HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelemahan Hosting Gratis yang Wajib Kamu Ketahui!

Semua yang gratis pasti dinginkan oleh banyak orang. Namun, sesuatu yang gratis pasti memiliki keterbatasan tersendiri. Nah, apalagi kalau hosting gratis, bisa memiliki keterbatasan dari kapasitas penyimpanan, fitur-fitur, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang sedang atau sering cari hosting gratis, yuk pahami beberapa kelemahan hosting gratis berikut ini!

Kelemahan Hosting Gratis

Kapasitas Penyimpanan dan Bandwidth Terbatas

Dalam memilih hosting, perlu untuk memperhatikan kapasitas penyimpanan dan bandwidth. Kapasitas penyimpanan ini sangat penting dalam hosting, mengingat fungsi hosting adalah sebagai media penyimpanan. Namun, ketika kamu memilih hosting gratis, kamu harus siap untuk memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Sebab, kelemahan hosting gratis adalah terletak pada terbatasnya kapasitas penyimpanan.

Selain itu, kelemahan hosting juga terletak pada terbatasnya bandwidth. Bandwidth adalah kecepatan maksimum yang dapat ditransmisikan oleh website dalam 1 detik. Jadi, jika bandwidth terbatas, maka load website juga tidak cepat.

Kurangnya Keamanan pada Website

Keamanan sangat penting jika berhubungan dengan website. Namun, kadang kala penyedia hosting gratis kurang memperhatikan keamanan server. Sehingga banyak serangan checker pada hosting gratis, seperti menonaktifkan akun root, mencari celah port yang masih digunakan, tidak mengaktifkan firewall, dan masih banyak lagi.

Server Sering Down

Server yang digunakan dalam hosting gratis tentu sering mengalami down. Hal ini disebabkan karena, hosting gratis berada di dalam server yang telah terbagi-bagi  dengan hosting-hosting yang lain.

Fitur Optimalisasi Website Terbatas

Website yang sudah berjalan di hosting pasti mengalami proses optimalisasi untuk meningkatkan performa website. Namun, sangat disayangkan bahwa dalam hosting gratis tidak terdapat fitur yang dapat membantu meningkatkan performa website.

Nama Domain Tidak Unik

Nama domain merupakan nama unik dari suatu website. Biasanya nama domain akan disusun dengan berbagai macam pertimbangan. Hal ini karena nama domain dapat dijadikan sebagai branding produk bisnis.

Jika kamu menggunkan hosting gratis, maka kamu juga akan mendapatkan domain gratis. Sayangnya kamu tidak bisa menyusun nama domain sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Sehingga nama domain yang kamu punya terkesan tidak profesional dan tidak berkualitas. Hal ini tentu dapat menurunkan citra perusahaan.

Terdapat Iklan di Website

Munculnya iklan di suatu website tentu akan mengganggu pengunjung saat mengaksesnya. Sebagai pengguna hosting gratis, kamu tidak memiliki kendali penuh atas website dan hosting. Sehingga penyedia layanan hosting gratis dapat dengan bebas menyisipkan iklan di dalam websitemu.

Tidak Adanya Customer Support

Kelemahan hosting gratis selanjutnya adalah tidak adanya customer support.  Customer support berfungis untuk mengatasi permasalahan hosting. Namun, jika kamu menggunakaan hosting gratis dan mengalami kendala atau error dalam penggunaan hosting, kamu tidak bisa bertanya kepada penyedia hosting gratis.

Sering Menjadi Sasaran Penyalahgunaan

Terakhir, hosting gratis seringkali disalahgunakan untuk hal- hal yang kurang baik, seperti pembuatan web phising, virus malware, website yang mengatasnamakan suatu perusahaan, penipuan dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa kelemahan pada layanan hosting gratis. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

10 mins ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

4 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago