HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website yang beredar di internet menggunakan bahasa pemrograman PHP. Bahkan, PHP delapan kali lebih populer dibandingkan ASP.NET, yang merupakan bahasa pemrograman server-side lainnya. Oleh karena itu, beberapa programmer PHP mulai menggunakan framework PHP untuk mengkompilasi baris kode pemrograman.

Meskipun bahasa pemrograman PHP dianggap cukup stabil dan aman, namun telah mengalami evolusi sejak dirilis. Namun, seiring berjalannya waktu, kompleksitas webiste meningkat drastis. Sehingga pengembang harus menulis ratusan hingga ribuan baris kode untuk membuat website, tentunya ini sangat membosankan dan memakan waktu.

Namun, kini tersedia ekosistem framework PHP yang mumpuni yang memudahkan kehidupan programmer saat menulis kode PHP. Tapi apa sebenarnya framework PHP itu? Lalu mengapa harus menggunakan framework untuk menulis kode pemrograman?

Nah, pada artikel ini, Hosteko akan membahas tentang framework PHP dan alasan mengapa kamu harus menggunakannya. Simak sampai akhir ya!

Apa Itu Framework PHP?

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode untuk fungsi yang umum digunakan sehingga mengurangi jumlah kode umum yang perlu ditulis oleh programmer.

Framework PHP menyediakan fungsionalitas umum yang dapat dimodifikasi secara selektif menggunakan kode yang dapat digunakan kembali. Karena aplikasi web berjalan pada framework yang mudah diskalakan, framework PHP menyediakan kode yang terorganisir dengan baik dan dapat digunakan kembali yang membantu programmer berkembang seiring waktu.

Baik kamu seorang pemula atau pengembang berpengalaman, Framework PHP akan selalu membantu kamu menyelesaikan proyek website secara efisien dan cepat.

5+ Keunggulan Framework PHP

Framework PHP menyediakan struktur dasar untuk menyederhanakan proses pengembangan aplikasi website. Banyak programmer menggunakan PHP karena framework PHP terbaik mempercepat proses pengembangan. Ada banyak alasan bagus mengapa menggunakan framework PHP. Alasan tersebut tidak lain karena keunggulan dari framework PHP sendiri.

Berikut adalah keunggulan framework PHP yang perlu kamu tahu.

  • Proses Pengembangan Lebih Cepat

Alasannya adalah hampir semua jenis framework PHP dilengkapi dengan pustaka dan alat yang sudah diinstal sebelumnya sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan.

Misalnya, framework CakePHP memiliki alat command-line Bake yang memungkinkan programmer dengan cepat membuat berbagai kode dasar yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi. Selain itu, beberapa framework PHP populer memiliki pustaka PHPUnit yang terintegrasi untuk memudahkan pengujian.

  • Butuh Sedikit Baris Kode yang Perlu Ditulis

Seperti yang dibahas sebelumnya, dengan menggunakan fungsi yang ada di dalam framework PHP, kamu tidak perlu menulis banyak kode dasar.

  • Menghasilkan Website yang Lebih Responsif

Responsivitass website dan aplikasi yang dibangun dengan framework PHP membantu bisnis memenuhi kebutuhan kinerja mereka.

  • Pustaka untuk Tugas Umum

Banyak tugas yang harus dilakukan pengembang ketika mengembangkan aplikasi web. Contohnya mencakup validasi formulir, sanitasi data, dan operasi CRUD (Create, Read, Update, dan Delete).

Daripada harus menulis kode fungsi sendiri untuk tugas tersebut, kamu bisa menggunakan pustaka yang ada yang merupakan bagian dari framework PHP.

  • Sebagai Praktik Pengkodean yang Baik

Framework PHP biasanya merupakan praktik terbaik untuk proses pengkodean. Misalnya, membagi kode dengan rapi menjadi beberapa direktori sesuai fungsinya.

Framework PHP memungkinkan kamu mengatur kode program dengan cara yang lebih bersih, jelas, dan mudah dipelihara. Beberapa jenis framework PHP juga memiliki konvensi penamaan entitasnya sendiri yang harus diikuti oleh programmer.

  • Lebih Aman daripada Menulis Kode secara Mandiri

Ada banyak faktor eksternal yang mengancam keamanan PHP. Dimulai dari skripting lintas situs, serangan injeksi SQL, dan pemalsuan permintaan lintas situs. Sehingga aplikasi website PHP kamu akan rentan, kecuali jika kamu mengambil langkah yang tepat untuk melindungi kode program menggunakan salah satu jenis framework PHP yang ada.

Framework PHP bukanlah alat alternatif untuk menulis kode dengan aman, namun meminimalkan kemungkinan serangan peretas. Jenis framework PHP terbaik memiliki default sanitasi data dan perlindungan terhadap ancaman umum yang disebutkan di atas.

  • Kerjasama Lebih Baik

Sebuah proyek webiste atau aplikasi biasanya melibatkan banyak pengembang, mulai dari dokumentator, desainer, dan programmer itu sendiri. Proyek dengan banyak pengembang bisa gagal jika mereka tidak jelas dalam dokumentasi, keputusan desain, dan pengkodean.

Sehingga dengan menggunakan jenis framework PHP terbaik memungkinkan pengembang menetapkan aturan dasar yang jelas untuk proyek mereka. Sekalipun pengembang lain tidak terbiasa dengan jenis framework PHP tertentu, mereka harus segera mempelajari seluk beluknya dan bekerja secara kolaboratif

  • Mudah untuk Maintaining

FrameworkPHP mendorong refactoring kode dan mempromosikan teknik pengembangan DRY (Don’t Repeat Yourself). Basis kode yang dihasilkan lebih ringkas dan memerlukan lebih sedikit pemeliharaan. Bahkan sebagai seorang programmer, kamu tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan framework inti.

Nah, itulah alasan kamu harus menggunakan framewoek PHP. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

27 mins ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 hour ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago