HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Anonymous Proxy

Seberapa Pentingnya Proxy

Sistem proxy memerlukan server guna menjalankan fungsinya. Ada banyak sekali jenis proxy server yang saat ini ditawarkan di internet. Setelah memahami definisi dari proxy, maka perlu memahami cara kerjanya demi keamanan data. Apabila di ibaratkan proxy ini mirip dengan jembatan yang menghubungkan antara perangkat dengan jaringan internet.

Penggunaan proxy saat ini lebih ditujukan untuk mengamankan identitas saat menggunakan internet. Beberapa data yang bisa disembunyikan adalah alamat, IP dan data diri. Namun, proxy juga bisa berguna melakukan akses terhadap situs yang diblokir. Proxy juga bisa dipakai memblokir akses ke suatu negara oleh pengguna yang sedang berada di luar negeri.

Sebagian besar instansi perkantoran maupun sekolah menggunakan proxy dalam pembatasan akses ke suatu website atau media sosial. Tujuannya sudah pasti agar karyawan maupun murid bisa lebih fokus dalam bekerja maupun belajar.

Apa Itu Anonymous Proxy?

Anonymous dapat dikatakan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyembunyikan identitas agar tidak diketahui orang banyak. Jadi dapat diartikan bahwa Anonymous Proxy adalah proxy yang digunakan untuk menyembunyikan identitas sebenarnya dan tidak diketahui darimana asalnya saat kita melakukan browsing.

Identitas yang disembunyikan biasanya adalah IP Address dengan tidak mengirimkan HTTP_X_FORWARDED_FOR kepada remote host, Browser yang dipakai, Sistem Operasi yang digunakan dan Lokasi pengguna. Biasanya menyembunyikan identitas digunakan untuk mengawasi pengguna internet (spamming, dll) dan juga untuk mencari jalur lain dari pemblokiran sebuah website.

Anonymous proxy ini bisa dipasang ke sebuah website, sehingga sering disebut anonymizer atau anonymizer website. Proxy ini dapat menghapus keterangan informasi sebelum disampaikan ke target koneksi. Selain itu juga tidak perlu software tambahan maupun script. Proxy yang satu ini justru bisa mengetahui informasi dari target yang akan disambungkan.

Proxy ini juga memiliki fungsi yang sama dengan proxy lain yang berupa membantu menghindarkan pengguna dari berbagai iklan marketing online, mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa diketahui lokasinya, menghindari sensor, melindungi dari cracker dan melindungi sejarah penelusuran.

Yakin Anonymous Aman?

Dengan menggunakan proxy ini dengan aman selama disediakan oleh vendor terpercaya. Namun saat menemukan adanya iklan penyedia proxy gratis, sebaiknya berhati-hati.

Itu bisa saja merupakan jebakan pemerintah atau cracker untuk mendapat identitas dan mencuri data para penggunanya. Jangan mudah tertipu dengan kata gratis, karena pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang benar-benar gratis. Hanya saja kelemahan dari proxy jenis ini adalah koneksi internet akan jadi sedikit melambat. 

Hubungan IP dengan Proxy

Setiap kali seseorang mengakses website di internet, maka internet akan memberikan informasi berupa alamat kepada perangkat. Alamat tersebut yang disebut sebagai Internet Protocol (IP). Kode IP ini biasa dipakai server untuk identifikasi dalam mengirim konten suatu website.

Server tersebut akan mencatat IP orang yang mengaksesnya. Alhasil, ada perangkat lain yang akan mengerti informasi berupa email, data diri, video dll dari kode IP yang dicatat oleh server. Ini dapat membuat perangkat menjadi tidak aman dan rentan terhadap cyber crime. Alamat yang dipakai setiap perangkat juga memiliki kode yang unik dan terpakai setiap mengakses internet.

Alasan Mengapa IP Perlu Dirahasiakan

Setiap perangkat memiliki IP yang berbeda, sehingga ini benar-benar mirip dengan kartu identitas. IP tersebut dapat dipakai untuk memblokir si pengguna dari login atau mengakses suatu situs. IP juga berisi identitas yang unik, sehingga mengandung banyak informasi pemiliknya.

Jika IP sampai jatuh ke tangan cracker, maka bisa bernasib buruk. Cracker bisa memanfaatkan data tersebut untuk melancarkan aksi pembobolan akun atau aksi kejahatan serius lain di dunia cyber. Sekarang sudah semakin paham akan pentingnya merahasiakan IP yang tertera di perangkat.

Jenis Anonymous Proxy

Beberapa daftar yang bisa menjadi referensi dalam menentukan jenis proxy yang akan dipakai sebagai berikut :

1. Hidester

Bagi yang sudah menggunakan Hidester tidak perlu melakukan install software maupun aplikasi sama sekali. Ada sebuah situs tersendiri yang bisa di akses di berbagai macam platform, termasuk smartphone. Selain itu juga tidak perlu mengisi bagian pendaftaran di situs tersebut.

2. Proxysite.com

Jika mencari anonymous proxy yang bisa mengakses ke media sosial, maka bisa menggunakan Proxysite. Beberapa media sosial yang dapat diakses yaitu Youtube dan Facebook. Tidak perlu lagi keluar dari kantor agar bisa mengaksesnya. Proxy ini dapat memastikan bisa berselancar internet dengan aman berkat enkripsi Secure Socket Layer (SSL).

3. Hide.me

Salah satu proxy yang aman dan tidak mencatat apapun dari IP Hide.me. Bahkan, Chrome web store juga memiliki ekstensi ke Hide.me.

4. Kproxy

Kproxy yang mana memiliki subskripsi berbeda dalam penyesuaian dengan perangkat user. Hebatnya proxy ini juga menawarkan segudang layanan, seperti download tidak terbatas, tidak adanya iklan dan bisa memilih akses ke server premium.

Cara Menggunakan Anonymous Proxy

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan supaya kegiatan mengakses internet bisa lebih aman. Informasi ini bisa dipakai saat sedang mencari proxy server terpercaya. Beberapa langkah tersebut, yaitu :

  • Buka alamat penyedia Anonymous Proxy tersebut melalui browser. Ada banyak penyedia yang memberikan layanan gratis ada juga yang trial 30 hari bahkan ada juga yang minta di bayar. Salah satu contohnya adalah http://spysurfing.com/index.php? kemudian tampil halaman seperti berikut :

  • Ketikan alamat website yang memblokir IP atau yang ingin diamati misalnya http://ubuntu.com centang pilihan-pilihan yang ingin digunakan atau tidak.
  • Kemudian klik Start Surfing. Tunggu sebentar maka akan muncul tampilan web seperti sediakala :

Cara Kerja Anonymous Proxy

Seperti yang dijelaskan diatas Proxy menyimpan cache content sebuah websites pada memori di Server. Untuk kasus ini server Proxy berada pada http://spysurfing.com/index.php?. Waktu mengetikkan alamat web http://ubuntu.com pada halaman http://spysurfing.com/index.php? artinya meminta pada http://spysurfing.com/index.php? untuk mendownload kontent yang ada pada http://ubuntu.com. Kemudian http://spysurfing.com/index.php? menjadikan halaman http://ubuntu.com sebagai bagian darinya. Sekarang akan mengakses http://ubuntu.com secara langsung melalui http://spysurfing.com/index.php?.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

6 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago