HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal SIEM: Definisi, Cara Kerja, dan Perbedaannya dengan SOAR

Ancaman serangan dunia maya memiliki motivasi yang semakin beragam dan lebih besar yang mendorong perusahaan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan. Pandemi yang memaksa orang untuk bekerja dari rumah semakin menjadi tantangan bagi bisnis seiring meningkatnya ancaman kerentanan keamanan.

Semakin banyak industri memindahkan layanan dan sistem online, memungkinkan penyusup dan serangan dunia maya. Program antivirus saja tidak cukup. Sekarang saatnya melengkapinya dengan SIEM untuk mencegah potensi serangan dunia maya dan mendeteksi anomali dalam aplikasi dan layanan.

Software dan tools SIEM melindungi bisnis Anda dengan mendeteksi ancaman, memastikan kepatuhan, dan mengelola masalah keamanan dunia maya lainnya di lingkungan jaringan Anda. SIEM bekerja secara real time untuk meminimalkan keberadaan penyusup atau malware di dalam sistem, yang dapat dideteksi dan diperbaiki dengan cepat. Pelajari lebih lanjut tentang SIEM dan bagaimana SIEM dapat menguntungkan bisnis Anda.

Definisi SIEM

Security Information and Event Management (SIEM) adalah alat untuk memantau lalu lintas jaringan untuk ancaman atau serangan dunia maya dan menganalisis log yang dihasilkan oleh aplikasi atau perangkat secara real time.

SIEM memungkinkan deteksi dini potensi serangan dunia maya secara real-time, merekam kejadian untuk referensi di masa mendatang, dan menghubungkan kejadian dari semua sumber untuk melacak jalur intrusi. Selain itu, SIEM juga bisa menjadi sistem manajemen log yang mengumpulkan log dari server, jaringan, firewall, database, dan lainnya.

SIEM biasanya melewati empat proses ketika mendeteksi potensi serangan dunia maya, dimulai dengan pengumpulan data (dalam bentuk peretas, firewall, dan lainnya secara real time dari perangkat jaringan, domain controller, dan router) dan agregasi data (mengoptimalkan proses dan berkorelasi untuk kasus yang serupa). , analisis (memperingatkan tim IT untuk membedakan antara data yang berpotensi berbahaya dan tidak berbahaya), identifikasi dan resolusi pelanggaran (identifikasi dan resolusi untuk memastikan tidak ada pelanggaran serupa).

Secara umum, SIEM menyediakan dua keluaran pemantauan, yaitu laporan dan peringatan. Laporan SIEM menangkap dan menampilkan insiden keamanan, termasuk aktivitas berbahaya hingga upaya login yang gagal. Sementara itu, ketika mesin analisis berhasil mendeteksi aktivitas mencurigakan, fungsi peringatan SIEM akan diaktifkan.

SIEM dapat membantu meningkatkan waktu deteksi dan respons dengan menggabungkan dan menormalkan data bisnis. Selain itu, SIEM juga membantu mempercepat deteksi ancaman, investigasi, dan peringatan keamanan.

Selain itu, SIEM dapat menampilkan log aplikasi, infrastruktur, dan jaringan dari semua sistem host dalam satu antarmuka. Ini memungkinkan tim keamanan dan DevOps untuk mendeteksi serangan dan mengontrol upaya serangan melalui komponen web. Informasi log terpusat membantu mengidentifikasi host yang terkena serangan.

Perangkat SIEM seringkali dilengkapi dengan mekanisme otomatis untuk memberikan notifikasi potensi pelanggaran. SIEM dapat merespons secara otomatis untuk menghentikan serangan saat serangan masih terjadi, termasuk mengambil server yang berpotensi disusupi secara offline untuk meminimalkan dampak pelanggaran.

Cara Kerja SIEM

SIEM dibuat dengan menggabungkan Security Information Management (SIM) dan Security Event Management (SEM). SIM fokus pada pengumpulan data dalam file log, untuk keperluan analisis dan laporan pada sistem dengan menggabungkan log dan intelijen ancaman. Sementara SEM menangani peristiwa keamanan secara real-time yang disediakan oleh Intruder Detection Systems (IDS), firewall, dan sistem antivirus, untuk memberikan peringatan agar ancaman tersebut dapat segera ditangani.

Solusi SIEM modern dapat menganalisis berbagai sumber data dari:

  • Aplikasi apa pun yang digunakan perusahaan.
  • Perangkat jaringan seperti routers, switches, bridge, wireless access point, modem, line driver, dan hubs.
  • Server seperti web, proxy, mail, dan file transfer protocol.
  • Perangkat keamanan seperti IDP/IPS, firewall, antivirus software, dan content filter.

Log yang dihasilkan oleh aplikasi perangkat keamanan seperti server, jaringan, firewall, database, dan lainnya di setiap kejadian, termasuk ketika ada maintenance karena instalasi s/w akan ditampilkan di SYSLOG. Jika perangkat keamanan mengalami beberapa peringatan keamanan, maka akan menghasilkan log.

Demikian pula, ketika semua aplikasi (log source) mengalami peristiwa tertentu, itu menghasilkan log. Log yang dihasilkan akan dikirim oleh setiap aplikasi atau perangkat keamanan terpusat ke SIEM. Untuk mengumpulkan log dalam jumlah besar, Anda dapat menginstal kolektor yang dapat dikonfigurasi di aplikasi untuk memfasilitasi pengiriman log ke SIEM.

Namun, log mentah yang dihasilkan dari semua aplikasi sulit dibaca atau dianalisis. SIEM dapat membantu menganalisis log mentah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. SIEM akan mengumpulkan log dari beberapa aplikasi dan perangkat keamanan yang berbeda-beda untuk dikelola sebagai sebuah log store. Pada umumnya, besaran log bergantung pada tingkat trafik jaringan. Big data memegang peranan penting untuk menganalisa log yang terkumpul dalam SIEM.

Perbedaan SIEM dan SOAR

SOAR berasal dari singkatan Security Orchestra Automation and Response . Secara keseluruhan, SOAR adalah pendekatan baru untuk operasi keamanan, terutama penanganan insiden. SOAR memiliki manfaat untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, ketersediaan, dan stabilitas operasi keamanan. SOAR memiliki tools yang dapat mengintegrasikan semua alat dan aplikasi ke dalam sistem keamanan perusahaan, memungkinkan tim keamanan untuk mengotomatiskan proses respons ketika terjadi pelanggaran keamanan, dan dapat mengidentifikasi potensi ancaman kerentanan melalui proses resolusi.

Lalu apa perbedaan dari SIEM dan SOAR ini? Mari kita lihat perbedaannya berdasarkan 3 hal, sebagai berikut:

1. Fungsi dan Kemampuan Inti

SIEM 

  • Menargetkan penyimpanan data, intelejen keamanan, dan kebutuhan analitik.
  • Penggunaan agresi data, deteksi ancaman, identifikasi dan notifikasi.
  • Prosesnya tidak otomatis dan membutuhkan partisipasi manusia pada tahap akhir.
  • Memicu peningkatan peringatan ketika aktivitas mencurigakan terdeteksi.
  • Memerlukan analisis keamanan manual untuk menentukan apakah penyelidikan lebih lanjut diperlukan.
  • Serta melaporkan temua tersebut sebagai suatu insiden.

SOAR

  • Menjalankan semua proses secara otomatis.
  • Memiliki kemampuan menyatakan suatu peristiwa sebagai insiden keamanan atau hanya peristiwa biasa yang tidak berbahaya.

2. Intervensi Manusia

SIEM

  • Perlu penyempurnaan dan pengembangan yang konstan,agar tim Security dapat maksimalkan fungsinya
  • Meski dibuat untuk hemat waktu, sistem tersebut dapat membuang waktu karena dibutuhkan tim untuk mengelola, memelihara operasional dan membedakan jenis peringatan.

SOAR 

  • Membantu meminimalisir keikutsertaan manusia, karena otomatisasi menjadi tujuan utamanya.
  • Dapat menyaring serangan “palsu”, sistem tersebut hasilkan sedikit peringatan sehingga memungkinkan analis Security untuk fokus dalam meningkatkan dan mengotomatiskan lebih banyak rencana merespons insiden
  • Namun untuk mengatasi mission critical system masih perlu persetujuan dari ahli atau manusia.

3. Sumber Data

SIEM

  • Penggunaan jenis data yang sama, yaitu data log dan peristiwa di semua komponen aplikasi dan jaringan.
  • Bermacam sumber data dan jumlah yang terkumpuln berbeda.
  • Kumpulan data log dan peristiwa dari host dan sumber infrastruktur (firewall, tool Data loss perevention, sistem deteksi dan pencegahan malware).
  • Intergrasi berbagai macam sumber data termasuk aplikasi eksternal untuk menggabungkan berbagai jenis data yang banyak.

SOAR

  • Penggunaan jenis data yang sama, yaitu data log dan peristiwa di semua komponen aplikasi dan jaringan
  • Bermacam sumber data dan jumlah yang terkumpuln berbeda
  • Berdasarkan pada tujuan otomatisasi, sistemnya perlu memiliki pengetahuan yang banyak yang berkaitan dengan tindakan dan konfigurasi jaringan untuk mengidentifikasi anomali.

Berbagai alat dan perangkat lunak SIEM sangat penting untuk diterapkan agar tim keamanan TI dapat dengan mudah mendeteksi ancaman dunia maya sebelum menyerang aplikasi dan perangkat. Sistem SIEM akan memperingatkan tim IT sehingga mereka memiliki waktu untuk mengambil tindakan guna mencegah serangan sebelum terjadi kerusakan.

Tim IT harus dilibatkan secara manual untuk memutuskan tindakan lebih lanjut, apakah akan melakukan penyelidikan menyeluruh, dan apakah akan mengklasifikasikan temuan tersebut sebagai insiden. Tools SIEM juga menyediakan cara untuk mengotomatiskan perlindungan di dalam sistem, membebaskan organisasi dari potensi kesalahan manusia dalam menemukan potensi ancaman.

Pada saat yang sama, SIEM menggunakan agregasi data, deteksi ancaman, identifikasi, dan notifikasi. Namun, semua proses tahap akhir ini masih memerlukan keterlibatan manusia karena tidak dapat diotomatisasi.

Peringatan untuk pelanggan: Kumpulkan log untuk ditinjau guna mencegah serangan serupa di masa mendatang. Selain itu, diperlukan audit untuk menormalkan data agar pengelola IT dapat melakukan pemeliharaan infrastruktur.

6 Keuntungan menggunakan SIEM

  1. Meningkatkan efisiensi dalam mendeteksi dan menanggapi ancaman.
  2. Mengurangi biaya dan dampak serangan cyber.
  3. Cegah serangan saat ini dan masa depan dengan logging.
  4. Notifikasi real-time sehingga mereka dapat merespons serangan dengan cepat.
  5. Mengurangi biaya tenaga kerja dan keamanan informasi.
  6. Membantu mematuhi standar dan peraturan industri keamanan cyber.

Manfaatkan SIEM untuk Atasi Serangan Siber

Sistem SIEM mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang infrastruktur jaringan organisasi, termasuk server, sistem, perangkat, dan aplikasi, untuk mengidentifikasi potensi ancaman eksternal dan internal. Solusi SIEM modern memberikan “centralized view” yang menggabungkan informasi kontekstual tentang pengguna, sumber daya perusahaan, dan lainnya.

Sudah saatnya Anda memanfaatkan SIEM modern untuk melawan potensi serangan dunia maya atau masalah keamanan lain yang semakin kompleks. Tidak seperti SIEM tradisional, SIEM modern memberikan visibilitas lengkap ke semua jaringan, aplikasi, dan perangkat keras.

SIEM adalah solusi untuk menganalisis data dalam jumlah besar dan menemukan aktivitas yang dapat memicu serangan dalam hitungan detik. Keunggulan ini merupakan salah satu nilai plus yang tidak ditawarkan oleh SIEM tradisional.

 

4.6/5 - (10 votes)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

23 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago