HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Untuk Menambahkan Lokasi Bisnis Di Google Maps

Google Maps

Kalian dapat menemukan tempat baru menggunakan aplikasi Google Maps.Hanya dengan klik opsi tempat yang kalian ingin temukan dalam fitur Explore Nearby.Maps merupakan salah satu produk andalan dari Google yang cukup terkenal di masyarakat karena memudahkan dalam mencari tempat.Maps merupakan layanan web mapping yang dikembangkan oleh Google.

Ada banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dari Google Maps yakni : Pencarian lokasi lengkap dengan rute-rute yang harus dilalui serta estimasi jarak dari lokasi kalian berada menuju tempat yang ingin dituju.Baik estimasi waktu dan jarak dengan berbagai macam kendaraan seperti jarak dan waktu yang ditempuh dengan menggunakan motor,sepeda,mobil,bus,kereta bahkan estimasi jarak jika kalian berjalan kaki.Semuanya disesuaikan dengan letak geografis masing-masing negara.Jika berbicara lokasi di Bali,maka tidak ada rute kereta yang tersedia.Jika berada di Jepang,maka kalian akan sangat jarang menemukan rute untuk motor.Rute yang umum adalah dengan menggunakan bus dan kereta,bahkan ada rekomendasi apakah kalian  mau memilih secara keseluruhan menaiki kereta atau sebagian dengan kereta dan sebagian dengan bus.

Ada pula beberapa pilihan rute untuk beberapa jenis kereta beserta jarak dan estimasi waktu sampai di tujuan.Google Maps juga menyediakan fitur 360° interactive panoramic views of streets (Street View) yang memungkinkan kalian melihat jalan secara 3D dengan gambar yang benar-benar real,tidak lagi hanya mengandalkan foto yang tidak bisa digerakkan.

Adanya fitur ini amat sangat membantu para pencari jalan untuk melihat lokasi disekitar tempat yang ingin dituju,bahkan juga bisa digunakan untuk mencari patokkan jalan.Maps ini dapat menunjukan tingkat kemacetan jalan secara real time yang memungkinkan kalian untuk mencari rute lain jika ingin menghindari kemacetan lalu lintas dan masih banyak lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh Maps yang bisa kalian jelajahi pada aplikasi tersebut.

Seberapa Penting Google Maps Untuk Bisnis ?

Dengan Google Maps benar-benar memudahkan masyarakat dalam menemukan sebuah tempat bahkan jika kalian tidak pernah kesana sekalipun.Ada map yang bergerak secara real time yang bisa menunjukkan posisi kalian,jadi tidak perlu lagi kesusahan membaca peta 2D dan tidak perlu banyak bertanya jalan kepada orang.

Maps memiliki fitur-fitur yang mendukung keeksistensian suatu bisnis.Seperti,kalian bisa menambahkan foto yang terkait dengan bisnis dan tempat kalian serta bisa melengkapi info detail mengenai tempat kalian seperti jam buka,website resmi,nomor telepon dan detail lainnya.Masyarakat juga dapat memberikan kontribusi mereka terhadap tempat bisnis kalian.Misalnya orang-orang yang telah berkunjung ke tempat kalian dapat memberikan review berdasarkan pandangan mereka.Mulai dari komentar,foto dan juga rating berupa bintang.Semakin bagus review dari masyarakat maka akan memberikan dampak positif bagi bisnis kalian yang juga membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap tempat kalian.

Cara Membuat Lokasi Di Google Maps

Dalam usaha untuk meningkatkan kunjungan calon konsumen ke tempat kalian,setidaknya kalian harus mempermudah para calon konsumen untuk menuju tempat kalian. Saat ini jika suatu tempat tidak ditemukan di Maps,maka akan menimbulkan sedikit rasa kecurigaan bagi masyarakat.Apakah tempat bisnis kalian itu benar adanya? juga tidak ada review yang mengulas layanan dari tempat bisnis kalian serta tidak ada gambar yang merepresentasikan mengenai bisnis kalian yang menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat.

Untuk bisa menyisipkan lokasi tempat bisnis kalian di media sosial seperti Instagram,tempat bisnis kalian harus dapat ditemukan di Google Maps terlebih dahulu.Lantas bagaimana cara membuat alamat di google map ?

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat lokasi di Google Maps :

  • Klik Opsi A Missing Place

Pertama, buka apps pada smartphone Anda. Klik garis tiga di sebelah kiri atas yang berada tepat di dalam search box,pilih tambahkan tempat atau pilih add a missing place.

  • Lengkapi Detail

Setelah itu, nanti muncul form yang berisikan nama dan lokasi alamat yang harus diisi kemudian tandai lokasinya di peta dalam Google Maps.Pastikan kalian menaruh titik pada tempat yang tepat.Kemudian tambahkan kategori apakah ini perusahaan, sekolah, bank,tempat makan atau kategori lainnya.Serta lengkapi untuk jam buka, no telepon, situs web dan juga beberapa foto agar saat calon konsumen mencari alamat tempat bisnis kalian ada foto yang mewakili.

  • Klik Tambahkan (Add a Place)

Jika data sudah terisi,scroll kembali ke bagian atas sampai menemukan opsi tambahkan tempat,kemudian klik ikon kirim.Google akan mengirimkan data untuk proses penambahan tempat baru di map.Kemajuan teknologi juga seiring dengan perkembangan cyber crime (kejahatan dunia maya).Ketika kalian ingin mendaftarkan lokasi bisnis pada Maps tapi sudah menemukan alamat bisnis milik kalian sudah didaftarkan orang lain dengan detail yang salah bisa saja orang tersebut ingin melakukan modus penipuan mengatasnamakan lokasi bisnis kalian.Hal ini tentunya tidak baik bagi reputasi bisnis kalian.Beginilah cara untuk mengatasinya :

1.Claim This Business

Buka aplikasi Google Maps pada smartphone dan cari nama bisnis kalian yang dibuat dengan data palsu.Scroll down di bagian ringkasan sampai menemukan opsi “Claim This Business” atau “ kalian Pemilik Business ini ? Klaim Sekarang”.

2.Pengelolaan Bisnis

Selanjutnya kalian akan diminta melakukan pengelolaan terhadap bisnis kalian tersebut, ikuti langkah demi langkah yang muncul.

3.Verifikasi Laporan

Setelah menyelesaikan semua langkah,kalian harus melakukan verifikasi laporan yang membuktikan bahwa kalian merupakan pemilik sebenarnya.Hal ini bisa dilakukan melalui panggilan telepon,email ataupun mengirim surat langsung,kalian juga harus memberikan alamat lengkap jika memilih opsi terakhir.

 

Itulah cara-cara mudah untuk menambahkan lokasi alamat bisnis kalian di Google Maps,semakin cepat kalian menambahkan lokasi maka semakin mudah orang lain menemukan tempat kalian dan menginformasikan tempat bisnis kalian kepada orang lain,melalui metode mouth to mouth ataupun postingan di media sosial.Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

8 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago