HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan Dan Kekurangan Adobe XD

Adobe merupakan salah satu perusahaan yang mengeluarkan perangkat lunak yang terbaru yaitu Adobe XD pada tahun 2016 yang lalu.  Adobe XD tidak hanya dapat dijalankan oleh desainer pada pc namun juga dapat dijalankan pada aplikasi mobile.

Adobe merupakan salah satu software yang bergerak di bidang Animasi, Grafis, Video dan pengembangan web. Adobe secara khusus telah membuat suatu ruang untuk membuat desain UI atau UX yang dikenal dengan Adobe XD. Dengan fiturnya yang canggih, menjadikan Adobe sebuah program luar biasa yang responsive dan intuitif, untuk cepat menciptakan sebuah prototype.

Adobe yang disediakan secara gratis untuk mendesain UX atau UI dan prototyping berbagai platform seperti ponsel, tablet, web dan juga platform lainnya. Tentunya memiliki tombol begin tutorial untuk menjelaskan berbagai cara atau proses untuk menggunakan Adobe XD. 

FITUR-FITUR ADOBE XD

Berikut adalah fitur-fitur Adobe XD antara lain :

1.Fitur UX Kits

Dengan fitur ini, akan lebih mudah dan cepat dalam membuat aplikasi asli dan khusus untuk platform Apple iOS, Google dan juga Windows. Untuk mengaksesnya, tinggal klik File lalu pilih Kit UI.

2. Pengulangan Grid

Fitur Repeat Grid untuk membantu menjalankan segala desain tertentu dengan mudah tanpa harus melakukannya secara manual.

3. Symbols

 

Fitur Simbol cara kerjanya cukup mirip dengan aplikasi lain seperti Axure dan Illustrator. Symbols dapat digunakan ketika memiliki objek yang tidak biasa pada beberapa artboards, symbols akan membantu untuk menyelesaikannya.

4. Fitur Creative Cloud Libraries

Salah satu pengguna fitur Creative Cloud Libraries yang membagiaset seperti gaya karakter, warna, gambar, atau elemen lainnya ke aplikasi kreatif adobe. Pada Agustus 2017, Adobe telah menambahkan kemampuan khusus pada Adobe XD agar dapat mengakses aset tersebut.

5. Fitur Prototype

Adobe XD memiliki fitur Prototype yang memungkinkan untuk melihat secara langsung bagaimana aplikasi berjalan, apakah ada hal yang kurang sehingga bisa menyempurnakan.

6. Preview

Fitur yang satu ini berguna bagi yang ingin melihat pratinjau aplikasi secara menyeluruh. Bahkan bisa membagikan prototypenya kepada rekan kerja dalam bentuk pratinjau. Setelahnya rekan kerja dapat memberikan komentar pada artboards.

7. Exports Assets

Fitur Exports Assets berguna untuk mengekspor aset ciptaan untuk diserahkan kepada para pengembang. Dengan Export Assets juga terdapat opsi ukuran, khusus yang menggunakan objek vector.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ADOBE XD

Kelebihan Adobe XD

kelebihan dari Adobe XD yang akan membantu para designer untuk membuat berbagai aplikasi canggih dengan fitur-fiturnya, serta juga kemudahan dalam penggunaannya.

Berikut beberapa kelebihan Adobe XD, yaitu :

1.Focused Design Tools

Alat bantu ini berfungsi untuk membuat permohonan kerja pada aplikasi seluler. Contoh yang bisa dibuat adalah mockup hingga layout layar dan produksi.

2. Asset Design From Photoshop, Illustrator dan Sketch

Selain Adobe XD, perangkat lunak desain lain buatan Adobe adalah Photoshop, Sketch dan Ilustrator. Platform ini sangat memudahkan pekerjaan karena mampu memberikan desaain dari luar ke dalam proyek.

3. Prototyping Tools

Alat ini dirancang untuk menciptakan alur kerja yang siap dan siap untuk dimiliki. Dengan adanya prototyping tools dapat membuat alur kerja yang rinci sehingga dari satu proyek ke proyek lainnya tidak akan saling terganggu.

4. Built-in Sharing

tools Built-in Sharing membantu dalam merekam video selama waktu proses pengerjaan berlangsung. Dengan adanya fitur ini membantu desainer lainnya untuk melakukan pengecekan melalui fitur Creative Cloud. Proses mendesain dapat dilakukan sehingga dipromosikan oleh sang desainer melalui fitur Creative Could.

5. Fast Performance

Adobe XD memiliki penawaran performa cepat, sehingga seberapa banyak pun pekerjaan akan tetap lancar dan cepat.

Kekurangan Adobe XD

Dalam sebuah software atau aplikasi, tentu memiliki kelebihan yang akan membuat nyaman bagi pengguna. Namun beberapa aplikasi juga memiliki kekurangan. Seperti Adobe XD, kelebihannya memang sangatlah menggiurkan, namun software yang satu ini juga memiliki kekurangan yang akan dirasakan ketika menggunakannya.

Berikut merupakan kekurangan dari Adobe XD, yaitu :

1. Prototype Live Preview

Fitur Prototype Live Preview memudahkan untuk mengetahui letak-letak dari desain yang perlu perbaikan, atau melakukan penyempurnaan ketika melihat desain yang sudah selesai dikerjakan. Namun fitur ini baru bisa digunakan pada Mac.

2. Difficult Animating UI

Ketika endesain suatu prototype, maka bisa menunjukkan apa saja yang akan ditampilkan dari aplikasi tersebut. Namun dengan Adobe ini tidak ada tools animasi yang saling support dengan Adobe yang satu ini sehingga hal tersebut cukup menyulitkan pengguna.

3. No CSS Export

Dengan adanya CSS Ekspor membuat designer bekerja lebih cepat dan juga lebih mudah alias simpel. Namun sangat disayangkan, pada Adobe XD tidak terdapat tools CSS Export. Platform photoshop pun sebenarnya juga sudah menggunakan plugin Zeplin.

4. Fitur Copy dan Paste

Fitur Copy dan Paste tentu adalah fitur yang umum berada pada semua aplikasi. Pada perangkat lunak ini pun juga dilengkapi dengan fitur copy paste pada desain. Namun Adobe XD malah membuat fitur copy dan paste yang cukup menyulitkan untuk digunakan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

19 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

21 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago