HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Classified Ads : Pengertian, Manfaat dan Bedanya dengan Display Ads

Classified ads adalah jenis iklan yang mirip dengan iklan baris, namun bukan muncul di media cetak melainkan di media elektronik. Iklan ini seringkali digunakan oleh para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk mereka.

Apa yang Dimaksud dengan Classified Ads?

Iklan dibagi menjadi dua jenis yaitu berdasarkan isinya dan medianya. Berdasarkan medianya classified ads termasuk dalam iklan internet karena iklan tersebut muncul di internet secara online.

Classified ads memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk mempromosikan produk lewat internet dalam bentuk konten video, teks, grafik, dan banyak bentuk lainnya.

Penjelasan tersebut mungkin terdengar seperti iklan digital pada umumnya, namun classified merupakan iklan yang hanya bisa ditampilkan pada website yang memang khusus menyediakan opsi classified ads saja.

Dapat dikatakan jenis iklan ini termasuk yang eksklusif, karena tidak semua website menyediakan layanan classified tersebut. Selain itu classified ads juga sering disebut dengan iklan baris, yakni iklan singkat yang muncul pada media cetak seperti koran. Hanya saja bedanya classified terdapat di internet.

Manfaat Classified Ads dalam Bisnis

Classified ads adalah salah satu opsi yang cocok apabila ingin mengiklankan bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan iklan baris dalam sebuah bisnis.

1. Hemat waktu dan uang

Karena hanya terdiri dari beberapa baris saja, maka biaya classified ads lebih murah dibandingkan memasang iklan yang besar seperti di media cetak, lewat radio, bahkan televisi.

Bahkan terdapat beberapa situs yang memberikan layanan classified ads secara gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar agensi iklan. Hanya perlu menyiapkan deskripsi produk yang akan dimasukkan serta rincian kontak yang bisa dihubungi. Sehingga dari sini bisa lebih menghemat waktu pembuatan iklan serta budget promosi.

2. Dapat menjangkau beberapa audiens tertentu

Menjangkau audiens tertentu yang berpotensi membeli produk. Hal ini dilakukan dengan cara memasang classified ads pada media cetak lokal atau website yang audiens-nya tidak jauh berbeda dengan target pasar. Layanan iklan baris online memungkinkan untuk menentukan area yang ditargetkan. Sehingga hasil dari pemasangan ads tersebut juga bisa lebih optimal.

3. Mudah dan cepat diakses

Iklan dengan media radio dan televisi memang bisa langsung menjangkau banyak orang, namun belum tentu mereka sedang membutuhkan iklan tersebut. Misalnya ada seseorang yang membutuhkan domain untuk kebutuhan website mereka, tidak mungkin mereka menunggu iklan domain tersebut.

Pasti mereka akan langsung mencari tahu secara cepat lewat internet. Apabila mempromosikan produk pada classified ads, mereka bisa saja langsung menemukan iklan.

4. Dapat kontak langsung dengan pelanggan

Lewat classified ads bisa langsung mencantumkan rincian kontak bisnis. Jadi, apabila pelanggan tertarik membeli produk, mereka bisa langsung menghubungi lewat kontak tersebut atau langsung klik URL situs.

Kategori Classified Ads

Setelah mengetahui manfaat classified ads, di bawah ini terdapat beberapa kategori atau jenis classified ads yang bisa dipilih :

  • Bisnis

Kategori pertama yaitu bisnis, kategori ini cocok dipilih untuk pebisnis kecil hingga menengah karena dinilai lebih murah dan efektif. Kebanyakan promosi bisnis dilakukan lewat iklan baris untuk menjangkau pelanggan mereka. Beberapa jenis iklannya seperti proposal bisnis, penawaran, hingga promosi penjualan.

  • Properti

Promosi properti memang cocok menggunakan iklan baru atau classified ads. Kebanyakan iklan penjualan, penyewaan properti, tanah, dilakukan lewat classified ads. Namun, iklan proyek real estate tidak termasuk dalam iklan baris.

  • Rekrutmen

Iklan baris seringkali digunakan pengusaha kecil atau menengah dalam memasang lowongan pekerjaan. Classified ads sangat bermanfaat bagi bisnis kecil yang hendak merekrut pegawai. Biasanya mereka menuliskan posisi yang dibutuhkan, gaji, hingga keterampilan. Para pencari kerja yang mencari kerja paruh waktu atau yang diupah per jam, cenderung mencari di iklan baris.

  • Obituari

Iklan baris juga digunakan untuk menyampaikan pesan belasungkawa, undangan, atau yang lain. Dengan memasang iklan ini, pemasang iklan berharap dapat memberi tahu kerabat jauh mengenai berita kematian keluarga atau kerabatnya.

  • Pernikahan

Iklan matrimonial atau pernikahan bertujuan untuk mencari jodoh. Biasanya pada iklan tersebut akan dilampirkan gambar sang calon.

  • Pengumuman

Classified ads berikutnya dapat berupa pengumuman, yakni perubahan nama atau alamat, pemberitahuan hukum, kehilangan dan ditemukan.

  • Pendidikan

Iklan ini biasanya dipasang oleh pusat pelatihan seperti instruktur tari, sepak bola, dan tutor, dengan memasang iklan baris, mereka dapat menarik lebih banyak peserta. Individu yang menjalankan usaha tutor privat juga bisa menawarkan jasanya di classified ads karena biayanya yang murah.

Perbedaan Classified Ads dengan Search Ads dan Display Ads

Tidak hanya classified ads, terdapat beberapa jenis iklan lain seperti display ads dan search ads. Lantas seperti apa perbedaan antara ketiga iklan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Display ads

Display ads merupakan iklan yang biasa ditemukan pada platform website atau media sosial. Apabila pernah melihat banner yang mempromosikan sebuah produk di portal berita, maka itulah jenis display ads.

Iklan ini dapat berupa gambar, teks, maupun video yang disisipi link pada gambar tersebut. Sehingga apabila pelanggan tertarik mereka tinggal mengklik iklan tersebut dan akan langsung terbawa ke landing page situs. Bahkan, display ads juga termasuk ke dalam contoh format iklan collaborative ads di Facebook alias CPAS.

2. Search ads

Search ads merupakan iklan yang biasanya muncul ketika melakukan pencarian di search engine. Search ads adalah salah satu dari teknik SEM (Search Engine Marketing). Ciri-ciri dari iklan biasanya terdapat ikon bertuliskan “Ad” di depan link URL, maka itulah jenis search ads.

3. Classified ads

Berbeda dengan dua iklan sebelumnya, classified ads merupakan iklan baris namun bukan terletak di media cetak seperti koran, melainkan di sebuah situs. Jika search ads dan display ads dapat dipasang pada hampir semua website, berbeda dengan classified ads yang hanya bisa tampil apabila memang ada opsi iklan tersebut.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

8 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

11 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago