HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Facebook Creator Studio : Pengertian, Fungsi Dan Cara Menggunakan

Pengertian Facebook Creator Studiofitur facebook creator studio

Facebook Creator Studio adalah sebuah layanan yang dibuat oleh Facebook untuk mengakomodir kebutuhan para content creator serta pebisnis dalam mengelola konten.

Cikal bakal dari layanan creator studio pertama kali diperkenalkan Facebook pada tahun 2017 silam, dimana sebelumnya halaman ini bernama Facebook Creator. Setelah berjalan selama kurang lebih dua tahun, Facebook reator akhirnya berganti nama menjadi Facebook Creator Studio dengan adanya penambahan beberapa fitur yang saling terintegrasi.

Salah satu fitur tambahan tersebut adalah keterkaitan antara data dari Facebook dan Instagram dalam satu dashboard. Sehingga lebih memudahkan para pebisnis maupun content creator untuk mengelola konten mereka.

Terlepas dari sejarah panjang kemunculannya, Facebook Creator Studio sendiri bisa kita manfaatkan untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Misalnya seperti mengatur postingan, melakukan tracking performa campaign, manajemen konten melalui gallery, hingga mengaktifkan opsi monetisasi di akun Facebook maupun Instagram.

Fitur Facebook Creator Studio

1. Insight

Sebagai content creator, fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk mengetahui performa konten yang sebelumnya sudah diterbitkan.

Melalui fitur insight bisa melihat statistik marketing mulai dari pertumbuhan audience, engagement, total impression dan beberapa metrik lainnya selama 7 hari. Data tersebut bisa dikumpulkan dari fanspage Facebook maupun akun Instagram sehingga tidak perlu lagi menggunakan dua tools sosial media monitoring.

2. Galery Konten

Sesuai namanya, menu ini berfungsi sebagai fitur untuk mengkategorikan konten postingan berdasarkan tipe dan karakteristik. Selain bakal memudahkan dalam proses pengelolaan, kehadiran Gallery Konten ini juga akan memudahkan content creator untuk menjadwalkan konten, melihat materi konten yang pernah di posting dan masih banyak fungsi lainnya.

3. Monetisasi

Fitur monetisasi akan memberikan informasi terkait penghasilan serta persyaratan apa saja yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan penghasilan. Facebook sendiri menawarkan opsi monetize atau monetisasi kepada para content creator yang sudah banyak memiliki fans.

Untuk mulai mendapatkan penghasilan, pertama harus mendaftar layanan monetize, kemudian tunggu hingga di approve oleh Facebook seperti halnya ketika mendaftar Google AdSence.

Pada dasarnya, semua informasi yang dibutuhkan terkait masalah monetisasi bisa didapatkan melalui fitur ini. Termasuk halaman yang bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang hasil iklan.

4. Live Dashboard

Di tengah kondisi pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini, layanan video streaming semakin banyak digemari. Selain sebagai sarana hiburan dan menambah wawasan, fitur Live sendiri ternyata terbukti mampu menjadi salah satu kanal efektif untuk menunjang pemasaran.

Agar tidak ditinggalkan oleh pengguna maka Creator Studio pun menambahkan dashboard Live yang bisa dimanfaatkan user untuk berinteraksi dengan audiens.

5. Sound Collection

Sebenarnya tidak banyak yang tahu jika Facebook sudah menyematkan database sound yang bebas digunakan tanpa perlu membayar royalti. Fasilitas ini tentu bisa digunakan untuk memperkaya konten Facebook dan Instagram agar tidak membosankan.

6. Kotak Masuk Pesan

Sebagai platform sosial media yang memiliki jutaan pengguna. Facebook dan Instagram tentu menjadi kolam besar yang diperebutkan banyak orang. Agar interaksi dan engagement semakin maksimal, salah satu caranya yakni bisa respon berbagai pertanyaan dari pengguna melalui kotak masuk atau inbox.

Cara kerja fitur inbox pada halaman Facebook Creator Studio sama seperti kotak masuk di akun media sosial pada umumnya. Bedanya bisa langsung melihat pesan dari Facebook dan Instagram sekaligus. Jadi tidak perlu bolak-balik pindah akun.

7. Pengelolaan Hak Cipta

Sejak dari dulu, permasalahan terkait copyright atau hak cipta di dunia maya memang masih menyisakan tanda tanya. Untuk meminimalisir adanya plagiasi karya, untungnya Facebook mampu menghadirkan fitur Rights Manager yang bisa mendeteksi originalitas sebuah konten secara otomatis.

Manfaat menggunakan Facebook Creator Studio

Tentu saja dengan adanya Tools Facebook Creator Studio ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan secara tidak langsung, berikut adalah beberapa manfaat dengan menggunakan Facebook Creator Studio :

  • Dapat mengunggah banyak video sekaligus, lintas konten ke beberapa Halaman dan menjadwalkan, memperbarui atau menyimpan posting sebagai konsep.
  • Tab Home atau Dashboard utama di Creator Studio berisi umpan posting dari Halaman yang dipilih, beberapa wawasan dasar ke dalam konten dan komposer tempat yang dapat mengunggah konten dan mempostingnya ke salah satu Halaman.
  • Dapat Melakukan Manage untuk semua konten di semua Halaman dalam satu tempat. Dapat melakukan Lihat, filter dan cari semua posting video, foto, tautan dan teks dari semua Halaman. Selain itu dapat melihat wawasan dari dan mengambil tindakan pada setiap posting, seperti mengedit, meningkatkan atau menghapusnya.
  • Dapat Memahami lebih lanjut tentang kinerja, keterlibatan, audiens dan penghasilan. Pada bagian Insight atau wawasan tersedia banyak laporan terkait sosial media Facebook dan Instagram.
  • Dapat Melacak di mana dan bagaimana konten asli yang dilindungi hak cipta, muncul. Halaman Manajer Hak berfungsi dengan mendeteksi konten audio dan video yang cocok dengan file referensi yang diunggah. Dapat menerapkannya di tab Rights Manager di Creator Studio.
  • Creator Studio baik itu Instagram dan Facebook dapat dikelola oleh berbagai Admin atau role lainnya yang bisa dilakukan seperti Admin, Editor, Moderator, Advertiser dan Analyst. Sehingga penggunaan Creator Studio akan lebih maksimal digunakan untuk mengelola secara tim dari suatu bisnis, usaha dan perusahaan.

Cara Mengakses Facebook Creator Studio

Facebook Creator Studio adalah sebuah platform berbasis web yang bisa diakses secara gratis. Harus sudah memiliki halaman Fanspage sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi.

Berikut merupakan langkah-langkah cara mengakses halaman Facebook Creator Studio yang bisa dijadikan sebagai rujukan, yaitu :

  1. Login ke Akun Facebook Personal.
  2. Buka halaman https://business.facebook.com/creatorstudio
  3. Pastikan sudah memiliki akun Facebook serta halaman Fans Page. Jika belum bisa membuatnya terlebih dahulu.
  4. Ikuti langkah-Langkah Pengaturan Facebook Creator Studio.
  5. Selesai.

Kelebihan Dan Kekurangan Facebook Creator Studio

1. Kelebihan facebook creator studio

  • Menambah admin halaman fanspage.
  • Menghapus admin dari fanspage.
  • Melihat iklan aktif secara timline.
  • Melihat jumlah follower di fanspage.
  • Melihat interaksi pengunjung.
  • Mengupload video ke halaman facebook.

2. Kekurangan facebook creator studio

  • Tidak bisa di akses sembarangan oleh admin yang tidak diberikan ijin.
  • Tidak ada opsi banding video atau postingan.
  • Fitur masih belum user friendly.
  • Orang awam pasti akan kesulitan fitur yang terletak di creator studio.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

18 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

22 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago