HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Istilah Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn Di Startup

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai istilah Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn.Apa si perbedaan dari ketiga istilah tersebut dan apa saja contohnya?Mari kita bahas bersama.

Jumlah perusahaan startup baru di dunia kini kian meningkat,dengan seiring berkembangnya dunia teknologi dan juga perilaku konsumen.Beberapa istilah penting yang biasa digunakan bagi perusahaan startup adalah unicorn,decacorn dan hectocorn.Istilah ini digunakan secara universal dalam beberapa tahun terakhir,tapi tidak semua orang paham makna dari ketiga istilah tersebut.

Pengertian Startup Unicorn

Perusahaan berlevel Unicorn adalah bisnis yang nilai valuasinya sudah mencapai USD$ 1 juta atau setara Rp.14 Triliun.Hewan unicorn digunakan dalam konteks perusahaan startup karena sama seperti unicorn,kehadiran perusahaan startup yang dapat mencapai nilai valuasi sebesar US$1 miliar cukup langka dan terdengar agak mustahil.Aileen Lee adalah orang yang memperkenalkan istilah ini,dalam artikelnya yang berjudul Welcome to the Union Club : Learning From Billion-Dollar Startups.Aileen Lee merupakan pendiri perusahaan investasi Cowboy Ventures.

Berikut contoh Startup Unicorn beberapa diantaranya adalah :

 

  • BUKALAPAK

salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia.Bukalapak awalnya merupakan roko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)untuk merambah ke dunia maya.Perusahaan tersebut kini telah melakukan ekspansi ke berbagai lini bisnis lain, termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak.Didirikan tahun 2010.Bukalapak mampu membuktikan diri sebagai perusahaan startup dengan nilai valuasi cukup besar, yaitu sekitar USD 2 miliar.

  • TRAVELOKA

Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.Didirikan tahun 2012.Kini nilai valuasi dari Traveloka bertahan di angka USD 2 miliar atau setara dengan 28 triliun rupiah.

 

  • TOKOPEDIA

Perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.Didirikan pada tahun 2009,Tokopedia memiliki nilai valuasi yang diperkirakan mencapai USD 7 miliar, atau setara dengan 102 triliun rupiah.

  • OVO

Sebuah layanan pembayaran digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia.OVO adalah platform digital untuk pembayaran sederhana dan layanan keuangan cerdas,dengan pedagang terafiliasi, mitra bisnis, dan anggota dalam ekosistemnya.Didirikan tahun 2017.Nilai valuasi OVO melebihi USD 1 miliar.

 

Pengertian Startup Decacorn

Perusahaan berlevel Decacorn adalah bisnis yang mempunyai nilai valuasi 10 kali lipat dari Unicorn, yaitu sebesar US$10 Miliar atau setara Rp 140 Triliun.Decacorn adalah gabungan dari kata deka (bahasa Yunani) yang berarti angka 10 ditambah akhiran dari Unicorn.Pencapaian Decacorn tentu tidak hanya dihitung dari pendapatan bersih yang didapatkan oleh perusahaan.Namun penghitungan valuasi Decacorn adalah meliputi metode penghitungan price/engagement dan average revenue per user atau ARPU.

Berikut contoh Startup Decacorn beberapa diantaranya adalah :

 

  • GRAB

Salah satu platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura. Berawal dari layanan transportasi, perusahaan tersebut kini telah mempunyai layanan lain seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang bisa diakses lewat aplikasi mobile.Didirikan tahun 2012. Grab akhirnya menjadi perusahaan pertama yang berhasil memperoleh gelar perusahaan Decacorn pertama yang berasal dari Asia Tenggara. Nilai Valuasi dari Grab mencapai angka USD 11 miliar.

  • GOJEK

Jika kalian yang suka menggunakan aplikasi untuk layanan transportasi,kalian pasti juga tidak asing dengan Gojek.Ini merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek.Didirikan tahun 2010.Go-Jek adalah contoh Decacorn Indonesia yang cukup terkenal.Hingga kini,nilai valuasinya pun menyentuh angka USD 10 miliar.

  • PINTEREST

Pinterest adalah virtual pinboard di mana kalian bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori yang bisa di customize namanya. Semisal kategori food and drink di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman. Didirikan tahun 2010.Nilai Valuasi dari Pinterest mencapai $ 12,7 USD.

  • DROPBOX

Dropbox merupakan layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc.,sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi,tagihan yang terpusat dan lain sebagainya.Didirikan tahun 2008.Nilai Valuasi dari Dropbox menyentuh angka lebih dari USD 10 miliar.

 

Pengertian Startup Hectocorn

Hectocorn merupakan startup tertinggi.Level hectocorn disematkan pada perusahaan yang nilai valuasinya sudah mencapai US$100 Miliar atau setara dengan 1.400 Triliun.Namun ada banyak perusahaan yang nilai valuasinya sudah jauh melebihi US$100 miliar,akan tetapi gelar Hectocorn tidak dapat disematkan bagi mereka.Pasalnya,Hectocorn hanya bisa didapat jika perusahaan tersebut masih rintisan atau startup yang sebenarnya masih dalam tahap pengembangan.

Hasil lembaga riset pasar global,yang merilis 2019 100 Top Brand, ada beberapa perusahaan besar skala dunia yang berhasil menjadi Hectocorn,

Berikut contoh Startup Hectocorn beberapa diantaranya adalah :

 

  • APPLE

 

Perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan daring.Perusahaan ini berdiri tahun 1976.Apple disebut-sebut memiliki nilai valuasi di atas US$ 100 miliar, yakni sekitar $309,5 miliar.

  • GOOGLE

Sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet.Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.Perusahaan ini didirikan tahun 1998.Perusahaan ini memiliki nilai valuasi senilai $309 Miliar.Maka ini membuat Google menjadi salah satu Hectocorn dunia karena memiliki nilai valuasi lebih dari US$100 Miliar.

  • MICROSOFT

Sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer.Perusahaan ini didirikan tahun 1975.Microsoft juga berhasil menjadi salah satu Hectocorn dunia dengan nilai valuasi sebesar $251 miliar. 

  •  FACEBOOK

Sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004.Perusahaan layanan jejaring sosial ini diketahui memiliki nilai valuasi di atas US$100 miliar,yakni sekitar $159 miliar. 

  • AMAZON

Perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berbasis di Seattle, Washington, yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, streaming digital, dan kecerdasan buatan. Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Big Four bersama dengan Google, Apple, dan Facebook.Amazon Didirikan tahun 1994.Perusahaan  ini kabarnya memiliki nilai valuasi di angka $131,2 miliar.

  • TENCENT

Sebuah perusahaan yang memasarkan berbagai layanan dan produk terkait internet,termasuk hiburan,kecerdasan buatan,dan teknologi lainnya.Didirikan pada tahun 1998.Perusahaan ini memiliki nilai valuasi perusahaan sebesar $130,9 miliar.Angka ini membuat Tencent berhasil menjadi salah satu perusahaan Hectocorn di dunia.

  • Visa

Perusahaan teknologi pembayaran global yang menggunakan mata uang digital.Didirikan tahun 1958.Nilai valuasi visa berhasil melampaui Facebook,yakni  sebesar $178 miliar.

Nah setelah membahas semua,dari unicorn,decacorn,hectocom di atas,kalian juga perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi nilai dari valuasi sebuah perusahaan,berikut di antaranya :

  • Reputasi : Semakin baik reputasi sebuah bisnis,tentunya valuasinya juga akan semakin tinggi.
  • Supply versus demand : Menentukan aktivitas transaksi.Kalau supply terlalu tinggi sedangkan demand rendah,tentu saja akan menurunkan valuasi.
  • Revenue dan laba : Ini sudah jelas memengaruhinya dari nilai valuasi.
  • Persaingan : Biasanya dinilai antarsektor maupun di dalam sektor bisnis perusahaan startup itu berada.
  • Popularitas produk :Jika tidak populer,kurang dikenal atau kalah suara dengan kompetitor,nilai valuasi tentu saja akan menyesuaikan.
  • Iklim industri : Apakah startup bergerak di industri yang baru-baru ini sedang bermasalah, terpuruk, atau bahkan sedang sekarat? Pastinya hal ini juga berpengaruh pada valuasi suatu perusahaan.

 

sekian artikel kali ini semoga bermanfaat  untuk kalian semua 😍

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

22 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago