai alat untuk mendengarkan musik hasil mixing dan editing. Headphone berguna untuk mengurangi rekaman yang bocor atau menjadi guide saat rekaman.

Sementara mikrofon, tentunya sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat untuk melakukan perekaman. Idealnya memiliki beberapa jenis mikrofon dengan karakter berbeda untuk membumbui hasil rekaman.

Cara Merekam Musik di Rumah

Setelah set ruangan studio rekaman versi rumahan rampung dan alat-alat yang dibutuhkan sudah tersedia, sekarang saatnya mulai melakukan rekaman. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk merekam dari rumah.

  • Pastikan komputer memiliki cukup RAM untuk menjalankan program.
  • Siapkan perangkat untuk instrumen yang ingin direkam.
  • Sambungkan (misal gitar) ke amplifier seperti biasa.
  • Lakukan penyesuaian di aplikasi perekaman untuk mendeteksi instrumen yang terhubung.
  • Jika terdapat lirik, lakukan perekaman suara.
  • Setelah selesai, salin file hasil rekaman ke komputer.
  • Naikkan atau turunkan volume vokal sesuai dengan keinginan.
  • Simpan hasil final rekaman atau lagu.

Cara Rekaman Lagu di HP Lewat Aplikasi

Jika menginginkan cara lebih praktis yang tidak memerlukan studio rumahan untuk merekam, kamu juga biasa memanfaatkan perangkat HP. Caranya yaitu dengan berbagai aplikasi yang bisa diunduh gratis pada HP kamu.

Namun, tentunya cara ini tidak akan menghasilkan rekaman yang lebih baik kualitasnya dari studio rumahan. Jika hobi meng-cover lagu-lagu hits, deretan aplikasi ini layak untuk dicoba.

  • FL Studio Mobile.
  • Music Maker Jam.
  • Audio Evolution Mobile Studio.
  • SunVox.
  • Hi-Q MP3 Voice Recorder.

Cara Merekam Suara Sambil Memutar Musik

Untuk bisa melakukan hal ini membutuhkan aplikasi tambahan, seperti WaveEditor. Aplikasi ini memungkinkan untuk tetap bisa merekam suara meskipun sedang memutar musik di Android. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi WaveEditor.
  • Setelah itu, buka pemutar musik di HP dan pilih atau putar lagu yang diinginkan.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WaveEditor yang sudah didownload sebelumnya.
  • Pada tampilan utama atau halaman beranda aplikasi WaveEditor, silahkan pilih Record » Kemudian Play.
  • Selesai, sekarang berhasil merekam suara sambil memutar musik di Android.
  • Jika  sudah selesai merekam suara, bisa tekan Stop di aplikasinya. Kemudian pilih Keep atau Simpan, setelah itu rekaman akan otomatis tersimpan di HP.
  • Terakhir tinggal mengecek hasil rekaman yang sudah dibuat, untuk tempat penyimpanannya ada di Memori internal » WaveEditor » Recordings.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago