HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Komputer Generasi Kedua : Sejarah, Ciri serta Contoh

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Pada generasi ini komputer sudah menggunakan Transistor sebagai Processornya dan mulai digunakan pada tahun 1956. Penemu transistor tersebut adalah tiga orang fisikawan asal Amerika yaitu Jhonw Barden, Walter Houser Brattain dan William Brandfod pada tahun 1948. Transistor menggantikan tube vakum, sehingga ukuran mesin elektrik yang berukuran besar menjadi lebih kecil.

Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Pada generasi ini pula Komputer sudah menggunakan Bahasa Assembly yang menggantikan bahasa mesin. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan untuk menggantikan kode biner.

Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. IBM membuat komputer ini dengan nama LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom, karena dapat menangani sejumlah data besar dan kemampuannya yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan yaitu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California dan US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Pada awal 1960 komputer generasi ini mulai di gunakan pada bidang Bisnis, Universitas, dan Pemerintahan. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Ciri Komputer Generasi Kedua

Untuk memahami lebih lanjut, perhatikan ciri komputer generasi kedua berikut ini :

  • Komputer generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan komputer pada generasi pertama.
  • Komputer generasi kedua sudah menggunakan transistor sebagai pengganti vacum tube (tabung hampa).
  • Kapasitas penyimpanan pada komputer generasi kedua lebih luas berkat penggunaan teknologi magnetic core storage (inti magnetik).
  • Daya listrik yang dibutuhkan oleh komputer generasi kedua lebih kecil dari komputer generasi pertama. Sehingga daya lebih efisien dan hemat.
  • Proses sistem operasi pada komputer generasi kedua semakin meningkat, hingga jutaan operasi per detik.
  • Sudah mempunyai kemampuan untuk proses real time dan juga prinsip time sharing.
  • Sudah didukung dengan adanya removable disk atau penyimpanan eksternal yang berbentuk magnetic disk dan juga magnetic tape.
  • Pada pemograman komputer generasi kedua sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi berupa singkatan seperti COBOL yang berarti Common Bussines Oriented Language yang mana menggantikan kode biner yang dianggap rumit dan sulit dipahami.
  • Komputer generasi kedua berorientasi pada aplikasi bisnis dan juga teknik. Hal tersebut berbeda dengan komputer pertama yang hanya fokus pada aplikasi bisnis saja.

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 PDP-1, PDP-8, Burroghts 200 dan lainnya.

Contoh Komputer Generasi Kedua

Setelah muncul perkembangan komputer generasi pertama, kemudian mulai bermunculan banyak industri yang ikut berperan dalam perkembangan komputer generasi kedua. Terdapat beberapa komputer pada generasi kedua yang cukup populer, diantaranya :

  • PDP

PDP adalah nama komputer keluaran Digital Equipment Corporation. Pada tahun 1959 muncul PDP-1, kemudian PDP-5 didemontrasikan pada tahun 1963, selanjutnya pada tahun 1964 disusul oleh PDP-8. Yang mana PDP-8 adalah mini komputer yang digunakan untuk memproses data dan mampu meramaikan pasar komputer pada saat itu.

  • Honelwell 400
  • Burroghts 200
  • ILLIAC-11
  • IBM 1401

Pada tahun 1965, IBM 1401 mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum. Selain IBM 1401, terdapat versi IBM yang lain, meliputi  IBM 700, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400 dan IBM 1600 yang semuanya adalah komputer generasi kedua. Sementara IB 1401 merupakan tipe komputer IBM yang paling umum digunakan oleh perusahaan industri.

  • UNIVAC III

Komputer ini merupakan perangkat digital hasil perbaikan dan pengembangan UNIVAC I dan UNIVAC II. Tidak hanya menggunakan transistor, namun UNIVAC III juga dirancang untuk melakukan berbagai format data. Akan tetapi, semua perubahan tersebut berpengaruh pada set instruksi serta ukuran kata sehingga memerlukan penulisan ulang pada semua program.

Karena kendala tersebut, alih-alih memperoleh UNIVAC yang lebih canggih, justru banyak pelanggan yang memilih berganti komputer.

Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Kedua

  • Kelebihan
    • Bentuk yang lebih efisien.
    • Lebih luas dalam penerapan kehidupan, seperti aspek kesehatan, pendidikan, industri, dan lainnya.
  • Kelemahan
    • Transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, sehingga berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer seperti quartz rock (batu kuarsa).
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 hour ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago