HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Blog Makanan Terpopuler

Apa Itu Food Blogger?

Food blogger adalah individu atau komunitas tertentu yang tertarik dengan makanan dan ingin berbagi serta mendiskusikan minatnya secara online melalui platform blogging. Blog sendiri adalah buku harian online tempat Anda dapat berbagi pemikiran dengan banyak orang, atau situs web yang menampilkan informasi tentang topik tertentu.

Faktanya, blogging telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, secara sederhana food blogger adalah individu atau komunitas tertentu yang ingin memperkenalkan berbagai masakan lezat kepada dunia. Adanya blog memasak memungkinkan orang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk belajar tentang makanan. Ini juga memberi Anda peluang menghasilkan uang dari internet.

Contoh Blog Makanan yang Populer di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa contoh blog makanan yang banyak mendapat perhatian masyarakat Indonesia:

1. Anakjajan.com

Contoh blog makanan yang pertama adalah anakjajan.com. Beberapa orang yang aktif di dunia media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan pengguna akun ini, karena tidak hanya aktif di platform blogging saja, tapi juga banyak mengunggah foto dan video ke Instagram. Anakjajan.com sendiri didirikan pada pertengahan tahun 2011 oleh Julia Veronica dan Marius Tjenderasa. Karena respon pembaca semakin positif, ia memutuskan untuk menjadikan aktivitas ngemil ini sebagai pekerjaan penuh waktu.

Ternyata keduanya berbagi tugas menulis review makanan, Marius bertanggung jawab atas fotografi dan Julia yang bertanggung jawab atas penulisan makanan. Yang perlu anda ketahui, contoh food blog ini tidak hanya mengupas tentang masakan lezat dari seluruh Indonesia, namun juga sudah beberapa kali jalan-jalan ke luar negeri dengan tujuan untuk merefleksikan masakan lezat internasional, artinya seolah dibawa-bawa. Ini terutama tentang review makanan, tapi misalnya blog makanan anakjajan.com juga membagikan berbagai resep makanan dan rekomendasi restoran.

2. Lulabyspoon.blogspot.com

Misalnya, blog makanan lulabyspoon.blogspot.com dimiliki oleh blogger makanan Cindy Lulaby. Ia didukung oleh rekannya June dalam membuat konten memasak di blognya. Selain review makanan, Cindy selalu mencantumkan harga dan jam buka restoran yang dikunjunginya di blognya. Hal ini memungkinkan pembaca mendapatkan informasi yang lebih lengkap serta menyesuaikan anggaran dan waktu.

3. Eatandtreats.blogspot.com

Misalnya, banyak orang, terutama yang tinggal di Jakarta, sudah familiar dengan blog makanan Eatandtreats.blogspot.com. Hans pemilik blog ini sangat menyukai dunia masak-memasak dan fotografi. Hingga Oktober 2012, ketika orang-orang akhirnya mulai menulis ulasan restoran. Hingga saat ini, contoh blog makanan Eatandtreats.blogspot.com telah menerima sekitar 200.000 tampilan halaman.

Akun Instagram @eatandtreats punya banyak sekali foto makanan penutup atau dessert. Namun tidak jarang kita dapat menemukan menu-menu utama dari berbagai restoran baik di pusat perbelanjaan maupun pasar kaki lima.

4. Myfunfoodiary.com

Contoh blog makanan lainnya adalah myfunfoodiary.com, yang mulai ditulis pada Juli 2012. Meski bekerja sebagai food blogger bukanlah pekerjaan utamanya, ia selalu meluangkan waktu untuk mengeksplorasi berbagai makanan lezat dan unik.

Konten yang dibagikan di blog ini juga berasal dari berbagai restoran di Jakarta dan kota lain di Indonesia. Contoh blog makanan ini telah mencapai 21.000 tampilan halaman setiap hari hingga saat ini.

5. Thefoodescape.com

Contoh lainnya adalah thefoodescape.com, blog makanan karya Daisy Caroline, seorang dokter yang hobi berkeliling dunia untuk menikmati makanan. Dan Yu Kato adalah seorang fotografer makanan dan minuman.

Keduanya telah ngeblog sejak November 2010. Dengan memperhatikan contoh blog makanan oleh Daisy dan Yu Kato, kami juga akan memberikan informasi lengkap tentang berapa banyak yang bisa Anda dapatkan sesuai anggaran Anda.

6. Smittenkitchen.com

Contoh terakhir dari blog makanan adalah Smitten Kitchen. Ini adalah contoh salah satu blog makanan terpopuler dengan lebih dari 800 resep berbagai masakan. Blog makanan Smitten Kitchen dimiliki oleh Deb Perelman.

Dalam semua konten yang dibagikannya, ia mencoba membuat masakan tanpa menggunakan bahan-bahan mahal. Sederhananya, dia ingin resepnya berhasil dengan bahan-bahan yang tersedia. Selain itu, masih banyak lagi tutorial memasak yang lebih sederhana dari biasanya, seperti blog makanan Smitten Kitchen.

Bagaimana Cara Menjadi Food Blogger?

Bagi mereka yang tertarik menjadi blogger makanan, berikut beberapa cara bagus untuk memulai:

1. Menentukan Niche Blog

Langkah pertama untuk menjadi seorang food blogger adalah menentukan jenis blog yang ingin ditulis dan niche blog apa yang Anda tuju. Sama seperti bisnis lainnya, sangat penting untuk memiliki nilai jual yang unik agar blog Anda menonjol dari yang lain.

Diperkirakan terdapat 227 juta blog di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan alasan yang baik kepada pengunjung situs Anda untuk membaca blog kuliner Anda. Cara terbaik untuk menemukan niche Anda untuk blog ini adalah dengan melakukan riset. Temukan blog yang ada dan catat elemen menariknya. Ini membantu Anda menemukan inspirasi untuk blog Anda dengan menyediakan resep lokal terbaik dan ulasan restoran.

2. Pahami dengan Jelas Tujuan dari Blog Kuliner Ini

Selanjutnya silahkan pahami dengan jelas tujuan dari blog kuliner ini. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan, seperti:

  • Untuk siapa blog makanan ini ditujukan?
  • Apa yang spesial dari blog makanan ini?

3. Mulailah Membuat Blog Kuliner Anda Sendiri

Saat memulai sebuah blog, pada dasarnya Anda memiliki dua pilihan. Gunakan platform blogging atau buat situs web Anda sendiri. Namun, banyak orang masih belum memiliki keterampilan teknis untuk membuat situs web, jadi sebaiknya gunakan opsi pertama, platform blog.

Ada banyak platform blog berbayar dan gratis yang tersedia. Saat memilih platform blogging, sebaiknya pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat menjadi food blogger. Seperti apa kemungkinan Anda mendesain blog dan menyimpan berbagai file foto dan video untuk konten artikel.

4. Tingkatkan Penggunaan Media Sosial 

Lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial saat ini. Oleh karena itu, penting juga untuk melakukan pemasaran media sosial. Anda perlu memutuskan platform media sosial mana yang terbaik untuk Anda. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Jika Anda menyasar audiens yang lebih muda, Anda bisa mulai aktif di media sosial seperti TikTok. Anda dapat membagikan resep Anda dengan membuat video pendek.
  • Selain itu, jika Anda ingin membuat video panjang yang merinci cara membuat resep, platform YouTube mungkin merupakan pilihan terbaik.
  • Dan terakhir, bagi Anda yang ingin fokus memotret berbagai kalangan usia, Instagram adalah pilihan yang tepat.

Jadi, selain aktif di blog Anda, sebaiknya Anda juga memanfaatkan platform media sosial lain untuk mempromosikan blog Anda. Apa pun platform yang Anda gunakan, pastikan untuk memposting konten segar secara teratur agar pengikut Anda tetap terlibat dan berkomentar serta meningkatkan keterlibatan.

5. Belajar SEO 

Tentu masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan seperti monetisasi, hosting, dan lisensi. Namun, pastikan juga mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan trafik blog Anda. SEO ini membantu Anda membuat konten berkualitas tinggi yang mudah ditemukan pengunjung sehingga mendapat peringkat lebih tinggi di situs mesin pencari seperti Google.

Cara Membuat Blog Makanan  

Di bawah ini adalah langkah dasar membuat blog makanan menggunakan platform WordPress. Setelah itu, blog foodie Anda akan memiliki nama domain sendiri dan tampilan yang berbeda.

1) Membeli nama domain yang tepat untuk blog kuliner

Saat membeli nama domain, pilihlah nama yang pendek dan mudah diingat, biasanya diakhiri dengan .com. Contoh: hosteko.com. Pada umumnya kebanyakan orang lebih suka menggunakan nama domain yang sama dengan blog yang mereka kelola.

2) Temukan host web yang andal.

Selanjutnya, pilih layanan hosting yang dapat diandalkan sebagai “rumah” bagi blog pecinta kuliner Anda. Jadikan blog makanan Anda dapat diakses di World Wide Web dengan layanan hosting yang tepat. Sederhananya, ketika menggunakan hosting berarti blog Anda resmi aktif.

3) Instal WordPress

Selanjutnya, instal WordPress, perangkat lunak blogging standar industri dan utama. WordPress dapat digunakan secara gratis atau berbayar.

4) Instal Tema WordPress

Tema WordPress ini juga menentukan tampilan dan fungsionalitas website Anda, sehingga memudahkan pengguna membaca konten blog Anda.

5) Persiapkan tools Google

Google menawarkan alat dan layanan untuk membantu Anda melihat lalu lintas situs web Anda, termasuk: Google Analytics dan Search Console. Kedua alat ini gratis untuk digunakan.

6) Instal plugin WordPress

Plugin WordPress ini dapat memperluas fungsionalitas di area tertentu. Misalnya, salah satu plugin WordPress gratis dapat membantu mencegah komentar yang sifatnya spam.

7) Mulai untuk menulis di blog makanan 

Terakhir, jika semua step atau langkah di atas sudah lengkap dilakukan semua, sekarang saatnya untuk memulai menulis resep, maupun foto mengenai makanan. Sangat mudah bukan?  Kamu bisa memulainya dari sekarang ya!

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

20 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

24 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago