HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Langkah Mudah Untuk Meningkatkan SEO Website Menggunakan Hashtag URL

Cara meningkatkan SEO website dengan menggunakan strategi hashtag URL,tentunya sudah banyak yang tahu.SEO URL symbol ini rupanya salah satu topik belajar SEO dasar yang harus dikuasai.

Simbol hashtag (#) memang lebih terkenal penggunaannya di sosial media ketimbang website.Jadi,kebanyakan orang tertarik belajar SEO dasar seputar pemakaian hashtag URL untuk web.

Ingin tahu bagaiamana cara meningkatkan SEO website menggunakan hashtag URL symbol ? Mari simak pembahasan berikut ini :

Pengertian Hashtag URL

Ada beberapa URL structure yang memuat simbol hashtag (#) di dalamnya.Benarkah URL structure seperti ini mampu mempengaruhi peringkat SEO website atau pemakaian SEO URL hashtag justru membuat web kalian diabaikan oleh algoritma Google ? Jadi,penting bagi kalian untuk memahami perbedaan fungsi hashtag di sosial media dan di URL structure. Di sosial media,hashtag berfungsi untuk mengelompokkan postingan supaya mudah dicari audiens.Tapi di URL structure,hashtag berfungsi sebagai anchor tag atau fragment identifier.

Anchor tag merupakan alat bantu navigasi yang bermanfaat mengarahkan audiens pada bab atau sub bab website.Misal sebuah website memiliki 5 bab bahasan di dalamnya dan audiens ingin membaca salah satu bab saja.Jadi,hashtag URL symbol yang membantu mengarahkan mereka ke bab tujuan.Karena itu,pemakaian hashtag URL symbol dinilai praktis menjadi cara meningkatkan SEO website bisnis.Inilha alasan SEO URL hashtag penting dipelajari.

Contoh URL Structure dengan Hashtag

Berikut ini contoh URL structure yang memuat sistem hashtag di dalamnya :

  • websitebisnis.com/artikel.html!#bab1
  • websitebisnis.com/fashion.html!#baju
  • websitebisnis.com/buah.html!#anggur

Perhatikan bahwa bagian yang ditandai tebal (bold) merupakan 2 unsur yang saling berkaitan.Seperti bab 1 sebagai bagian dari artikel,baju adalah bagian dari fashion dan anggur bagian dari buah.

Jangan sampai kalian menggunakan SEO URL hashtag untuk merujuk bagian pembahasan yang tidak sejalan (linier) dengan topik utama bahasan.Tentunya pembaca menjadi kebingungan mendapati hasil penelusuran yang tidak sesuai.

Cara Kerja Google Memahami Hashtag URL

Google tidak memperlihatkan 2 hasil penelusuran berbeda pada website-website yang memuat unsur hashtag di URL-nya. Ketika audiens menemukan artikel kalian,Google hanya akan menampilkan 1 hasil link saja,misal :

www.websitebisnis.com/fashion.html.

Fitur hashtag URL symbol baru bekerja ketika pembaca sudah berada di dalam artikel.Kapanpun mereka klik sub-bab bahasan atau heading,barulah link URL tadi akan berubah mengikuti bahasan yang diklik,misal :

  • websitebisnis.com/fashion.html!#kaos
  • websitebisnis.com/fashion.html!#jaket
  • websitebisnis.com/fashion.html!#kemeja
  • websitebisnis.com/fashion.html!#kebaya

Browser pembaca tidak menyalurkan informasi anchor tag ke sistem server website remote.Alhasil server tetap menganggap pembaca mengakses artikel yang sama,meski mereka sesungguhnya sedang mengakses bab/sub-bab tertentu dengan hashtag berlainan.

Google juga mengadopsi sistem yang sama.Tidak peduli seorang pembaca mengakses berbagai hashtag URL artikel,Google tetap menghitung hanya ada 1 pengunjung yang mendatangi website kalian.Hal ini,dikarenakan semua URL (seperti di contoh) mengarah ke satu link yang sama (www.websitebisnis.com/fashion.html)

Manfaat SEO URL Hashtag Bagi Bisnis

Cara meningkatkan SEO website lewat hashtag tetap mempunyai banyak kegunaan dan manfaat baik untuk mendukung pertumbuhan bisnis online kalian,seperti :

  • Memperkecil Bounce Rate

Bounce rate merupakan jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website kalian sebelum benar-benar membaca isi halaman.Setiap website pasti memiliki bounce rate,Namun tugas kalian hanya memastikan angka tersebut cukup kecil.

Karena,website dengan bounce rate tinggi akan dipandang sebagai web buruk.Google akan menilai bahwa web tidak menyajikan info yang relevan sehingga pengunjung langsung pergi begitu tiba di halaman artikel.Pemakaian hashtag di URL dapat menjadi strategi ampuh menurunkan bounce rate karena dapat menunjukkan informasi yang sesuai secara instan di hasil penelusuran.

  • Memudahkan Bagi Audiens Menyimak Konten

URL structure yang dilengkapi hashtag mempermudah audiens dalam menyimak konten.Faktanya,tidak semua orang ingin membuang waktu membaca artikel dari atas sampai bawah.Mayoritas orang hanya tertarik menyimak inti informasi yang sesuai pertanyaan masing-masing.Jadi,dengan hashtag,audiens tidak harus repot scroll mencari bagian yang memuat informasi sesuai kebutuhan.Sebab,hashtag sudah menyortir semua informasi ke dalam sub-bab yang lebih praktis.

  • Memaksimalkan Tampilan Web Di Google

URL berhashtag dapat memberi semacam kode pada algoritma Google untuk langsung menampilkan sub bab atau heading yang memuat informasi sesuai penelusuran pengunjung.Jadi,penyelipan unsur hashtag di struktur link web terbukti membantu memaksimalkan penampilan artikel di Google.

Dengan begitu,semua pihak mendapat keuntungan : website kalian memperoleh klik,pengunjung mendapat informasi yang dibutuhkan dan Google mendapat penilaian terbaik karena mampu menampilkan informasi relevan.

  • Meningkatkan Ranking Website

Semua keuntungan di atas nantinya akan mengarah pada keuntungan utama yakni meningkatkan ranking website di halaman penelusuran Google. Selain itu, pemakaian anchor tag pada URL membantu ‘meyakinkan’ Google bahwa artikel Anda memuat banyak link pendukung URL utama. Alhasil kualitasnya akan dinilai lebih oke ketimbang artikel web lain.

Inovasi Hashtag URL : Hashbang (#!)

Para pakar SEO lebih menyarankan penggunaan hashbang (ditandai dengan #!) pada link URL daripada hashtag (#) saja.Studi terbaru juga menunjukkan bahwa hashbang memiliki performa yang lebih canggih daripada hashtag biasa.Tanda hashbang tersebut dikembangkan oleh Google sendiri untuk menyempurnakan fungsi hashtag.Teknologi ini sengaja dikembangkan untuk menyeimbangkan fungsionalitas web dan web-app.Hashbang memungkinkan untuk menambah berbagai fungsi dinamis di halaman web tanpa refresh.

Hashbang juga memberi tanda pada Google jika ada variasi konten berbeda di artikel kalian.Jadi,Google akan menghitung setiap klik dari pengguna pada artikel karena menganggap setiap sub-bab sebagai poin yang berbeda.

Jika ingin Google men-crawling dan indeks 2 laman web berbeda,sebaiknya gunakan 2 link URL terpisah tanpa fragment hashtag atau hashbang.Cara ini lebih baik untuk menghindari kekeliruan penafsiran maksud strategi SEO oleh mesin Google.

Cara Untuk Memanfaatkan Hashbang SEO URL

Bagi yang tertarik mencoba cara meningkatkan SEO website dengan hashbang,disarankan untuk turut serta mengaktifkan setting Google Analytics kalian.Aplikasi gratis ini terbukti mempermudah pengaplikasian cara meningkatkan SEO website kalian dengan beragam cara.

Google Analytics dapat membantu melacak setiap anchor tag yang bekerja di situs kalian.Jadi kalian bisa lebih mudah memantau jumlah klik yang didapat setiap hashbang pada URL.Kalian juga bisa mengetahui apakah ada hashbang yang error (broken link) dengan mudah melalui Google Analytics. Alhasil kerusakan bisa segera diperbaiki dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga maksimal. Selamat mencoba!

Demikian pembahasan artikel belajar SEO dasar edisi kali ini seputar pemanfaatan hashtag sebagai salah satu URL symbol. Semoga penjelasan di artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian,khususnya seputar cara-cara meningkatkan SEO website.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

10 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago