HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Ide Bisnis Kreatif Yang Menguntungkan Di 2023

Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai penghasilan tambahan. Terlebih lagi, saat di masa pandemi, banyak sekali orang yang di PHK dan tidak memiliki penghasilan, maka jalan satu-satunya adalah dengan memulai bisnis umkm dari rumah.

Untuk bisa tetap menghasilkan walaupun dirumah saja, maka Anda harus kreatif juga dalam menciptakan usaha. Usaha yang bisa dijalankan tidak melulu harus dengan skill yang tinggi, Anda bisa learning by doing. Di Tahun ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda pilih demi menambahkan penghasilan. Beberapa rekomendasi peluang usaha 2023 ini mungkin akan mengejutkan Anda bahwa ide tersebut belum pernah terpikirkan sebelumnya bagi Anda namun bisa mendatangkan keuntungan.

Peluang usaha 2023 ini bisa membantu Anda untuk selalu menghasilkan walaupun dirumah. Untuk bisa mendapatkan keuntungan, Anda bisa juga menambah skill atau kemampuan bisnis lebih baik lagi. Dengan skill bisnis, maka Anda pun memiliki peluang untuk berekspansi bisnis. Ada banyak sekali ide bisnis yang menyenangkan untuk dicoba pada tahun ini bagi ibu rumah tangga, mahasiswa maupun karyawan kantoran.

Kebetulan, artikel ini akan mengajak Anda untuk melihat ide bisnis kreatif yang bisa dijadikan inspirasi. Selamat membaca!

Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Anda Coba

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa dari usaha ini memerlukan keahlian tersendiri yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat. Contohnya seperti desain, musik, dan memasak. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan ilmu yang Anda miliki sebelum memulai bisnisnya.

Di bawah ini kami membahas lebih dari 20 ide bisnis kreatif yang meliputi berbagai industri, dari kuliner hingga digital. Berikut di antaranya :

1. Camilan Unik

Bisnis camilan memang terdengar umum, tetapi selalu ada hal baru yang bisa dilakukan agar beda dari produsen lainnya. Coba saja Anda perhatikan. Dari tahun ke tahun pasti ada saja jenis camilan unik yang menjadi populer.

Salah satu contohnya adalah berbagai camilan dengan bumbu rasa telur asin yang digemari masyarakat beberapa tahun belakangan. Bahkan, salah satu brand produsen makanan ringan tersebut, Irvins Salted Egg, telah dikenal di pasar Asia Tenggara.

Seperti contoh tersebut, Anda tidak harus menciptakan ide bisnis makanan yang sepenuhnya baru agar beda dari yang lain. Camilan yang unik bisa saja merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada.

Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini bisa dilakukan siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya usaha sampingan untuk karyawan.

2. Katering Sehat

Katering atau jasa boga adalah salah satu bentuk bisnis yang sudah umum di masyarakat. Bahkan, mungkin ada kerabat atau teman Anda yang menjalankan usaha berawal dari ide bisnis ini.

Tertarik terjun ke usaha ini? Anda bisa membuka bisnis katering non-konvensional. Katering sehat adalah salah satu contohnya.

Makanan yang disediakan katering sehat disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Misalnya, seseorang yang melakukan diet mayo ditawarkan menu-menu dengan kandungan garam yang rendah. Syaratnya, bisnis ini harus Anda jalankan dengan pengetahuan yang mendalam tentang kesehatan dan gizi makanan. Bisa juga, Anda bekerjasama dengan ahli gizi.

Katering sehat memang sedang digandrungi di kota-kota besar. Gorru Gourmet, contohnya, adalah jasa katering sehat asal Jakarta yang menyediakan menu untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes dan kanker.

Walau demikian, pasar katering sehat belum begitu ramai di daerah-daerah lain. Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menjadi seorang pelopor usaha dengan ide bisnis kreatif di bidang makanan sehat.

3. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Kesibukan masyarakat yang kian meningkat mendoring untuk bersantap di luar rumah yang lebih praktis. Padahal, orang bisa lebih berhemat dengan memasak sendiri, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk berbelanja dan menyiapkan masakan di rumah.

Melihat permasalahan ini, Anda bisa membuka usaha bahan makanan siap masak. Kesulitan membayangkan konsep ide bisnis ini? Anda bisa melihat apa yang sudah dilakukan iiCook.

Usaha kuliner asal Malang ini menawarkan berbagai menu masakan, tetapi dalam kondisi belum dimasak. Kendati demikian, bahan-bahannya sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar. Intinya, konsumen hanya tinggal memasaknya.

Bagi Anda yang suka memasak atau menciptakan menu sendiri, tentunya ide bisnis kreatif ini tidak boleh dilewatkan.

4. Usaha Roti dan Kue

Mungkin Anda akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?”

Alasannya sama dengan yang telah disebut di pembahasan mengenai bisnis camilan unik tadi. Meskipun sudah banyak bakery yang memiliki nama, ada banyak kreasi baru yang dapat Anda ciptakan. Kuncinya adalah kreatifitas.

Babe Bakery, misalnya. Usaha bakery asal Jakarta ini menawarkan beragam pilihan roti tanpa pengawet merupakan ide yang masih jarang ditemui.

5. Jual Barang Antik

Tak sedikit orang lanjut usia yang rindu produk-produk atau teknologi lawas karena ingin bernostalgia. Ada juga kawula muda yang memiliki selera antik. Bahkan, Anda bisa menemukan banyak komunitas barang tempo dulu yang cukup aktif. Oleh karena itu, ide bisnis jual beli barang antik tentu masih relevan.

Sebelum mencoba ide usaha yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama apabila Anda belum pernah mengenal pasar barang antik.

Pertama, Anda perlu dekat dengan orang atau komunitas kolektor barang dengan nuansa kuno. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis barang apa saja yang biasanya laku.

Beberapa contoh benda antik yang sering dicari adalah otomotif, perabot, dan kamera analog. Namun, tidak jarang juga kolektor yang mengincar barang-barang elektronik dari masa lampau untuk dekorasi semata seperti televisi, radio, dan telepon.

Dengan mendekati penggemar benda-benda tersebut, Anda tidak hanya bisa mempelajari kondisi pasar, tetapi juga mencari koleksi barang untuk dijual di lapak sendiri.

6. Produk Daur Ulang

Sampah telah menjadi masalah lingkungan yang serius. Padahal, ada banyak jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat dikreasikan menjadi produk lain. Di antaranya adalah kaleng minuman, aneka plastik, dan potongan kain sisa produksi pakaian.

Anda tidak harus mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari sebuah hasil daur ulang, Anda bisa menciptakan barang-barang baru seperti kerajinan tangan.

Bukankah ini bisa menjadi sebuah ide bisnis yang cukup menjanjikan?

Bardiju adalah salah satu contoh bisnis daur ulang yang bisa Anda jadikan inspirasi. Berbasis di Jakarta Barat, usaha ini menyulap berbagai jenis kertas bekas menjadi kartu nama, amplop, dan bahkan lampion tali.

Dalam mengumpulkan bahan daur ulang Bardiju tidak hanya mencari sendiri, tetapi juga menerima donasi beragam kertas bekas. Menarik bukan? Selain membantu orang lain, ide bisnis ini bisa Anda contoh untuk meningkatkan kesadaran orang akan perlunya gaya hidup daur ulang.

7. Kerajinan Rotan

Bisnis kerajinan berbahan dasar rotan memang bukan hal baru. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengikuti tren produk yang sudah ada.

Native Borneo adalah salah satu produsen kerajinan karpet rotan yang melakukan cara tersebut. Selain karpet yang jadi unggulannya, produk yang dijual berbagai macam, dari dekorasi dinding hingga meja dan kursi lipat. Desain masing-masing barang pun unik dan jarang ditemui di produsen lain.

Nah, Anda pun dapat merintis usaha kerajinan rotan seperti contoh tersebut yang penting temukan ide bisnis kreatifnya dulu akan menonjolkan produk apa.

Meskipun pelaku bisnis dalam industri kreatif ini sudah banyak, Anda dapat berinovasi dengan menciptakan barang-barang yang belum pernah dibuat dengan rotan.

8. Florist

Apakah Anda suka merawat tanaman berbunga? Jika ya, membuka usaha florist atau toko bunga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya sekedar menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merangkai buket.

Meski ide usaha jasa ini bisa ditemukan di mana-mana, permintaan buket tidak pernah berkurang. Apalagi ketika musim wisuda. Dijamin bisnis Anda akan dicari-cari pelanggan.

Akan tetapi, memanfaatkan momen-momen seperti itu tidaklah cukup. Anda juga perlu memperluas cakupan usaha Anda, seperti Meme Florist yang menerima pengiriman ke berbagai daerah.

Ditambah dengan jenis buket atau papan bunga yang disesuaikan untuk berbagai acara, bisnis florist Anda akan mendatangkan banyak pelanggan. Ketika sudah berkembang, Anda juga bisa membuka franchise dari bisnis florist ini.

9. Scrap Frame

Ketika berbicara mengenai bisnis frame, mungkin yang ada di pikiran Anda adalah pigura kayu yang pengrajinnya bisa ditemukan dengan mudah.

Namun, barangkali Anda belum pernah mendengar tentang usaha scrap frame. Kerajinan ini memang berbentuk bingkai, tetapi isinya tidak sekedar foto atau lukisan.

Alih-alih, pembuat scrap frame memadukan gambar dengan kertas atau kain yang dijadikan seni tiga dimensi untuk membuatnya lebih menarik.

Salah satu pegiat bisnis ini adalah id.rumahkertas. Desain scrap frame yang dihasilkan bisnis ini dipersonalisasikan untuk berbagai kebutuhan, termasuk ucapan terimakasih, kado pernikahan, dan hadiah ulang tahun.

Bagi Anda yang hobi membuat kerajinan tangan dengan bahan kertas, ide bisnis kreatif ini patut dicoba karena belum begitu banyak orang yang melakukannya.

10. Desain Uang Mahar

Tidak sedikit pasangan yang ingin mahar pernikahannya terlihat unik. Hal tersebut mendorong kemunculan ide bisnis jasa desain uang mahar. Seperti bisnis scrap frame, usaha desain uang mahar juga membutuhkan orang dengan keterampilan dalam membuat kerajinan dari kertas, kain, dan pernak-pernik lainnya.

Kreasi dari bahan-bahan tersebut digunakan untuk menghias uang mahar pengguna jasa, lalu dimasukkan ke dalam sebuah bingkai agar terjaga kerapiannya.

Meskipun untuk mahar pernikahan, Anda tidak perlu menggunakan uang asli dalam desain yang dibuat. Dengan uang mainan, misalnya, Anda justru dapat membuat desain unik dengan “uang” tersebut. Contohnya dengan melipatnya atau memotongnya untuk membuat objek-objek yang diinginkan.

11. Suvenir Pernikahan Custom

Bagi yang sering diundang ke pesta pernikahan, Anda mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu memiliki desain yang kurang variatif.

Ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang tidak biasa, seperti Biebie Gift. Mereka menjalankan ide bisnis kreatif kerajinan unik dengan baik.

Selain menyediakan berbagai jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan bingkai foto, produsen tersebut juga menerima jasa kustomisasi suvenir pernikahan dan tentunya dengan kisaran harga per produk dan batas minimal pesanan yang telah ditentukan.

12. Clothing Line

Mungkin Anda heran mengapa membuka clothing line termasuk dalam daftar ide bisnis kreatif, padahal pelaku usahanya sudah banyak. Akan tetapi, tidak sedikit orang tanpa pengalaman yang mampu membawa clothing line rintisan mereka ke kesuksesan dalam industri kreatif ini.

Salah satunya adalah pemilik brand Pulchra Gallery, yang memulai bisnisnya pada tahun 2013. Walau tidak memiliki latar belakang desain fashion, ia berjuang untuk mendalami skill tersebut. Alhasil, bisnis fashion yang awalnya dilakukan dengan menjual produk orang lain kini telah menjadi clothing line orisinil.

Tentunya, ada pula beberapa hal selain kegigihan yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis pakaian dari nol. Pertama, bangunlah sebuah brand untuk menonjolkan usaha Anda. Tanpanya, clothing line Anda tidak akan dikenal di pasarnya.

Tak lupa, pikirkan juga jenis produk pakaian yang ingin dijual. Jika memungkinkan, pasarkan model-model pakaian yang sesuai dengan selera pembeli pada umumnya.

Selain itu, Anda juga tidak perlu berkecil hati jika tidak mampu memasarkan produk sendiri. Coba kenalkan clothing line Anda ke saudara atau kenalan yang menjual produk-produk orang lain. Cara ini efektif bagi pelaku usaha pakaian yang baru memulai.

Karena produknya identik dengan konsumen anak muda, maka clothing line juga ideal sebagai ide bisnis untuk mahasiswa.

13. Desainer Interior

Saat ini, desain interior adalah salah satu jenis jasa yang paling dicari. Terutama, jasa ini digunakan untuk perkantoran dan toko yang jumlahnya kian menjamur.

Hal-hal penting yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha desain interior dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tenaga dan logistik.

Dari segi tenaga, ide bisnis ini perlu diwujudkan dengan setidaknya dua orang. Satu bekerja sebagai desainer, sedangkan yang lain sebagai kontraktor. Di sisi logistik, Anda perlu memiliki sebuah laptop untuk mengerjakan desain, software desain interior, serta workshop.

Belum memiliki dana untuk membeli software profesional? Jangan khawatir. Anda bisa mencoba software gratis seperti Google Sketchup, yang memiliki versi berbayar dengan fitur lebih canggih yang dapat dibeli ketika Anda sudah siap secara finansial.

Hal yang sama juga berlaku untuk workshop Anda. Jika belum mampu mengontrak sebuah studio, Anda bisa saja menggunakan sebuah garasi atau ruko kecil sebagai tempat pengerjaan proyek.

Lalu, bagaimana dengan kendaraan untuk mengantar hasil pekerjaan Anda ke tempat klien? Mudah saja, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang mudah ditemukan apabila belum memiliki pick up atau truk sendiri.

14. Desain Case Handphone

Bagi kebanyakan orang, terutama kalangan muda, mempercantik penampilan ponsel pintar merupakan sebuah kebutuhan. Salah satu caranya adalah menggunakan case. Selain untuk bergaya, produk ini juga berfungsi untuk melindungi gadget dari benturan.

Tidak hanya case polos, kini konsumen juga menyukai case custom. Bedanya, jenis case ini memiliki gambar atau corak yang dipilih sendiri oleh pembelinya. Untuk memperluas pilihan produk, Anda juga bisa menyediakan lebih dari satu bahan case misalnya case dengan bahan lentur dan kaku.

Oleh karena itu, bisnis ini dilakukan dengan sistem preorder. Setelah konsumen memberikan desainnya, Anda mencetaknya di bahan case yang sudah dipilih.

Untuk pengerjaannya, Anda membutuhkan alat cetak sublimasi yang biasa digunakan untuk mencetak desain pada bahan akrilik atau keramik. Harga alat tersebut memang tidak murah, dimulai di belasan juta rupiah.

Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk merealisasikan ide bisnis kreatif ini. Pada permulaan, Anda dapat menjadi seorang dropshipper atau menggunakan jasa printing pihak lain. Dengan kata lain, Anda hanya menyediakan bahan casing.

15. Dropshipper

Barusan Anda mendengar kata dropshipper. Pada dasarnya, bisnis dropship adalah model bisnis dimana Anda menjual barang dari supplier atau produsen ke pembeli. Menariknya, sebagai dropshipper Anda tidak perlu membuat toko online atau mengirimkan produk ke konsumen. Sebaliknya, produsen atau supplier yang melakukan tugas tersebut, tetapi atas nama Anda.

Pada model bisnis ini, Anda pun bisa mematok harga lebih tinggi dari produsen atau supplier. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan untung.

Tidak hanya itu, dropshipping bisa menjadi bisnis tanpa modal yang bisa Anda jalani. Yang paling penting, Anda memiliki media untuk promosi baik website, media sosial, atau toko online dan mampu melakukan pemasaran sendiri.

Yang menjadi tantangan dalam mewujudkan ide bisnis ini adalah mencari supplier atau produsennya. Karena produk tidak melalui tangan Anda terlebih dahulu, Anda perlu memastikan bahwa supplier bisa mengelola pengepakan dan pengiriman dengan baik.

16. Jasa Konsultasi Bisnis

Semua usaha, baik yang sudah memiliki nama maupun yang baru dirintis, memerlukan strategi bisnis yang tepat untuk bisa berkembang. Maka, tidak jarang perusahaan mulai menggunakan jasa konsultasi bisnis.

Inilah alasan mengapa pekerjaan sebagai konsultan perusahaan diincar oleh banyak orang. Tertarik menjalankan usaha dari ide bisnis ini?

Tunggu dulu, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penasihat bisnis. Tentunya Anda harus mengantongi gelar di bidang ekonomi, pemasaran, maupun bisnis. Tanpanya, para pemilik usaha akan meragukan kualifikasi Anda sebagai seorang ahli bisnis.

Di sisi lain, kualitas seorang konsultan tidak lepas dari pengalaman, baik dalam berbisnis maupun sebagai penasihat. Sebagai individu berpengalaman, Anda dapat menawarkan beberapa keunggulan.

Kelebihan pertama adalah wawasan yang luas. Orang yang pernah bekerja dengan beragam perusahaan dari berbagai industri akan dapat memberikan ide dan solusi dengan akurasi tinggi.

Selain itu, konsultan berpengalaman memiliki koneksi yang luas. Bekerja dengan bermacam-macam klien memungkinkan Anda untuk menghubungkan satu pengguna jasa dengan yang lain. Jika dapat melakukannya, tentunya ini akan menjadi nilai plus Anda.

Ditambah lagi, seorang profesional dalam bidang bisnis juga dapat memprediksi tren di berbagai industri. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha konsultasi bisnis, kompetensi-kompetensi di atas perlu didapatkan terlebih dahulu sebelum memulainya.

17. Penyewaan Kostum

Acara dengan dresscode kostum tidak hanya untuk pesta anak-anak. Tidak jarang, acara-acara seperti perayaan ulang tahun hingga pesta perusahaan juga menggunakan kostum.

Belum lagi acara di hari-hari tertentu yang biasanya dirayakan dengan mengenakan kostum khusus. Contohnya, di hari pahlawan, staf kantor, hingga anak sekolah akan memakai kostum tentara, dokter, pahlawan nasional, bahkan pakaian adat.

Padahal, banyak orang kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual busana-busana tersebut dan harganya pun mahal. Hal ini bisa menjadi ide bisnis bagi Anda untuk membuka sebuah usaha penyewaan kostum. Apalagi, belum banyak bisnis serupa yang melayani pelanggan secara online.

Mekanisme bisnis penyewaan kostum pun tidak jauh berbeda dengan peminjaman barang lainnya seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Bagi yang baru memulai dan tidak bermodal besar, Anda bisa menawarkan kostum untuk satu target pemasaran terlebih dahulu. Anak-anak misalnya.

Seiring berkembangnya usaha Anda dan pendapatannya, Anda dapat menambah inventori dengan kostum untuk orang dewasa dan berbagai jenis acara.

18. Penyewaan Perlengkapan Fotografi

Tempat sewa kamera atau perlengkapan fotografi lainnya bukanlah hal baru. Akan tetapi, belum banyak orang yang melakoni usaha ini di luar kota-kota besar. Padahal, kini adalah saat yang tepat untuk memulainya. Mengapa? Alasannya ada dua.

Pertama, kebutuhan fotografi masyarakat, terutama kaum muda, meningkat berkat platform-platform media sosial yang terpusat pada konten visual. Meskipun sudah banyak ponsel pintar dengan fasilitas pengambilan gambar yang canggih, kamera DSLR maupun mirrorless menawarkan hasil yang lebih baik. Oleh karenanya, banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Akan tetapi, harga peralatan fotografi tidaklah terjangkau bagi kebanyakan orang.

Kedua kondisi di atas menjadi alasan mengapa penyewaan perlengkapan fotografi merupakan ide bisnis kreatif yang menjanjikan.

Jika tertarik untuk melakoninya, pertama-tama Anda harus mempertimbangkan peralatan apa saja yang umumnya dicari oleh individu yang ingin belajar fotografi.

Hal ini penting karena ada banyak sekali jenis lensa, kamera, dan aksesoris yang tersedia di pasaran. Tentunya Anda tidak ingin menyewakan barang yang tidak diminati atau dibutuhkan oleh khalayak ramai. Selain itu, ada baiknya jika Anda merekrut teknisi kamera untuk memastikan bahwa peralatan yang disewakan berada dalam kondisi prima.

19. Fotografer dan Videografer

Bisnis fotografi dan videografi tidak pernah redup. Apalagi, saat ini makin banyak orang yang menggunakan jasa tersebut. Selain untuk dokumentasi acara, fotografer dan videografer biasanya juga direkrut untuk membuat media pemasaran sebuah bisnis. Beberapa contohnya adalah pembuatan iklan, pamflet, dan video profil perusahaan.

Bahkan, kini pun influencer media sosial berbondong-bondong menggunakan jasa ini untuk produksi konten mereka. Oleh karena itu, ide bisnis fotografi dan videografi tetaplah relevan hingga saat ini.

Meski jenis industri kreatif ini digeluti oleh para profesional, tidak ada salahnya jika Anda memulainya dari nol. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari ilmunya terlebih dahulu. Anda bisa mencari tempat kursus fotografi atau videografi maupun mengambil sebuah kursus online.

Namun, belajar dan mengasah keterampilan saja tidak cukup. Sebelum mulai memasarkan jasa fotografi maupun videografi, Anda bisa menawarkannya ke saudara atau kenalan yang membutuhkannya secara cuma-cuma. Dengan demikian, Anda dapat membangun portofolio untuk kredibilitas.

20. Influencer Media Sosial

Bagi Anda yang sering berkecimpung di media sosial mungkin sudah pernah mendengar istilah influencer. Pada dasarnya, influencer media sosial merupakan figur publik di platform-platform pertemanan yang memiliki jumlah pengikut berlimpah.

Sama seperti selebritis, para influencer media sosial juga sering digaet oleh berbagai bisnis milenial untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Oleh karena itu, banyak figur berpengaruh yang dapat memiliki penghasilan melalui media sosial.

Dengan daya tarik tersebut, kini banyak orang ingin menjadi influencer online. Jika Anda termasuk salah satunya, langkah-langkah berikut ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan impian tersebut.

Hal pertama yang diperlukan adalah self-branding. Artinya, Anda perlu membuat citra diri yang unik dan solid. Namun, Anda tidak perlu menyembunyikan jati diri Anda dalam-dalam untuk menciptakannya. Tunjukkanlah interest atau hobi Anda dan dalamilah hal tersebut.

Lalu, dekatkan diri Anda kepada komunitas-komunitas yang terkait dengannya untuk membangun relasi dengan pegiat lainnya. Jika mampu, berkolaborasilah dengan mereka. Dengan kesabaran dan keuletan, cara ini dijamin dapat membuahkan hasil.

Langkah kedua untuk menjadi seorang influencer media sosial adalah rajin membuat konten untuk akun Anda. Isinya tentu harus konsisten dan relevan dengan interest Anda.

Selain itu, Anda juga tidak dapat melupakan riset kompetitor. Ketahui model konten apa saja yang telah digunakan influencer lain dan ciptakan yang lebih baik.

Tak lupa, buatlah jadwal posting. Selain agar kinerja pembuatan konten Anda lebih terorganisir, audiens juga akan lebih tertarik untuk mengikuti media sosial Anda.

Dan yang tidak kalah penting, Anda harus merangkul para pengikut media sosial Anda. Jangan pernah malas untuk berinteraksi dengan mereka.

Akan lebih baik lagi apabila Anda bisa mengikutsertakan mereka dalam posting-posting yang Ada. Sekali-sekali, buatlah posting yang dapat memulai sebuah diskusi. Contohnya dengan memberikan pertanyaan terbuka di akhir sebuah post.

21. Bergabung dengan Program Afiliasi

Sebelumnya telah dibahas mengenai peran influencer media sosial dalam pemasaran bisnis. Akan tetapi, sebenarnya Anda juga dapat menghasilkan uang dengan membantu pemasaran pelaku usaha lain tanpa menjadi seorang public figure.

Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda mengikuti program afiliasi. Belum pernah mendengar tentangnya? Ikutilah penjelasan berikut ini.

Dalam sebuah program afiliasi, Anda menerapkan affiliate marketing dengan mempromosikan produk atau jasa seseorang dengan referral link sebagai sarananya. Link inilah yang menjadi asal pendapatan Anda. Dari setiap pembelian yang dilakukan melalui link tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

Lalu, apa yang perlu dilakukan dengan link ini? Selanjutnya, Link tersebut Anda letakkan di posting blog, media sosial, atau video YouTube yang relevan dengan barang atau layanan yang Anda rekomendasikan.

Untuk alasan di atas, Anda perlu memiliki online presence yang solid sebelum mencari program afiliasi, meskipun bukan seorang influencer. Dengan kata lain, setidaknya Anda harus memiliki sejumlah pengikut yang tertarik dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Tanpa mereka, usaha Anda sia-sia bukan?

Nah, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti program afiliasi. Pertama, carilah perusahaan yang menawarkan program tersebut secara langsung.

Kedua, Anda bisa menggunakan perantara online seperti Commission Junction. Dengan mendaftar, Anda akan menemukan berbagai macam perusahaan yang menawarkan program afiliasi.

Di samping kedua cara tersebut, ada satu hal lagi yang penting untuk diingat apabila Anda ingin bergabung dalam sebuah program afiliasi. Sebaiknya Anda mengenali niche atau industri perusahaan yang menawarkan program tersebut. Ditambah lagi, Anda harus menggunakan dan memahami produknya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

1 day ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

1 day ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

2 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

4 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

4 days ago