HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Jadwal FYP TikTok Untuk Upload Video

Pengertian FYP TikTok

FYP (For Your Page) adalah halaman rekomendasi dari video yang trending di TikTok. Halaman ini akan muncul pertama kali saat membuka aplikasi TikTok.

Dengan masuk FYP di TikTok, peluang untuk mendapatkan banyak views dan engagement video akan lebih besar.

Jika berjualan produk maka peluang untuk mendapatkan customer lebih besar. Jadwal jam FYP TikTok berbeda-beda setiap harinya, karena perilaku pengguna sosial media juga berbeda.

Untuk itu harus tahu dulu jam FYP TikTok, kemudian tinggal upload video baru saja pada akun TikTok sehingga peluang masuk FYP semakin besar.

Cara Kerja Algoritma TikTok

Algoritma TikTok bekerja dengan cara merekam kebiasaan pengguna. Jadi beberapa aktivitas pada TikTok akan direkam kemudian TikTok akan memberikan rekomendasi video sesuai dengan interest.

Contohnya saat sering melihat video tentang fashion, maka video rekomendasi yang muncul seputar video fashion.

Selain itu ada beberapa aktivitas yang bisa mempengaruhi algoritma TikTok bekerja, yaitu :

  • Berkomentar pada video.
  • Memberikan love atau menyukai video.
  • Share video ke sosial media.
  • Menonton ulang video yang sama.
  • Menonton semua video pada salah satu account pengguna.

Berapa Kali Upload Video Agar FYP?

Tidak ada batasan pasti berapa video TikTok harus diupload setiap harinya. Apalagi untuk video yang memerlukan editing dan pengambilan gambar yang sulit, tentu akan menyulitkan jika harus upload setiap hari kecuali sudah memiliki tim TikTok.

Jika mengacu pada akun TikTok yang sudah terkenal, jumlah posting ideal untuk akun TikTok dalam satu hari sekitar 2-5 video setiap hari.

Video TikTok yang diupload pun harus berkualitas, tidak hanya asal publish saja. Selain itu usahakan dalam satu akun TikTok memiliki niche atau tema yang sama dan tidak random video.

Agar nantinya algoritma TikTok bisa dengan mudah merekomendasikan akun pada niche tertentu.

Faktor yang Mendukung FYP TikTok

Sebelum mengupload video TikTok harus tahu dulu demografi penonton dan jam aktif followers akun. Alasannya agar saat video baru TikTok diposting, bisa langsung dilihat oleh para pengguna.

Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Demografi penonton TikTok

Informasi demografi penonton bisa jadi acuan untuk kapan harus membuat kemudian memposting video. Bisa melihat demografi penonton pengguna TikTok lewat fitur Analytics. Nantinya bisa melihat followers, jumlah penonton, lokasi, negara asal dan lainnya.

2. Jam aktif followers TikTok

Faktor keaktifan pengguna menjadi salah satu faktor penentu FYP TikTok setiap hari. Setiap harinya pasti waktunya berbeda tergantung dari followers akun.

Untuk bisa mengetahuinya bisa membuka pada data analytics di dashboard TikTok kira-kira pada jam berapa followers paling banyak aktif. Dari data tersebut bisa menyiapkan konten-konten terbaik untuk diupload.

Jadwal Jam FYP TikTok

Selain harus memahami algoritma TikTok, jumlah upload video dan beberapa faktor yang mempengaruhi FYP di TikTok perlu mengetahui jadwal jam FYP TikTok setiap harinya.

Jadwal FYP hari Senin dan Minggu pastinya berbeda, karena Senin termasuk weekdays sehingga pengguna lebih jarang membuka TikTok. Sedangkan untuk hari Minggu karena weekend, pengguna bisa kapan saja membuka akun TikTok.

Berikut ini sudah merangkum jam FYP TikTok di Indonesia saat ini berdasarkan kebiasaan pengguna. Berikut pembahasannya :

  • Senin

Senin adalah hari tersibuk dalam satu minggu, bagaimana tidak setelah liburan weekend dituntut untuk mulai bekerja atau bersekolah kembali.

Untuk itu waktu yang paling tepat untuk posting video TikTok agar FYP adalah pada jam 12.00-13.00 saat waktu istirahat siang.

  • Selasa

Untuk hari Selasa, kebanyakan para pekerja atau pelajar sudah mulai fokus dengan pekerjaan dan kegiatan mereka.

Bahkan saat jam istirahat pun sering terlewat untuk membuka sosial media TikTok. Untuk jam FYP TikTok hari selama jam 16.00 dan 19.00-21.00.

  • Rabu

Untuk hari Rabu, orang-orang sudah mulai penat dengan pekerjaan atau kegiatan belajar mereka.

Bisa saja sudah stress menghadapi banyak pekerjaan sehingga mencari kegiatan yang bisa buat refreshing salah satunya membuka TikTok. Pada hari Rabu FYP TikTok mulai dari jam 11.00 dan 20.00-21.00.

  • Kamis

Untuk hari kamis waktu upload video TikTok lebih fleksibel karena beban pekerjaan sudah mulai berkurang. Sehingga banyak para pengguna sosmed yang mencari hiburan dengan membuka TikTok.

Waktu trending TikTok biasanya mulai jam 12.00, 16.00 dan 19.00-21.00.

  • Jumat

Pada hari jumat ada dua waktu prime time untuk upload video tiktok yaitu pada jam 11.00-13.00 dan 19.00-22.00.

Prime timenya hari jumat pada istirahat sholat Jumat dan setelah pulang kerja.

  • Sabtu

Hari Sabtu merupakan hari libur untuk beberapa pekerja dan sekolah. Jadi untuk waktu jam FYP TikTok hari Sabtu bisa mulai lebih awal. Prime time hari Sabtu Jam 09.00, 11.00 dan 19.00-21.00.

  • Minggu

Hari Minggu adalah hari libur untuk semua para pekerja dan pelajar. Jadi jam-jam FYP bisa lebih banyak lagi karena keaktifan pengguna TikTok. Bisa upload di jam 07.00, 08.00, 11.00, 16.00 dan 19.00-21.00.

Intinya untuk hari minggu hampir semua waktu bisa berpotensi besar masuk FYP TikTok.

Cara Agar Video Bisa Masuk FYP

Ada beberapa cara yang bisa dicoba, yaitu :

1. Buatlah video yang kreatif dan berkualitas tinggi

Syarat pertama untuk bisa difitur di FYP harus menyiapkan video yang kreatif dan memiliki daya tarik. Pastikan ide unik, tidak hanya menirukan orang lain. Dengan begitu, orang-orang akan penasaran dengannya.

Selain itu, pastikan juga video yang diunggah memiliki kualitas yang tinggi. Gambar yang jernih, diambil dengan angle yang bagus dan memiliki warna menarik tentu lebih memikat.

Tidak perlu memiliki smartphone atau kamera yang bagus untuk membuatnya. Rata-rata kamera smartphone sekarang sudah bisa memenuhi kualitas video di TikTok. Hanya perlu memolesnya dengan editing yang bagus.

2. Buatlah video yang singkat namun jelas tujuannya

Banyak orang sering menganggap bahwa semakin panjang video, semakin menarik pula kontennya. Dilansir Influencer Marketing Hub, justru video yang panjang rawan untuk dilewati oleh para pengguna.

Maka dari itu, buatlah video yang singkat namun dengan tujuan dan maksud yang jelas. Jangan lupa menyertakan element of surprise atau buatlah penonton penasaran dengan video yang dibuat agar mereka betah menontonnya.

3. Jangan lupa tambahkan hashtag di video

Jangan lewatkan penggunaan hashtag merupakan salah satu cara paling mudah untuk menemukan video di TikTok. Cantumkan tagar yang sedang populer agar TikTok bisa menambahkan video ke dalam FYP orang yang sedang mencarinya.

4. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

Musik adalah salah satu unsur yang penting untuk video TikTok. Alasan platform tersebut menyediakan begitu banyak pilihan musik dan tidak akan terkena copyright saat menggunakannya. Tidak hanya itu, menambahkan musik yang telah ramai digunakan ke dalam video TikTok juga bisa meningkatkan peluang video untuk difitur di dalam FYP.

5. Ikuti tren yang sedang diminati pengguna TikTok

Tren TikTok memang tidak ada habisnya. Hampir setiap hari, ada hal baru yang populer dan viral di platform tersebut. Sebagai kreator konten yang pintar harus bisa membaca tren tersebut.

Tidak harus selalu mengikutinya namun pilihlah tren yang sesuai dengan preferensi dan buatlah karya yang unik darinya. Sebisa mungkin berikan elemen yang berbeda dengan video lainnya agar video lebih menonjol.

6. Video yang relatable dan engaging akan terlihat lebih menarik

Jika ingin masuk ke FYP, penting untuk membuat video yang relatable dan engaging untuk orang lain. Maksudnya adalah pastikan orang lain bisa mengerti, memahami dan mungkin mengalami hal yang sama.

Video seperti itulah yang biasanya mengundang banyak penonton. Dengan begitu, kesempatan untuk masuk FYP semakin besar.

7. Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan pengguna lain

Sebagai kreator konten, penting pula untuk “menengok” ke sekitar. Pastikan berinteraksi dengan followers dan kreator lainnya. Entah dengan memberikan like, saling berbalas komentar, dll. Dengan melakukan ini, orang-orang akan semakin mengenal dan tertarik untuk menonton karya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago