HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Situs Dan Tools Untuk Membuat CV Dan Portofolio

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Daftar rekomendasi untuk situs dan tools pembuat VC dan Portofolio.Tapi sebelumnya kita bahas sedikit mengenai CV dan portofolio.

CV adalah kepanjangan dari Curicullum Vitae.CV merupakan profil data diri mencangkup nama,tanggal lahir,informasi kontak pribadi, latar belakang pendidikan,latar belakang organisasi,pengalaman pekerjaan dan lainnya.

 Portofolio adalah sebuah kumpulan karya-karya yang pernah dibuat atau dihasilkan,portofolio ini bukti dan menjadi bahan penguat atas CV yang kalian buat.

Dahulu membuat CV dan portofolio terbilang tidak praktis karena harus menulis dengan tangan.Kemudian di modernisasi dengan aplikasi design yang ada di PC.Seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.Namun banyak yang tidak dapat menggunakannya karena membutuhkan skill khusus dan referensi yang banyak ketika menggunakan aplikasi design ini.Setelah melewati begitu banyak modernisasi,saat ini banyak bermunculan situs dan tools online yang sangat mudah dan praktis digunakan untuk membuat CV dan portofolio secara online.

Berikut ini Rekomendasi Situs dan Tools  Untuk Membuat CV dan Portofolio :

Canva

Sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar adapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online.Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik hingga presentasi. Canva tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android.Canva memiliki tampilan antar muka yang intuitif sehingga mudah digunakan,bahkan oleh pengguna yang belum pernah menggunakan software desain grafis sebelumnya.Semua foto dan gambar yang tersedia pada aplikasi Canva boleh digunakan secara bebas,jadi  tidak usah mengkhawatirkan kepentingan hak cipta ketika memanfaatkannya untuk kebutuhan grafis.

Canva juga bisa jadi tempat untuk membuat CV terbaik.Tools ini bisa menuangkan kreativitas kalian dalam membuat profil.CV pun mudah untuk diedit atau dikustom dari mulai mengganti ukuran font, model, garis, hingga penspasian paragraf pun dapat diubah.Canva juga menyediakan berbagai format unduhan CV dari mulai pdf,docx dan jpg serta memberikan fitur share jika ingin membagikan CV.

Fitur Canva :

Ada beberapa fitur design pada Canva yang dapat dimanfaatkan : seperti text,colour palette,filter,transparency dan branding :

  • Text

Canva menawarkan berbagai template text yang dapat digunakan agar graphic kalian memiliki typography yang menarik,Canva memperbolehkan kalian mengatur warna graphic sesuai keinginan dan kebutuhan.Canva sendiri menyarankan kalian mengatur colour palette untuk graphic tersebut.

  • Animasi

Canva memiliki beberapa Animasi yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keingingan,Seperti yang bisa kalian lihat,Canva bisa mengedit text agar sesuai dengan kebutuhan.Tidak hanya text saja,canva bisa mengganti warna agar sesuai dengan kemauan,setiap elemen pada template ini bisa  diganti dengan mudah.Untuk gambar,kalian memiliki pilihan untuk menggunakan stock image yang tersedia atau menggunakan gambar sendiri.Untuk mengupload gambar kalian sendiri,klik pilihan uploads di bagian kiri layar dan upload photo. Kemudian,gunakan fitur drag-and-drop untuk memasukkan gambar ke graphic yang sedang dibuat.

Behance

Behance merupakan situs online yang bertujuan untuk mewadahi dan menunjukkan karya-karya kreatif dari para kreator.Behance mewadahi para kreator kreatif untuk membuat profil yang berisikan project yang mereka miliki.Project yang mereka buat bisa berupa gambar,video,atau pun konten digital lain yang kreator untuk diunggah.Behance merupakan bagian dari Adobe.

Behance juga salah satu situs portofolio online gratis yang paling banyak digunakan di komunitas designer.Behance telah digunakan oleh jutaan designer, seniman, dan fotografer UX/UI di seluruh dunia untuk mengunggah karya desain dalam bentuk portofolio desain pribadi yang luar biasa dan juga digunakan bagi banyak pewawancara,perekrut, dan manajer perekrutan untuk menelusuri portofolio desainer tersebut dan mencari bakat baru dan dalam aspek ini,Behance jadi salah satu web portfolio online must-have bagi kalian untuk menampilkan desain buatan kalian dan mendapatkan pekerjaan desain UX/UI.

Alasan menapa Behance menjadi Platform Portofolio Terbaik :

  • Memiliki Audiens Besar : menyediakan fitur notifikasi kepada followers kalian ketika kalian mengunggah karya baru,notifikasi ini diberikan lewat email jika followers mengaktifkannya,dengan begitu karya yang dibuat akan lebih mudah mendapat apresiasi dari jumlah audiens yang besar.
  • Karya Mudah Diapresiasi : hal terbaik dari Behance adalah memungkinkan followers kalian berinteraksi dengan karya yang kalian unggah,bisa dari jumlah views,likes atau komentar.Belum lagi jika mereka menyebarkan karya kalian kepada followers akun mereka dengan tampil di laman dashboard mereka.Sebagai seorang pekerja kreatif,apresiasi dapat menjadi salah satu faktor pendorong agar memiliki semangat untuk terus berkarya dan membagikannya ke platform online.
  • Fitur ‘Curated Gallery” : galeri yang didedikasikan untuk bidang industri kreatif yang paling umum,seperti desain grafis, ilustrasi, dan film. Fitur ini mengeksplorasi karya tertentu tanpa perlu ribet.Tinggal pilih saja jenis karya spesifik yang kalian inginkan,karena semua pilihannya sudah tertera di halaman dashboard.Setelah memilih jenis karya,langsung bisa melihat berbagai referensi karya dari desainer di seluruh dunia.
  • Cocok untuk Bisnis sampingan : dengan mengunggah karya di Behance,dapat membangun portofolio online gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya dengan audiens yang sudah terintegrasi. Siapa tahu di antara semua audiens yang mampir ke karya kalian ternyata seorang recruiteratau klien yang ingin bekerja sama.
  •  First Impression : pilihlah cover sempurna dan cover yang dapat menyampaikan keseluruhan proyek dari visualnya.Dengan menggunakan cover menarik,dijamin bisa menarik minat audiens hanya dalam pandangan pertama.

Visual CV

Visual CV  menawarkan beberapa template dan pilihan desain untuk CV.Di website Visual CV,kalian dapat menambahkan bagian sesuai dengan pilihan atau mengganti bagian yang ada sesuai dengan preferensi kalian.Visual CV juga hanya menawarkan model dasar dari pembuatan CV.Tidak banyak penyesuaian atau pilihan desain yang tersedia secara gratis di sini.Namun,Visual CV tetap disarankan untuk dicoba karena cocok bagi kalian yang mau membuat CV simpel dalam waktu yang singkat.

Resume.com

Resume.com akan mengalahkan sebagian besar pesaingnya dengan mudah jika menyangkut soal tampilan,Website pembuat CV ini menawarkan banyak template dan metode pengeditan yang bagus.Resume.com juga mudah digunakan,kalian harus membuat akun sebelum dapat membuat CV.Resume.com memperlihatkan semua bagian CV yang ada dalam satu gambar dan  juga dapat mengedit setiap bagian dengan beberapa klik.

Dribbble

Situs sosial media berbasis web yang ditujukan untuk para komunitas desain yang di mana desainer,pengembang web dan yang bergerak dalam industri kreatif saling menampilkan dan berbagi karya kepada para pengguna Dribbble lainnya.Tembakan ( shots ) adalah tampilan karya desainer berupa cuplikan layar yang berukuran 400 x 300 pixel yang sedang atau telah dikerjakan.Tembakan tersebut dapat dilihat oleh para pengunjung Dribbble,namun untuk melihat komentar ataupun melihat secara utuh karya desain yang ditampilkan, harus mendaftarkan diri sebagai penonton ( spectators ).

Dribbble juga merupakan situs untuk membuat portofolio online yang bisa dikatakan sangat mirip dengan Behance.Dribbble populer sebagai web portofolio di kalangan desainer.Kalian bisa dengan mudah membuat akun gratis dan membagikan screenshot dari proses pembuatan desain kalian,rancangan desain,prototipe interaktif,konsep desain aplikasi, dan lebih banyak desain.

DeviantArt

Sebuah situs online untuk pembuat-pembuat seni.Tujuan DeviantArt adalah untuk menyediakan tempat bagi para seniman untuk memamerkan serta membicarakan karya-karya mereka.Pada bulan Agustus 2008, jumlah anggota situs ini telah memiliki 8 juta orang dengan 62 juta pengunjung, dan menerima kurang lebih 80 ribu pengunjung sehari.DeviantArt tidak hanya digunakan oleh masyarakat Indonesia saja.Namun semua artis di dunia bisa mengaksesnya layaknya media sosial.Berbagai macam style pun bisa ditemukan di sini.Mulai dari style manga, realis, cartoonist, semi realistis, hingga seni abstrak.

DeviantArt merupakan situs portofolio online gratis yang diciptakan bagi seniman yang ingin memamerkan hasil karyanya,kalian juga bisa  menjual karya di situs ini kepada orang-orang yang menyukainya.Deviantart juga menyediakan tab shop untuk kalian yang ingin melihat-lihat karya yang dijual oleh orang lain.

EnhanCV

Enhancv adalah situs yang menawarkan banyak fitur pembuatan CV secara gratis.Banyak template dan desain yang tersedia.Kalian juga dapat mengunduh CV yang kalian buat dalam format pdf,namun kalian harus buat akun terlebih dahulu.Enhancv menyediakan versi premium yang berbayar yang lebih lengkap fiturnya,namun kalian juga tetap bisa membuat CV yang keren hanya dengan menggunakan versi gratis saja.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 hours ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 hours ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

24 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

1 day ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago