HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Berikut Contoh Copywriting Kreatif yang Bisa Kamu Tiru!

Salah satu profesi yang paling populer di industri digital saat ini adalah copywriter. Bagi yang berminat dengan copywriter namun merasa belum banyak ilmunya, Anda bisa belajar copywriting sambil menganalisa berbagai contoh copywriting. Tentu saja Anda harus banyak belajar teori copywriting terlebih dahulu.

Contoh teks produk yang banyak dibuat oleh perusahaan merupakan elemen yang sangat penting dalam keberhasilan mempromosikan dan menjual produknya ke banyak konsumen. Karena sifatnya yang berdasarkan fakta, copywriting bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap enteng. Dibutuhkan banyak perencanaan, ide, dan eksekusi untuk menggunakan bahasa seefektif mungkin dalam membujuk calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Berdasarkan fakta di atas, Hosteko memiliki beberapa tips untuk membuat salinan iklan yang kreatif, orisinal, dan terlihat “menarik” yang diperoleh dari analisis beberapa konten iklan brand Apple yang akan diperkenalkan. Kami juga menyediakan contoh product copywriting dari beberapa website yang mungkin bisa memberi Anda inspirasi.

8 Tips Copywriting Cerdas dari Apple

  1. Tampilkan Konsep Besar

Judul adalah hal pertama yang dilihat pengunjung web Anda di halaman arahan situs web Anda, sebelum mereka melihat gambar produk Anda. Saat menulis judul copywriting, jelaskan pesan utama yang ingin Anda sampaikan pada produk atau layanan Anda. Atau jelaskan bagaimana konsumen akan mendapat manfaat dari produk/jasa Anda.

  1. Gunakan Kalimat Pendek

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah contoh copywriting produk Anda harus mudah dibaca dan dipahami. Pada dasarnya konsumen tidak ingin menghabiskan banyak waktu membaca copywriting yang panjang.

Oleh karena itu, teks harus dibuat sesingkat mungkin dan mencerminkan tujuan utama produk. Jika copywrite yang Anda salin mengandung lebih dari 12 kata (disarankan), bagilah menjadi dua kalimat.

  1. Buat Kalimat Dengan Konsep “soundbite”

Dengan kata lain, soundbite itu seperti peribahasa. Peribahasa selalu berhasil menyampaikan ide-ide besar dalam kalimat yang pendek dan sederhana. Misalnya, judul copywrite produk Apple Watch berikut: “Sepenuhnya layar. Sepenuhnya terdepan”.

Anda juga dapat mengulangi kata-kata secara berirama, seperti berima. Hal ini memperkuat loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Ini adalah contoh copywriting untuk produk iPad mini “Kekuatan mumpuni. Ukuran mini”. Dua kalimat singkat ini menjelaskan keunggulan dan spesifikasi produk secara singkat dan jelas.

  1. Tambahkan Rincian Teknis Produk

Judul copywriting juga dapat terdiri dari spesifikasi produk dan fitur teknis. Memberikan detail teknis seperti fitur produk menunjukkan bahwa Anda memahami apa yang Anda jual dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Misalnya, copywrite AirPods ini: “Sepenuhnya baru dengan Audio Spasial”. Sebagian besar konsumen tidak mengetahui apa arti audio spasial sampai mereka menerima petunjuk rinci di webpage produk.

  1. Pakai Teknik Storytelling

Ada banyak jenis teknik storytelling yang disebutkan di sini. Misalnya penjelasan singkat tentang produk, cerita di balik pembuatannya, dan tujuan produk tersebut. Hal ini disebabkan oleh sifat cerita itu sendiri, dengan fakta tersembunyi yang menarik dan terkadang patut untuk diketahui.

  1. Promosikan Produk Berdasarkan Masalah

Faktanya semua produk buatan diciptakan untuk memecahkan masalah manusia. Mencantumkan beberapa fitur produk sebagai solusi permasalahan yang ada membuat konsumen lebih memperhatikan copywriting konten.

Apple menggunakan teknik ini dalam contoh berikut untuk membuat salinan produk AirPods generasi ke-3. “Angin tak lagi meng­ganggu. Mikrofon tertanam dalam setiap earbud yang dilapisi dengan jaring akustik khusus meminimalisir derau angin ketika Anda melakukan panggilan — jadi suara Anda selalu terdengar nyaring dan jelas.”

Ini menunjukkan bahwa Apple memang demikian mengatasi masalah umum yang dihadapi oleh pengguna headphone. Apple kemudian memberikan solusi untuk produk AirPods-nya dengan fungsi jaring akustik. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami daftar lengkap fitur produk dan dapat menjelaskan masalah apa yang dipecahkan oleh fitur tersebut.

  1. Menggunakan Analogi untuk Menjelaskan Kualitas Produk

Konsep abstrak seperti kualitas produk sulit dijelaskan. Analogi berguna karena menghubungkan sifat-sifat sesuatu yang baru dengan sifat-sifat serupa dari sesuatu yang sudah dikenal.

Seperti contoh copywriting untuk produk MacBook Air ini: “Mikrofon yang lebih mendengarkan Anda. Bukan sekeliling Anda”. Ini disamakan dengan kualitas mikrofon MacBook Air yang sensitif terhadap suara.

  1. Merancang Fitur CTA yang “Memotivasi” Konsumen

Fitur CTA (Call to Action) pada landing page website Anda juga berkontribusi pada efektivitas copywriting Anda. Karena CTA memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengeksplorasi produk Anda lebih dekat. CTA biasanya digunakan untuk “Read More”, “Learn More”, atau informasi lain tentang produk.

8 Contoh Copywriting Produk

  1. BarkBox

Website yang menjual berbagai macam mainan anjing ini mempunyai judul dan heading yang to-the-point dan mudah dipahami oleh konsumen. Mereka menggunakan bahasa yang familiar di telinga target konsumennya (pemilik anjing), dengan harapan BarkBox adalah pihak yang memahami kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen lebih bersedia menaruh kepercayaannya pada merek yang menggambarkan dengan jelas produk yang dijualnya.

  1. Avocode

Contoh copywriting yang diimplementasikan oleh Avocode dengan jelas menunjukkan keuntungan menggunakan layanan ini, yaitu efisiensi waktu. Avocode juga menyertakan subheadline dengan instruksi Avocode untuk membuat hidup pelanggan lebih mudah. Mereka menggunakan CTA di setiap tahap layanan kami untuk membantu konsumen mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Conference Badges

Yang saya sukai dari contoh copywriting produk tag nama ini adalah judulnya tidak bertele-tele. Itu karena Conference Badges dengan cepat mengklaim sebagai yang tercepat dan termudah di kelasnya sebagai penyedia layanan perangkat lunak untuk membuat name badge.

Mereka menggunakan contoh gambar produk unggulan untuk membuat judul yang menekankan sifat produk perangkat lunak mereka. Hal ini memungkinkan calon konsumen mengetahui hasil akhir produk sebelum menggunakan layanan.

  1. Oscar Health Insurance

Situs web perusahaan asuransi kesehatan ini menggunakan contoh salinan produk yang provokatif dan valid. Oscar juga menjelaskan keunggulan layanan dalam subheadline, yang terdengar ramah dan berorientasi pada pelanggan. Mereka ingin menawarkan layanan asuransi kesehatan yang tidak membosankan atau membingungkan, namun menggunakan kekuatan kata-kata untuk menarik perhatian positif banyak pelanggan.

  1. Mixbook

Teknik copywriting yang banyak digunakan copywriter adalah dengan menggunakan quote pada headline. Seperti judul dan subjudul di situs Mixbook, mereka menggunakan quotes untuk menyoroti keunggulan dan manfaat layanannya.

Mereka memadukan kata-kata iklan yang singkat namun menarik tersebut dengan gambar yang menarik dari hasil jasanya. Contoh copywriting untuk produk ini sering digunakan oleh para penulis konten untuk postingan blog dan judul artikel.

  1. Poo-Pourri

Poo-Pourri, situs web produk pengharum ruangan, menggunakan isu untuk mempromosikan produknya. Teknologi ini tentunya menarik minat konsumen karena menjanjikan hasil akhir positif yang menguntungkan konsumen melalui penggunaan istilah “stink-free”. Mereka juga menggunakan contoh copywriting produk di subheadline untuk membandingkan kualitas produk.

  1. Tuft & Needle

Tuft & Needle hampir selalu menggunakan copywriting di halaman beranda yang menegaskan keunggulan produknya demi kepentingan konsumen. Mereka juga menjelaskan konsep dasar setiap produk untuk membantu konsumen memahami apa yang didapat setelah menggunakan produk Tuft & Needle.

Contoh konten copywriting produk Tuft & Needle sangat eksklusif dan menampilkan teknik bercerita yang membantu konsumen memahami tujuan perusahaan.

  1. Pinterest

Contoh copywriting untuk produk terakhir dalam daftar ini dapat ditemukan di menu About website Pinterest. Sebagai platform untuk foto, gambar animasi, dan video, Pinterest tampaknya mengambil langkah lebih dekat kepada penggunanya dengan sapaan akrab “kamu”.

Pendekatan Pinterest cukup baik untuk menjadi pemecah masalah sekaligus teman terpercaya bagi konsumen. Selain itu, teknik ini juga menunjukkan adanya komunikasi dua arah asinkron.

Yuk Buat Copywriting Kreatif!

Siapapun bisa menjadi copywriter sukses dengan sedikit panduan dalam membuat contoh copywriting produk. Dan tentunya bagi para copywriter yang ingin bertahan dan menghadirkan promosi terbaik, kreativitas dan pantang menyerah adalah kunci suksesnya.

Selain beberapa contoh copywriting produk di situs web di atas, ada banyak jenis skenario copywriting yang berbeda. Mulailah dengan cara beriklan tradisional dengan poster, billboard atau banner, tagline, caption untuk konten Instagram bisnis Anda, dan banyak lagi.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Apa itu Virtual Account? Ketahuilah Perbedaannya dengan Manual Transfer

Pada panduan kali ini kita akan membahas metode pembayaran. Dulu, kamu bisa membayar tagihan melalui…

41 mins ago

Pelajari Mengenai Afiliasi dari Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Apakah Anda ingin menjadi Affiliate? Atau Anda bingung apa artinya afiliasi? Jangan khawatir artikel ini…

1 hour ago

Begini Cara Membuat Giveaway yang Bisa Membantu Kamu Meningkatkan Penjualan

Kamu orang Indonesia, kan? Pasti kamu sudah familiar dengan perkataan Bung Karno berikut ini "Berikan…

22 hours ago

Begini Cara Cek Backlink Domain Untuk Pantau Perkembangan Website!

Cara Cek Backlink Termudah – Backlink kini menjadi cara tercanggih untuk meningkatkan SEO mesin pencari.…

1 day ago

25+ Template WordPress Gratis dan Terbaik

WordPress adalah platform CMS yang paling populer. Karena popularitasnya tersebut, template yang dibuat khusus untuk…

2 days ago

Begini Cara Install Laravel Di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan Composer

Menginstal Laravel di Ubuntu mudah dilakukan menggunakan Composer. Composer adalah alat untuk mengelola dependensi PHP…

3 days ago