HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Aplikasi Pendukung Untuk Ibadah Di Bulan Ramadhan 2022

Apa itu Aplikasi Ramadhan ?

Aplikasi ramadhan merupakan aplikasi yang digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan seperti membaca alquran,mendengarkan dakwah,memperdalam wawasan agama islam,mengetahui waktu berbuka puasa, pengingat alarm waktu sholat malam dan lainnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai daftar aplikasi pendukung kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan yang bisa di download dan install secara gratis di Playstore.Adapun daftar aplikasinya akan dijelaskan seperti di bawah ini :

Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro dikembangkan oleh perusahaan asal Singapura bernama Bitsmedia Pte Ltd.Aplikasi ini sebagai pengingat waktu sholat dan adzan terakurat.

Fitur Aplikasi Muslim Pro

  • Al-Quran : fitur ini bisa membaca ayat suci Al-Quran dari aplikasi yang telah dilengkapi dengan tajwid berwarna dan tilawah audio,sehingga memudahkan pengguna membaca Al-Quran dengan benar dan tentunya fitur ini cocok saat kalian berpergian dan lupa membawa Al-Quran.
  • Doa-Doa : fitur ini kita bisa membaca doa-doa dalam agama islam yang update setiap hari.
  • Kalender : fitur ini bisa melihat penanggalan baik di kalender Islam (Hijriah) maupun kalender umum (Masehi) yang mampu menampilkan perkiraan hari raya islam seperti hari raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.
  • Waktu Sholat : fitur ini kita bisa memberikan alarm saat adzan sholat 5 waktu tiba. Seperti sholat Subuh,Dzuhur,Ashar, Magrib dan Isya.
  • Terjemahan 40+ : fitur ini menerjemahkan ayat suci Al-Quran yang kalian baca melalui aplikasi dengan pilihan lebih dari 40 bahasa di seluruh dunia seperti Bahasa Melayu,Deutsch,English,Espanol,Francais,Italiano dan termasuk bahasa Indonesia.
  • Kiblat : fitur ini bisa mengetahui arah kiblat (Ka’bah) menggunakan animasi kompas di aplikasi untuk menentukan arah sholat. Tentunya fitur ini sangat berguna untuk kita yang sedang berpergian jauh atau sedang berada di tempat terpencil
  • Waktu Puasa : fitur ini menampilkan alarm saat waktu berbuka puasa dan imsak tiba yang secara otomatis di sesuaikan dengan lokasi kita berada.
  • Tasbih : fitur ini untuk menggunakan tasbih digital di Hp android untuk membantu menghitung jumlah dzikir kalian yang biasanya berjumlah 99 (33×3).
  • Asmaul Husna : fitur ini bisa membaca 99 Asmaul Husna atau 99 nama baik yang di miliki oleh Allah SWT
  • Resto & Masjid : fitur ini aplikasi akan menampilkan lokasi rumah makan halal dan masjid terdekat dari tempat kalian berada.Sehingga cocok saat sedang berpergian atau sedang berada di tempat asing seperti di luar negeri.

Yummi–Resep Makanan

Aplikasi Yummi–Resep Makan di kembangkan oleh developer android asal Indonesia bernama IDN Media.Dengan aplikasi ini pengguna bisa melihat berbagai resep makanan dari Chef handal,baik itu makanan besar,makanan ringan,cemilan,kue, minuman dan lainnya yang membantu kalian untuk memasak hidangan berbuka atau sahur di bulan ramadhan maupun hari biasa.

Fitur Aplikasi Yummi–Resep Makanan

  • Direktori Resep Makanan : fitur ini bisa melihat video memasak beserta resep masakan yang di butuhkan baik dari Chef Yummi maupun komunitas Yummi yang bisa diikuti cukup dengan 5 langkah.
  • Filter Berdasarkan Harga : fitur ini mencari resep masakan di aplikasi berdasarkan budget yang dimiliki.Contoh memiliki uang hanya sebesar Rp.50.000 maka aplikasi Yummi akan menampilkan resep makanan yang cocok dengan uang sebesar itu.
  • Filter Berdasarkan Waktu : fitur ini bisa melihat resep masakan di aplikasi berdasarkan waktu.Contoh saat sedang terburu-buru maka bisa melihat resep masakan apa saja yang bisa jadi dalam waktu kurang dari 30 menit.
  • Filter Berdasarkan Porsi : fitur ini mencari resep masakan berdasarkan porsi makanan.Apakah porsi makanan untuk sendiri,berdua atau beramai-ramai sehingga masakan yang di hidangkan tidak kurang atau kebanyakan (mubazir)
  • Upload Resep : fitur ini  bisa mengunggah Resep Masakan kreasi sendiri melalui halaman komunitas.Nantinya kalian akan mendapatkan uang sebesar Rp 10.000 jika resep masakan berhasil di upload.
  • Celebrity Chef : fitur ini untuk melihat berbagai resep masakan yang dibuat oleh para master chef dan selebriti,seperti Chef Arnold Poernomo,Dimas Beck,Stacey dan lainnya.

Saum–Alarm Puasa dan Sholat

Aplikasi bernama Saum–Alarm Puasa dan Sholat ini dikembangkan oleh developers android asal Jepang bernama Prime Leap.Digunakan untuk melakukan alarm pengingat puasa dan solat.

Fitur aplikasi Saum – Alarm Puasa dan Sholat

  • Puasa : fitur ini bisa menambahkan alarm saat waktu berbuka puasa atau sahur tiba.Sehingga sangat berguna terlebih saat kita sedang di perjalanan maupun di tempat terpencil sehingga tidak telat untuk sahur dan menyegerakan berbuka puasa.
  • Sholat : fitur ini bisa menambahkan alarm saat waktu sholat 5 waktu tiba.Termasuk saat waktu matahari terbit
  • Map : fitur ini menampilkan lokasi kalian berada untuk menyesuaikan kapan waktu berbuka puasa,sahur dan adzan sholat 5 waktu tiba.Sehingga bisa jadi lebih akurat.
  • Alarm : fitur yang mengubah suara alarm penanda sholat dan puasa sesuai yang di inginkan.Baik menggunakan audio dari aplikasi maupun menggunakan file musik dari galeri ponsel android kalian.
  • Language : fitur ini bisa memilih pengaturan bahasa untuk tampilan aplikasi termasuk bahasa Indonesia,sehingga pengguna mudah menggunakannya.
  • Rate : fitur ini memberi nilai rating aplikasi berdasarkan kepuasan pengguna.

Marbel–Panduan Puasa Ramadhan + Suara

Aplikasi Marbel–Panduan Puasa Ramadhan dikembangkan oleh developers android asal Salatiga Jawa Tengah bernama Educa Studio.Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengenalkan bagaimana indahnya puasa kepada anak yang disajikan menggunakan animasi dan komponen yang interaktif pada aplikasi.

Seperti bagaimana doa berbuka puasa,niat berbuka puasa,niat sholat tharawih,pengertian puasa, rukun puasa,keutamaan bulan ramadhan dan amalan puasa lainnya yang di lengkapi dengan gambar,sound narasi,animasi menarik,bahasa arab dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Al Quran Tajwid,Tafsir,Audio

Aplikasi pendukung bulan ramadhan yakni Aplikasi bernama Al-Quran Tajwid,Tafsir,Audio.Aplikasi ini dikembangkan oleh developers android asal Kotamobagu Sulawesi Utara Indonesia bernama Zayn Apps.

Fitur Aplikasi Al Quran,Tajwid,Tafsir,Audio

  • Petunjuk Tajwid : fitur ini bisa melihat petunjuk tajwid saat membaca Al-Quran di aplikasi ini.Di mana setiap huruf di berikan warna berbeda sesuai dengan kaidah tajwid masing-masing,sehingga bacaan Al-Quran pengguna sesuai dengan kaidah tajwid yang benar.
  • Tafsir Jalalain : fitur ini melihat tafsir atau terjemahan saat membaca Al-Quran di aplikasi lengkap 30 juz dalam bahasa Indonesia.
  • Loncat Ayat : fitur ini bisa pergi ke ayat yang di inginkan saat sedang membaca surat Al-Quran di aplikasi.
  • Asbabun Nuzul : fitur untuk membaca riwayat sebab-sebab turunnya ayat di kitab suci Al-Quran saat kalian mengklik ayat tertentu yang di tampilkan dalam bahasa Indonesia.Asbabun Nuzul ini bersumber dari kitab karya Imam Jalaludin As-Suyuthi.
  • Pencarian : fitur ini mencari Surat dan Ayat Alquran yang ingin dibaca pada aplikasi.
  • Audio Murrotal : fitur ini untuk mendengarkan audio murrotal atau lantunan suara pembacaan ayat suci Al-Quran yang di baca secara tartil dan benar yang mampu mendatangkan pahala dan ketenangan bagi pendengarnya.
  • Daftar Surah : fitur ini melihat daftar surah Al-Quran yang ada di aplikasi untuk memudahkan pencarian surat dan ayat yang ingin di baca.
  • Bookmark : fitur ini bisa menandai ayat tertentu untuk melanjutkan bacaan surat Al-Quran di keesokan harinya.
  • Pengaturan : fitur ini melakukan beberapa pengaturan pada tampilan layar aplikasi seperti Pengaturan tampilan terjemahan,ukuran huruf terjemahan,tampilan tajwid,ukuran huruf arab,memilih Qori Murrotal dll.

Yaumi–Teman Ibadah Muslim Milenial

Aplikasi Yaumi–Teman Ibadah dikembangkan oleh developers android asal Depok Jawa Barat Indonesia bernama Badr Interactive.Dengan aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan beberapa fitur menarik yang menunjang ibadah di bulan ramadhan dan hari biasa.Seperti fitur alarm pengingat ibadah,raport ibadah,Al-Quran & Terjemahan,Info Kajian,Artikel Islami,Jadwal Sholat,Arah Kiblat,Donasi,Bayar Zakat,Murtaba’ah dan Komunitas Muslim.

IMuslim (Catatan Amalan Harian)

Aplikasi IMuslim Catatan Amalan Harian dikembangkan oleh developer android asal Bandung Indonesia bernama D3IF Cool.Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan pemantauan dan pengontrolan agar amalan ibadah harian dan ibadah ramadhan bisa berjalan sesuai target yang ditetapkan dan sebagai bahan evaluasi amalan wajib maupun sunnah.

Fitur Aplikasi IMuslim (Catatan Amalan Harian)

  • Shalat Wajib : fitur ini menambahkan alarm sebagai pengingat saat waktu adzan sholat wajib 5 waktu telah tiba. Seperti Sholat Subuh, Dzuhur,Ashar,Magrib dan Isya.
  • Ibadah Harian : fitur untuk menambahkan jadwal ibadah harian seperti Sholat Sunnah,Dzikir, Puasa dan Baca Al Quran.
  • Ibadah Sunnah : fitur ini bisa menambahkan jadwal ibadah sunnah seperti Sholat Tahajjud, Dhuha, Witir, Qobliyah Subuh,Qobliyah Zuhur,Badiyah Zuhur,Qobliyah Ashar.
  • Target : fitur ini untuk menentukan jumlah target bacaan Al Quran kalian per harinya.Baik berdasarkan jumlah ayat maupun jumlah surah.
  • Statistik : fitur ini melihat tampilan statistik dalam bentuk grafik diagram untuk memantau kualitas ibadah kalian yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi agar ibadah kedepannya.

Lagu Ramadhan Lengkap

Aplikasi Lagu Ramadhan Lengkap di kembangkan oleh developers android bernama Nada Dev.Dengan aplikasi ini pengguna bisa mendengarkan kumpulan lagu-lagu religi dan khas ramadhan yang dibawakan oleh beberapa penyanyi ternama seperti Opick, Maher Zain, Ungu Band, Wali Band dan lainnya.Dengan kualitas audio jernih dan lagu religi bisa dijadikan sebagai ringtone,notification maupun alarm pada ponsel android kalian.

KESAN–Aplikasi Muslim dan Santri

Aplikasi KESAN–Aplikasi Muslim dan Santri di kembangkan oleh developer android asal Indonesia bernama Kesan Indonesia.

Fitur Aplikasi KESAN – Aplikasi Muslim dan Santri Indonesia

  • Quran dan Tafsir : berisi ayat suci Al Quran lengkap 30 juz beserta transliterasi, terjemahan, tafsir (Jalalain & Kemenag) dan beragam audio Qori.
  • Hikmah Hari ini : berisi kutipan hadist,ulama dan ayat suci Al Quran yang otomatis tampil setiap hari jam 9 pagi sebagai bahan renungan dan bisa di share ke teman atau keluarga via media sosial.
  • Doa : berisi lebih dari 500 doa lengkap beserta penjelasan dari sumber terpercaya.
  • Dzikir dan Sholawat : berisi berbagai macam dzikir dan sholawat,seperti Asmaul Husna,Tahlil,Istighosah,Burdah,Maulid, dan Ratib.
  • Hadispedia : berisi ratusan ribu Hadist dari 50 kitab beserta sumber dan rwiayatnya.
  • Kalender Hijriah : berisi penanggalan kalender hijriah dilengkapi tanggal-tanggal untuk amalan sunnah.
  • Arah Kiblat : menunjukan arah kiblat (kabah) untuk menunjukan arah sholat yang berguna saat sedang dalam perjalanan jauh.
  • Jadwal Sholat : berisi jadwal sholat wajib (subuh,dzuhur,ashar,magrib,isya) dan jadwal sholat sunnah (dhuha & tahajud)
  • Haji dan Umrah : berisi panduan dan berbagai doa yang digunakan saat di tanah suci mekkah,baik itu ibadah haji maupun umrah.
  • Kitab Kuning : berisi ratusan kitab kuning dan buku islami yang bisa di pelajari.
  • Feed : berisi artikel islami dan artikel umum yang mencerdaskan.
  • Umart : bisa berbelanja atau menjual produk / jasa yang halal pada aplikasi.

Kumpulan Ceramah Para Ustadz

Aplikasi selanjutnya untuk menunjang kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan adalah menggunakan aplikasi bernama Kumpulan Ceramah Para Ustadz.Aplikasi ini dikembangkan oleh developers android asal Indonesia bernama Hijrah Dev.Dengan aplikasi ini pengguna bisa mendengarkan beberapa kumpulan ceramah dari para Ustad, Kyai, Ulama dan para Habaib di seluruh Indonesia,seperti KH. Abdullah Gymnastiar (AA Gym), Ustadz Jefri Albuchori (UJE), KH. Ust. M. Arifin Ilham, Habib Rizieq Shihab, KH. Zaenudin MZ, Ust. Nur Maulana dan lainnya.

 

Demikian penjelasan mengenai aplikasi ramadhan beserta penjelasan beberapa aplikasi yang bisa menunjang kegiatan ibadah kalian di bulan ramadhan.Semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

4 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago