HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Jenis-jenis Virtual Account dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi memberikan dampak positif dalam kehidupan manusia, seperti kemudahan di bidang ekonomi. Saat ini transaksi  dapat dilakukan secara online seperti penggunaan e-commerce untuk membantu kita saat berbelanja dimana saja dan kapan saja.

Dengan e-commerce pembayaran akan lebih mudah karena tidak perlu untuk melakukan transfer manual dengan uang cash atau transfer. Sehingga, akan mempersingkat waktu karena tidak perlu untuk mengantri di bank. Cukup menggunakan fitur transaksi dari ATM, Internet Banking atau Mobile Banking, aplikasi OVO, Dana, GO-Pay dan Virtual Account. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan virtual account dengan berbagai alasan seperti lebih praktis, cepat, efisien dan aman.

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account merupakan sebuah rekening tidak nyata yang berisi nomor ID Customer dan dibuat oleh Bank untuk melakukan sebuah transaksi. Dimana, tiap satu transaksi, customer akan mendapat satu nomor ID Virtual Account yang disebut Virtual Account Number yang unik dan berbeda. Dengan Virtual Account, satu rekening bank anda dapat digunakan untuk beberapa akun virtual. Keuntungan dari penggunaan Virtual Account akan memudahkan anda dalam setiap transaksi karena tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Anda hanya perlu membayar sesuai nominal pada tagihan ke nomor virtual account anda.

Cara Kerja Virtual Account

Apabila seorang merchant melakukan tiga pembayaran sejumlah Rp 100.000, maka  satu akun virtual dapat digunakan secara instan oleh pembeli dengan memberi mereka nomor rekening unik untuk melakukan pembayaran. Berikut car kerja dari akun virtual

  1. Merchant memberitahu pembeli untuk melakukan pembayaran ke nomor invoice atau nomor VA yang spesifik untuk transaksi.
  2. Setiap nomor VA akan dihubungkan kepada pembeli maupun ke dalam
  3. Setelah pembayaran diterima, nantinya akan ada notifikasi balik yang dikirim ke merchant, selanjutnya merchant dapat langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice, dimana pembayaran tersebut terjadi.

Fitur Virtual Account

Berikut ini fitur-fitur yang tersedia pada virtual account

1. Open vs. Closed

Open Virtual Account memungkinkan anda untuk menerima nominal dalam jumlah berapapun sedangkan Closed Virtual Account hanya dapat menerima pembayaran yang sudah ditentukan sebelumnya secara spesifik.

2. Fixed vs. Non-Fixed

Fixed Virtual Account terikat pada sebuah entitas dan tidak berubah dari waktu ke waktu dan dikaitkan dengan pembeli akhir.  Sedangkan Non-fixed virtual account biasanya terikat pada suatu invoice.

3. Masa Berlaku

Adanya tanggal kadaluarsa, menyebabkan pembeli tidak dapat membayar akun tersebut jika masa berlaku virtual account suda habis.

4. Single vs. Multiple Use

Seperti namanya Single Use Virtual Account hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi sedangkan Multiple Use Account dapat digunakan untuk beberapa kali pembayaran. Namun, fitur ini hanya tersedia pada Fixed Virtual Account, karena untuk Non Fixed Virtual Account adalah tipe Single Use.

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan Virtual Account

Metode pembayaran dengan menggunakan Virtual Account dapat dilakukan melaklui berbagai Bank di Indonesia.

1. Bank Mandiri

Untuk melakukan pembayaran dengan Virtual Account di Bank Mandiri,dapat anda lakukan melalui transfer ATM, transfer iBanking dan transfer melalui mBanking. Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Bank Mandiri.

2. Bank BRI

Saat ini, Bank BRI juga menyediakan layanan pembayaran dengan Virtual Account. Pembayaran dapat anda lakukan melalui transfer ATM, transfer iBanking atau transfer mBanking.  Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Bank BRI.

3. Bank BCA

Bagi anda pemilik rekening bank BCA juga dapat melakukan pembayaran dengan Virtual Account melalui transfer ATM, transfer KlikBCA, dan transfer m-BCA. Namun, untuk BCA Virtual Account hanya dapat dibayarkan dengan menggunakan rekening sah BCA saja. Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Bank BCA.

4. Bank BNI

Bank BNI juga hadir untuk melakukan pembayaran Virtual Account BNI melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mBanking dan transfer melalui SMS Banking. Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Bank BNI.

5. Permata Bank

Jika anda pemilik rekening  Permata Bank, juga dapat melakukan pembayaran dengan Virtual Account melalui transfer ATM Permata, transfer Internet Banking serta transfer Mobile Banking. Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Permata Bank.

6. Maybank

Maybank juga menyediakan virtual account untuk melakukan transaksi. Pembayaran nya dapat anda lakukan melalui transfer ATM BII Maybank, transfer Internet Banking dan transfer Mobile Banking. Anda dapat mengetahui langkah pembayarannya dengan mengikuti panduan Virtual Account Maybank.

 

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

38 mins ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

23 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago