HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Dia Caranya Membuat Server Teamspeak 3 dengan Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Server Teamspeak 3 – Bermain game sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi semua orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Beberapa orang bermain game untuk hiburan atau kepuasan diri sendiri. Namun ada juga yang menganggap serius kompetisi, misalnya dengan mengikuti turnamen e-sports. Terutama untuk permainan tim.

Komunikasi yang lancar dan tepat selalu dibutuhkan saat bermain dan mengikuti turnamen game. Selain chatting, komunikasi real-time melalui suara juga dapat dilakukan. Alat komunikasi yang umum digunakan saat berpartisipasi dalam permainan dan turnamen permainan termasuk Discord dan Teamspeak. Jadi dalam artikel ini, kita akan mulai dengan apa itu Teamspeak dan membahas lebih detail tentang cara membuat server Teamspeak.

Definisi Teamspeak

Teamspeak adalah aplikasi komunikasi yang menggunakan teknologi Voice-Over-Internet Protocol (VOIP) untuk memungkinkan Anda berkomunikasi dengan banyak orang dalam jarak jauh, selama Anda memiliki koneksi Internet. Saat Anda menggunakan Teamspeak, komputer Anda secara otomatis terhubung ke server Teamspeak melalui perangkat lunak klien yang kami sediakan. Terhubung ke server Teamspeak, memungkinkan pengguna berkomunikasi langsung dengan pengguna lain.

Sasaran utama dari aplikasi Teamspeak sendiri adalah para gamers. Hal ini dikarenakan kebanyakan game dimainkan dengan banyak pemain (multiplayer). Oleh karena itu, komunikasi suara diperlukan untuk membuat permainan menjadi bersemangat. Server Teamspeak ini tersedia gratis hingga 32 slot. Selain itu, Anda dapat membuat server Teamspeak Anda sendiri baik secara lokal maupun di VPS.

Keunggulan Teamspeak

Alasan mengapa para gamer lebih memilih Teamspeak tidak diragukan lagi karena kelebihan dari Teamspeak itu sendiri. Ada beberapa faktor yang dapat Anda gunakan untuk membandingkan Teamspeak dengan VOIP serupa. Keuntungan dari Teamspeak meliputi:

  • Teamspeak berfokus pada komunikasi suara, namun komunikasi teks juga tersedia.
  • Teamspeak juga berfokus pada audio berkualitas tinggi yang diberikan kepada penggunanya.
  • Anda dapat membuat server Teamspeak Anda sendiri.
  • Teamspeak mendukung banyak plugin. Menambahkan plugin untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda, termasuk plugin audio 3D
  • Teamspeak memberikan kualitas audio yang luar biasa. Misalnya, ia menyediakan kemampuan untuk menyesuaikan audio mikrofon, peredam bising, dan gema secara otomatis.
  • Dalam hal keamanan, Teamspeak mengungguli perangkat VOIP lainnya. Hal ini karena Teamspeak menggunakan military-grade security. Memuat server Teamspeak Anda sendiri memberi Anda kendali penuh atas server tersebut, dan Anda dapat menggunakan izin untuk memutuskan siapa yang dapat bergabung dan apa yang dapat mereka lakukan
  • Teamspeak dikenal lebih stabil. Ini karena Teamspeak tidak menggunakan server cloud
  • Teamspeak memiliki aplikasi versi seluler yang memungkinkan Anda berpartisipasi dengan mudah dalam obrolan suara

Cara Membuat Server Teamspeak 3

Seperti yang telah disebutkan, membuat server Teamspeak sendiri memungkinkan Anda terhubung hanya dengan teman gamer atau secara pribadi. Cara membuat server Teamspeak 3 adalah dengan menjalankan dan menginstal sistem operasi pada VPS.

Untuk persiapan membuat server Teamspeak 3 di CentOS VPS:

Melakukan Update Sistem

Langkah pertama dalam membuat server Teamspeak 3 adalah melakukan update sistem. Jika Anda ingin menginstal atau menambahkan sesuatu ke VPS Anda, biasakan untuk mengupdate atau mengupgrade sistem Anda terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pembaruan seiring dengan penambahan fitur baru pada sistem. Jika Anda pengguna CentOS, Anda dapat menjalankan perintah berikut:

yum -y update

Membuat Pengguna Baru

Setelah pengupdatean sistem selesai, Anda dapat membuat pengguna baru. Tujuan pembuatan pengguna baru adalah untuk memungkinkan server Teamspeak beroperasi dalam mode pengguna secara terpisah dari proses lainnya.

adduser teamspeak

Selanjutnya, masuk ke direktori home pengguna baru dengan menjalankan perintah berikut:

cd / home / teamspeak

Download dan Extract Teamspeak 3 Server

Selanjutnya download aplikasi TeamSpeak 3 Server untuk VPS. Di Linux, command wget memudahkan pengunduhan. Anda dapat menjalankan perintah berikut:

wget http://dl.4players.de/ts/releases/3.12.1/teamspeak3-server_linux_amd64-3.12.1.tar.bz2

Selanjutnya, jalankan command berikut untuk mengekstrak folder Teamspeak 3 Server yang Anda download tadi.

tar xvf teamspeak3-server_linux_amd64-3.12.1.tar.bz2

Hasil proses ekstraksi ditampilkan di direktori teampeak3-server_linux_amd64. Untuk kenyamanan, Anda dapat memindahkan seluruh isi folder teampeak3-server_linux_amd64 ke direktori /home/teamspeak dan menghapus arsip yang diunduh. Untuk informasi lebih lanjut, jalankan command berikut:

cd teamspeak3-server_linux_amd64 && mv * /home/teamspeak && cd&& rm -rf teamspeak3-server_linux_amd64-3.

Otorisasi Lisensi Server Teamspeak 3

Anda harus menerima formulir otorisasi sebelum mulai menggunakan aplikasi. Ini bisa berupa perjanjian pengguna atau lisensi. Oleh karena itu, sebelum Anda dapat menggunakan Server Teamspeak 3, Anda harus menerima lisensi Server Teamspeak 3 terlebih dahulu. Anda dapat menjalankan perintah berikut:

touch /home/teamspeak/.ts3server_license_accepted.

Memulai Server Teamspeak 3

Selanjutnya, mulai Server Teamspeak 3. Anda dapat memulai server Teamspeak 3 yang Anda buat dengan menjalankan command berikut:

systemctl enable teamspeak.service
systemctl start teamspeak.service

Anda dapat memeriksa apakah server Teamspeak 3 Anda berjalan di VPS CentOS Anda dengan menjalankan perintah berikut:

service teamspeak status

Untuk memeriksa seluruh server Teamspeak 3, jalankan command berikut:

systemctl | grep teamspeak.service

Setelah Anda selesai mengaktifkan server Teamspeak 3 untuk pertama kalinya, gunakan client Teamspeak untuk mengaktifkan server yang Anda perlukan untuk membuat kunci administrator yang akan membantu Anda terhubung. Silakan jalankan perintah ini.

cat /home/teamspeak/logs/ts3server_*

Menghubungkan Server dengan Client Teamspeak

Setelah melakukan semua langkah sebelumnya, kini Anda dapat terhubung ke server melalui Client Teamspeak. Caranya, masukkan alamat IP VPS dedicated Anda pada kolom Server Nickname or Address. Kemudian masukkan kunci administrator yang Anda tetapkan sebelumnya.

Ringkasan

Teamspeak adalah aplikasi komunikasi VOIP (Voice-over-Internet Protocol). Selain gratis untuk digunakan, Teamspeak juga bisa dibuat di VPS Anda sendiri. Membuat server Teamspeak 3 di CentOS VPC itu mudah. Semoga ini membantumu ya!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Waspada! Cara Sederhana Mengatasi 504 Gateway Timeout Errors

Halo Sobat Hosteko! Saat Anda mengakses Internet, Anda mungkin pernah menemukan pesan error. Pesannya akan…

1 hour ago

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

21 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

1 day ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago