HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi. Namun masih banyak orang yang menanyakan biaya pembuatan website.

Dalam konteks ini, biaya untuk membuat website sebenarnya bervariasi. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan website itu sendiri. Ada yang sederhana, ada juga website yang kompleks dengan segala fiturnya. Karena itu, harga pembuatannya juga bervariasi.

Lama Waktu Pembuatan Website?

Website merupakan kumpulan halaman yang isinya berupa informasi tertentu yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun asal terhubung dengan koneksi internet.

Membuat website sendiri memerlukan beberapa komponen, antara lain domain, hosting, konten, kode pemrograman, dan tampilan. Komponen-komponen inilah yang membentuk sebuah website hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga mempengaruhi harga pembuatan sebuah website.

Jika kamu ingin membuat website dengan konten sederhana, kamu tidak perlu menggunakan fitur rumit yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Jadi, pilihlah harga website yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Mengenai teknis pembuatannya juga tergantung pada seberapa kompleks website. Hal yang sama berlaku untuk waktu yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Pasalnya, tidak hanya melakukan proses set up, tetapi juga membuat beberapa bahasa pemrograman atau kode web yang juga membutuhkan waktu berbulan-bulan. Ditambah lagi, kamu perlu melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan kualitas website tidak menurun, setelah website aktif.

Sebenarnya, banyak orang lebih memilih menggunakan jasa pembuatan website karena efektifitas dan efisiensi waktu. Bahkan, ada juga yang menggunakan website builder yang semua kodenya telah dibuat sebelumnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk fokus hanya pada bagian pendukung, seperti menjalankan iklan, meningkatkan SEO, dan memperbarui konten.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin membuat website sendiri. Biasanya mereka lebih suka menggunakan WordPress karena dianggap mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Lalu berapa biaya membangun website menggunakan hosting WordPress?

Harga Pembuatan Website WordPress

Salah satu Content Management System (CMS) yang masih sangat populer di kalangan banyak orang adalah WordPress. Ini karena CMS WordPress sangat mudah digunakan, bahkan kamu tidak perlu membuat website dari awal sampai akhir.

Jika kamu menggunakan WordPress, kamu cukup menginstalnya dan website bisa langsung aktif. Kemudian kamu juga dapat menambahkan beberapa fitur lain ke website hanya dengan menggunakan plugin yang relevan.

Selain itu, WordPress memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur esensial hanya dengan beberapa klik dan terdapat banyak tema gratis untuk memudahkan proses desain. Karena kemudahan ini, 39,3% website di seluruh dunia memilih menggunakan WordPress.

Harga pembuatan website WordPress sebenarnya sangat bervariasi. Ini karena harga pembuatan website ditentukan oleh jenis, skala, dan fitur yang digunakan. Namun jika kamu masih belum nyaman melakukannya sendiri, kamu juga bisa mencoba menggunakan jasa pembuatan website. Tentu saja, hal ini menjadi lebih mudah karena kamu bisa langsung menjalankan website siap pakai.

Namun, harga jasa pembuatan website itu sendiri juga bervariasi. Ini karena tingkat kesulitannya selalu berbeda-beda tergantung tujuan pembuatan website. Orang yang menyediakan jasa pembuatan website sering disebut web developer. Mereka akan mengurus hosting website, set up, desain, pembuatan kode, bahkan hingga pemeliharaannya.

Komponen Penting dalam Pembuatan Website

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa harga pembuatan website bervariasi tergantung dari beberapa aspek, seperti jenis, skala, dan fiturnya. Namun, biaya pembuatan website umumnya terdiri dari komponen penting berikut:

1. Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan data dalam bentuk teks, gambar, atau video, yang kemudian dikemas ke dalam format yang disebut website. Hosting ibarat kavling, yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu dan dimaksudkan untuk digunakan sebagai tempat mendirikan bangunan.

Di Hosteko sendiri menyediakan layanan hosting dengan performa mumpuni dengan harga terjangkau. Kamu bisa lihat detailnya di halaman hosting ya!

2. Domain

Domain adalah alamat website. Dengan kata lain, domain adalah alamat yang mengarahkan pengunjung ke lokasi kavling atau bangunan. Domain biasanya berbentuk situsanda.com atau situsanda.id.

Domain biasanya memiliki akhiran yang disebut ekstensi domain. Ada dua jenis ekstensi domain, yaitu

    • TLD (internasional), seperti .com, .net, .org, dan sebagainya
    • Domain ID, yaitu domain khusus wilayah Indonesia, seperti .id, .co.id, .or.id, dan sebagainya.

Pemilik website yang berasal dari Indonesia dianjurkan untuk menggunakan Domain ID. Ini karena akan membuat pengunjung website lebih yakin bahwa website kamu benar-benar dari Indonesia dan menghindari menimbulkan kesan abal-abal.

3. Desain

Berikutnya adalah desain WordPress. Telah disebutkan sebelumnya bahwa WordPress menawarkan banyak tema gratis. Kamu dapat memilih beragam tema untuk membuat tampilan WordPress lebih menarik. Namun, jika kamu membutuhkan fitur tambahan, kamu juga bisa memilih tema berbayar yang berfitur lengkap.

4. Plugin

Lalu ada plugin, yaitu tools atau alat yang membantu kamu menambahkan fitur tertentu pada website. WordPress memiliki banyak plugin yang dapat digunakan secara gratis.

5. Tambahan Keamanan

Aspek terakhir ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan, namun sangat penting. Jika kamu memiliki website sendiri, sebaiknya gunakan sistem keamanan yang terjamin. Pasalnya banyak data penting yang perlu dijaga kerahasiaannya tersimpan di sana. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk bersiap menghadapi biaya keamanan tambahan.

Nah, itulah beberapa komponen penting dalam pembuatan website. Semoga bermanfaat!

5/5 - (2 votes)
Dwi H

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

7 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

8 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

9 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago