HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Keuntungan Yang Diperoleh Dalam Penggunaan Stiker Marketing Untuk Bisnis

Tempelan stiker pada produk memang dipandang sepele bagi sebagian orang.Namun jangan salah.Ada juga trik marketing khusus yang memanfaatkan stiker produk ini : “stiker marketing”.Jika dilakukan dengan benar,stiker marketing bisa menjadi strategi promosi unik terbaru untuk bisnis kalian,Lalu apa saja keuntungan dan cara mempraktekkan stiker marketing ini ?

Berikut ini artikel pembahasannya :

Mengenal Apa itu Stiker Produk ?

Stiker merupakan label kustom yang bisa dicetak di atas beragam material : kertas,plastik dan lainnya.Ciri-ciri stiker yang paling menonjol yakni adanya areal yang lengket berisi lem di salah satu sisi.Dengan begini,kalian bisa menempel stiker pada berbagai tempat sesuai keperluan.

Jadi,Stiker produk adalah label yang sengaja ditempel pada sebuah produk.Coba perhatikan benda-benda yang pernah kalian beli.Hampir semua jenis barang  skincare,bungkus makanan,buku,perabot rumah tangga pasti dilengkapi stiker produk.Stiker pada produk mempunyai peranan yangpenting dalam dunia bisnis.Tanpa stiker ini,produk kalian tidak mempunyai ciri khas yang membedakannya dari barang-barang lain.Selain itu stiker label produk juga bisa mempromosikan bisnis kalian dengan cara yang unik.

Keuntungan Stiker Marketing untuk Bisnis

Kalian sebagai seorang pebisnis harus menyadari pentingnya pemberian stiker pada sebuah produk.Mungkin bagia sebagian orang yang merasa taktik marketing stiker tidak cocok untuk menjangkau tipe konsumen dewasa baginya,stiker merupakan sebuah “mainan” untuk anak kecil.Kenyatanya banyak orang yang senang ketika menerima bonus stiker gratis saat berbelanja.Stiker produk bisa membantu mereka mengenali produk kalian dengan lebih baik.

Berikut ini keuntungan promosi marketing stiker untuk bisnis :

Promosi Murah Meriah

Pembuatan sebuah stiker tergolong sangat murah.Bahkan ada jasa cetak stiker yang menyediakan print stiker di bawah Rp1.000 per lembar.Hasil cetakan stiker bisa tetap dijamin bagus,glossy dan jelas gambarnya.Biasanya pemilik bisnis akan mencetak ratusan atau ribuan stiker product sekaligus untuk mendapat potongan harga lebih banyak.

Alat Promosi Mobile

Tidak seperti sarana promosi lainnya yang pasif (misalnya baliho,banner iklan website atau postingan sosmed),stiker bisa bergerak dengan bebas alias mobile.Tempelkan saja stiker pada produk atau paket konsumen.Stiker akan otomatis menjadi “iklan berjalan”saat item-item tadi didistribusikan.

Misal konsumen 1 membeli produk kalian yang dilengkapi stiker.Lalu produk tersebut dilihat oleh anggota keluarga atau teman-temannya.Melalui stiker yang tertempel,para kerabat konsumen 1 bisa mengetahui apa nama produk kalian.Jadi,sampai nama perusahaan pun bisa diketahui serta bisa menghadiahkan stiker brand pada konsumen atas transaksinya.Ketika stiker tadi ditempel ke benda-benda pribadi konsumen yang dibawa berkeliling,secara tidak langsung stiker kalian sudah mengiklankan brand bisnis ke orang-orang baru.

Hadiah Yang Menghibur

Faktanya Anda tidak perlu terus-menerus bersikap kaku dan profesional dalam mengembangkan bisnis.Kadang kala Anda butuh keberanian tersendiri untuk menjadikan bisnis menyenangkan. “Refreshing” seperti ini bisa berdampak baik untuk mengurangi stres dan tekanan bisnis pada diri Anda, sekaligus mempererat hubungan emosional dengan konsumen.Karena itu,sejumlah bisnis dengan sengaja memberikan hadiah bonus berupa stiker spesial bagi konsumen mereka.Lewat stiker tersebut,perusahaan bisa mengirimkan berbagai pesan penting, simpati dan apresiasi pada pembeli di samping sekadar mencantumkan nama brand.

Dapat Membantu Branding Bisnis

Hampir 80% orang langsung “skip” atau melompati konten iklan karena dirasa mengganggu.Temuan ini serta-merta menjadi tantangan baru bagi semua bisnis.Bagaimana cara mempromosikan bisnis dengan baik kepada konsumen tanpa promosi terang-terangan,tentunya dengan menggunakan trik stiker marketing.

Ketika seseorang memandang sebuah stiker,mereka cenderung tidak menyadari bahwa ada maksud promosi di baliknya.Itulah kekuatan utama stiker : melakukan promosi secara tersembunyi. Menurut studi psikologi,orang-orang cenderung menilai stiker sebagai hadiah bonus atau label identitas produk.Itulah mengapa stiker produk sesungguhnya ampuh digunakan untuk promosi.Apalagi jika kalian sanggup membuat stiker brand lucu,unik dan berkarakter kuat.Orang-orang akan tertarik untuk memasang stiker kalian.

Dapat Bertahan Lama

Stiker yang ditempel ke produk mempunyai kekuatan tahan lama.Sebuah stiker berkualitas baik tidak akan cepat rusak bahkan ketika dibiarkan tertempel selama bertahun-tahun atau terkena air.Kalian sengaja mengkustom stiker label produk supaya tahan air (waterproof),glossy dan mempunyai daya perekat yang kuat.Jadi,kalian tidak perlu khawatir pesan promosi yang dimuat stiker tidak sampai ke tangan konsumen dengan baik.

Pedoman Melakukan Stiker Marketing Bagi Para Pebisnis

Kita sudah tahu bahwa stiker merupakan contoh promosi yang menarik.Untuk membuat stiker promosi berkualitas,kalian bisa mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah :

Pilih Jenis Stiker

Stiker hadir dalam berbagai bentuk.Ada baiknya untuk membuat stiker yang sesuai kebutuhan atau karakteristik usaha.Sejatinya tidak ada aturan khusus dalam membuat sebuah stiker.Namun,sebagai pedoman awal,berikut ini beberapa jenis stiker yang populer digunakan dalam bisnis :

  • Stiker Kromo : dibuat dari bahan kertas dengan daya tahan lebih bagus dari HVS.Namun,stiker ini meninggalkan bekas saat dicabut.
  • Stiker One Way (1 arah) : Stiker 1 arah karena ketika ditempel,kalian tidak bisa melihat di balik sisi yang satu lagi (tidak tembus pandang).Stiker ini bisa ditempel pada permukaan kaca atau cermin saja.
  • Stiker Scotchlite : stiker yang tampak bercahaya karena punya kemampuan memantulkan sinar.
  • Stiker Foil : stiker yang dibuat dari aluminium foil,berwarna emas atau perak,sering digunakan karena memberi kesan elegan.
  • Stiker Vinyl : berbahan dasar vinyl,lentur,kuat,tidak meninggalkan bekas tertempel atau mudah robek.
  • Stiker HVS : terbuat dari kertas HVS,paling banyak digunakan masyarakat,mempunyai daya rekat bagus (kuat),bisa ditempelkan pada label kemasan makanan atau minuman.Namun,stiker ini mudah pudar seiring berjalannya waktu, apalagi jika ditempel di luar ruangan.

Stiker brand produk bisa dikemas dalam beberapa pola aturan standar berikut :

  • Label kemasan produk : 1,5 cm atau 1,5 x 15 cm (diameter) untuk bentuk persegi panjang dan lingkaran.Ukuran 7 cm atau 7 x 7 cm untuk bentuk segi empat sama sisi.
  • Stiker cutting : tidak punya ukuran pasti karena menyesuaikan dengan pola desain stiker.Ada stiker cutting ideal berukuran 4 x 6 cm atau 9 x 13 cm.
  • Label ATK,inventaris,buku bisnis milik perusahaan : berbentuk persegi panjang dengan ukuran 1,8 x 5 cm atau 3,7 x 7,5 cm.

Susun Strategi Penggunaan Stiker

Misal kalian menempelkan stiker beli 2 gratis 1 pada pamflet promosi.Orang yang melihat pasti akan langsung tertarik berbelanja di toko kalian.Di sini stiker berguna untuk mengiklankan diskon yang sedang berlangsung atau bisa menempelkan stiker Wi-Fi gratis pada toko.Stiker tersebut bisa menjadi pajangan menarik yang dapat memancing minat orang-orang yang lewat untuk mampir berkunjung.

Sesuaikan dengan Konsumen Target

Supaya tidak rugi sudah membuat banyak stiker,cari tahu dulu apakah calon konsumen sasaran menyukai stiker yang kalian buat.Faktanya,setiap orang pasti menyukai bentuk stiker yang berbeda.

Misal konsumen wanita yang lebih suka stiker-stiker lucu,menggemaskan dan memiliki warna-warni cantik.Sedangkan konsumen pria lebih memilih stiker-stiker keren,berwarna gelap yang mencerminkan karakter manly.Jika konsumen anak-anak, mereka lebih suka stiker bergambar kartun lucu.Strategi iklan kalian akan berjalan dengan lebih mulus jika mampu menyesuaikan bentuk stiker dengan calon penerimanya.

Membuat Stiker Custom Sendiri

Setiap bisnis memiliki ciri khas,ikon dan profilnya masing-masing.Bahkan 2 bisnis yang menjual produk serupa pasti memiliki branding yang berbeda.Karena itu,kalian wajib membuat stiker label produk custom sendiri.Jangan mencontek stiker milik orang lain karena dianggap plagiat,tidak mencerminkan toko sendiri dan secara tidak langsung membantu promosi perusahaan lain.

Saat ini sudah banyak sekali jasa pembuatan stiker kustom bisnis dengan harga murah.Kalian tidak perlu cemas jika tidak tahu cara desain stiker yang baik.

Mendistribusikan Stiker Dengan Cermat

Beberapa trik pemberian stiker untuk bisnis online misal :

  • Tempelkan stiker pada kemasan produk yang dibeli sebagai label informasi produk.
  • Tempelkan stiker pada paket untuk memperjelas bahwa pesanan tersebut asli datang dari toko kalian.
  • Beri stiker bonus sebagai hadiah bonus (freebies) atas transaksi.
  • Buat stiker digital yang ditempel pada pamflet promosi online yang disebarkan,Instagram Stories,Reels,video Tiktok atau YouTube dan lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang promosi menarik menggunakan Stiker Marketing.Stiker produk dapat menjadi “iklan berjalan” yang memperkenalkan brand kalian ke lebih banyak orang di luar sana.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

24 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago