HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Drupal CMS Untuk Website

Ada CMS selain WordPress untuk membuat dan mengelola situs web. Drupal CMS merupakan istilah yang jarang Anda dengar, sehingga mungkin merupakan istilah yang asing bagi masyarakat umum. Namun, mereka berbeda dengan mereka yang terlibat dalam kegiatan pengembangan website. Drupal adalah salah satu CMS paling populer untuk membuat dan mengelola situs web dan pesaing WordPress.Dengan adanya Open source ini memberikan kemudahan bagi pemilik website dalam membuat, mengembangkan, dan mengelola websitenya.

Pengertian Drupal

Drupal merupakan aplikasi database open source yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pembuatan aplikasi sudah dilisensikan atau diizinkan oleh GPL, dan Anda bebas mengunduh, menggunakan, dan mengembangkannya sesuai keinginan Anda.
Drupal adalah Content Management Systems (CMS) yang dikembangkan pada tahun 2000 oleh mahasiswa Belgia. Drupal CMS merupakan pesaing CMS populer lainnya seperti WordPress CMS

Dari segi fungsionalitas, Drupal lebih komprehensif dan lebih mudah dikembangkan. Karena Drupal memiliki begitu banyak fitur, pemula mungkin menganggap Drupal membingungkan. Faktanya, fungsionalitas Drupal lebih lengkap dan lebih mudah untuk dikembangkan. Selain itu, database Drupal adalah salah satu database yang paling umum digunakan oleh pemilik situs web karena kapasitas penyimpanannya yang kecil dan kemudahan eksekusi.

Istilah-istilah dalam Drupal

Tentunya setelah memahami apa itu Drupal, selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah beberapa terminologi terkait Drupal.

  1. Interface Admin

Seperti namanya, tugas interface admin Drupal adalah menangani semua urusan administratif untuk keseluruhan situs web.

  1. Node

Node atau konten situs web ini juga dibagi ke dalam kategori yang berbeda, bergantung pada tujuan  pembuatan situs web tersebut.

  1. Modules

Ini bersifat modular, memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan modul yang tersedia dan menambahkan modul untuk memberikan fungsionalitas maksimal.

  1. Hook

Drupal hook adalah tempat Anda dapat menghubungkan node agar berjalan dan berfungsi secara optimal.

Fungsi Drupal

Drupal adalah CMS dengan banyak fitur.Asumsi kompleks yang dibuat oleh pengguna dan pengembang sering kali diperdebatkan. Namun di balik kerumitan tersebut, Drupal sebenarnya memiliki fitur-fitur canggih yang dapat berguna tergantung kebutuhan Anda. Salah satu fitur hebat Drupal adalah tingkat kebebasan akses pengguna yang lebih besar dibandingkan CMS lainnya. Anda juga dapat memberi mereka admin situs, editor konten, akses pribadi ke konten pribadi, dan banyak lagi. Beberapa fitur Drupal adalah:

  1. Software Content Personal

Salah satu fitur hebat Drupal adalah  software content personal. Perangkat lunak ini menggunakan database yang memungkinkan individu, bisnis, atau kelompok dengan mudah membuat situs web dan mengisinya dengan konten.

  1. Sebagai media sosial dan situs belanja online

Fitur Drupal yang sama menarik dan hebatnya adalah kemampuannya berfungsi sebagai media sosial. Dalam hal ini,  dapat digunakan secara fleksibel dan mudah untuk SNS, situs belanja, dan lain-lain. Anda harus menggunakan database Drupal Commerce situs belanja online untuk mencatat.

  1. Sebagai aplikasi internal

Sebuah fitur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah betapa mudahnya membuat aplikasi internal  menggunakan database Drupal. Hal ini berlaku tidak hanya saat mengajukan lamaran, tetapi juga saat membuat website  pribadi atau bisnis.

  1. Membuat profil produk

 Terakhir, fitur pembeda Drupal adalah pembuatan profil produk berkualitas tinggi. Tentunya didukung dengan plugin canggih sehingga memudahkan pengembang membuat profil produk perusahaan.

Keunggulan Drupal

Menggunakan database Drupal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Keunggulan Drupal antara lain:

  1. Tingkat keamanan tinggi

Keunggulan Drupal terletak pada tingkat keamanannya yang sangat tinggi. Tentu saja database ini selalu diperbarui dengan melakukan pengecekan data secara rutin dan berkala.

  1. Kemudahan perilisan

Kemudahan untuk dipublish menjadi salah satu keunggulan Drupal, sehingga bisa digunakan atau dipublish di berbagai jenis hosting.

  1. Memiliki komunitas luas

Keunggulan lain dari Drupal adalah memiliki komunitas yang luas dan besar. Hal ini tentunya bermanfaat karena dapat memberikan dukungan kepada  pengguna baru atau yang belum berpengalaman.

  1. Kemudahan training

Pengguna baru yang belum paham cara menggunakan database tidak perlu khawatir. Karena Anda dapat  dengan mudah menemukan dan menonton video tutorial  pelatihan dan pembelajaran Drupal yang  tersedia di internet.

  1. Tingkat kecepatan

Pengguna baru yang belum paham cara menggunakan database tidak perlu khawatir. Karena Anda dapat  dengan mudah menemukan dan menonton video tutorial  pelatihan dan pembelajaran Drupal yang  tersedia di internet.

Kekurangan Drupal

Selain kelebihannya, Drupal juga memiliki kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Kekurangan Drupal antara lain:

  1. Membutuhkan waktu belajar yang lama

Pertama, kelemahan Drupal adalah dibutuhkan banyak waktu untuk menguasai semua fiturnya dibandingkan mempelajari cara menguasai jenis CMS lainnya.

  1. Menghabiskan banyak resource

Kekurangan Drupal berikutnya adalah membutuhkan sumber daya server yang besar, sehingga dapat menyebabkan penggunaan sumber daya yang berlebihan jika tidak diperiksa secara berkala.

  1. Jumlah developer sedikit

Terakhir, kekurangan Drupal terkait dengan jumlah pengembang yang relatif sedikit dibandingkan  CMS lainnya. Hal ini tentunya menyulitkan menemukan pengembang Drupal untuk berkontribusi pada database Drupal Anda.

Tips belajar drupal untuk pemula

  1. Pahami istilah yang ada

Tips pertama untuk membuat website menggunakan Drupal, pastikan untuk memahami terminologi dan istilah yang terkait dengan  Drupal. Drupal merupakan CMS yang terminologinya berbeda dengan CMS lain seperti WordPress. Oleh karena itu, memahami terminologinya memudahkan pemula mempelajari cara menggunakan Drupal.

  1. Baca artikel, forum atau panduan yang terkait

 Dalam pembahasan di atas, dijelaskan bahwa Drupal salah satu CMS yang  paling banyak digunakan. Banyak sekali artikel, forum, dan dokumentasi tentang Drupal. Baca tutorial dan fitur Drupal terbaru.

  1. Trial and Error

Anda tidak akan menjadi lebih baik di Drupal jika Anda tidak mencobanya. Untuk mempelajari cara membuat situs web menggunakan Drupal, cobalah membuat situs web percobaan. Anda tidak harus terjun langsung ke proyek pembuatan website. Buat saja situs web sederhana untuk Anda sendiri.

Drupal adalah CMS yang umum digunakan untuk website, begitu pula CMS WordPress yang terkenal. Saat membandingkan Drupal dan WordPress, Anda perlu memahami keduanya dan mengetahui kekuatan, kelemahan, dan fiturnya. Fungsi keduanya juga sama persis. Drupal bisa dikatakan lebih kompleks karena memiliki fitur yang lebih banyak. Namun, kompleksitas ini sebenarnya menghasilkan fitur-fitur canggih yang berguna.WordPress menawarkan beragam tema dan plugin gratis dan berbayar. Dalam hal ini, banyak orang lebih suka menggunakan CMS WordPress karena memiliki berbagai plugin.

Kedua, salah satu pembeda Drupal dan WordPress adalah keamanan. Drupal dianggap sebagai CMS yang aman dan memungkinkan pelaporan keamanan terperinci. Drupal juga banyak digunakan di pemerintahan. Untuk alasan keamanan, WordPress sendiri masih tradisional dan rentan terhadap masalah peretasan dan keamanan. Banyaknya plugin yang disediakan justru dapat menarik banyak perhatian ke WordPress, membuka sistem dan berpotensi menimbulkan masalah keamanan. Kedua CMS tersebut sama-sama populer dan sudah memiliki lisensi resmi. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan website Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

1 day ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

1 day ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago