HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Remote Desktop Protocol (RDP)

Mungkinkah kalian ingin meningkatkan kecepatan koneksi internet ? Bagi sebagian orang tentu ingin lancar berselancar di internet.Sebenarnya ada cara yang mudah untuk melakukannya, yaitu menggunakan RDP atau Remote Desktop Protocol.

Apa si Remote Desktop Protocol itu ? Di artikel kali ini,kita akan mempelajari Tentang Pengertian,Fungsi serta cara menggunakan Remote Desktop Protocol di komputer Windows 10.Mari kita bahas satu per satu.

Pengertian Remote Desktop Protocol (RDP)

Remote Desktop Protocol merupakan protokol jaringan yang digunakan Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop.RDP didasarkan pada protokol T.120.Spesifikasinya diterbitkan oleh International Telecommunication Union (ITU).Protokol RDP juga digunakan dalam perangkat lunak Mi crosoft NetMeeting untuk konferensi jarak jauh.

Remote Desktop Protocol (RDP) merupakan metode untuk komputer jarak jauh.Maksudnya komputer jarak jauh yang dapat menjalankan program dan aplikasi dari komputer lain tem pat kita berasal.Contohnya : Lokasi kalian di Semarang sehingga memiliki  komputer (online 24 jam) di Singapura.Kalian dapat menjalankan aplikasi dari komputer di Singapura menggunakan protokol RDP dari Indonesia.

Fungsi Remote Desktop Protocol

Fungsi RDP menyediakan akses remote melalui port TCP 3389.Saat kalian menggunakan sebuah client atau aplikasi RDP,data yang akan dikirimkan ke komputer lain dimasukkan ke dalam kanal remote desktop protokol.

Sistem operasi komputer yang kalian gunakan mengenkripsi data tersebut sebelum akhirnya ditransmisikan melalui port TCP.Remote Desktop Protokol sendiri dikelola oleh driver bernama terminal server device redirector.Driver ini terdiri dari beberapa komponen.Di antaranya Tdtcp.sys yang bertugas untuk memastikan remote desktop protocol dapat melalui TCP/IP dan lainnya.

Manfaat Remote Desktop Protocol

Protokol ini memang memiliki banyak sekali kemanfaatan dan keuntungan yang akan kalian dapatkan. Karena kalian tidak harus mengorbankan sumber daya di komputer,cukup menggunakan koneksi internet.

Berikut ini beberapa manfaat RDP yang kalian dapatkan :

  • Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Apabila ingin melakukan pembelian,kalian dapat menyesuaikan spesifikasi komputer RDP yang kalian sewa sesuai kebutuhan.Jadi kalian dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

  • Dapat Menjalankan Program Berat 

RDP ini juga dapat menjalankan program yang luas sesuai dengan spesifikasi server.Semakin baik server,semakin aman menjalankan program komputer yang dapat diinstal langsung pada RDP ini.

  • Aktif 24 Jam

Komputer dapat selalu online setiap saat,bagi yang memiliki BOT atau instrumen,RDP merupakan solusinya.Jika kalian membutuhkan waktu yang lama melakukan kegiatan seperti encoding video,unggah file besar dan gunakan RDP.Namun,ada beberapa aktivitas terlarang seperti penambangan dan aktivitas yang dapat membebani server dan menyebabkan server berhenti.

  • Download Atau Upload Data Cepat

Proses pengunggahan lebih cepat daripada saat menggunakan jaringan internet normal.Misalnya,saat memigrasikan situs web dengan ukuran data hingga 100 GB.Berapa lama harus dapat memindahkan semuanya ke server baru? Dengan kecepatan RDP 200 Mbit / s,memindahkan server ini tidak butuh waktu lama.Kalian dapat masuk ke akun hosting melalui RDP.

  • Koneksi Internet Lebih Cepat

RDP memiliki keunggulan kecepatan internet.Tergantung pada paket yang disewa,penyesuaian dapat dilakukan.Semakin mahal komputer RDP sewaan,semakin cepat dapat mencapai 1 Gbit / dtk.Untuk kecepatan internet yang lebih cepat,RDP lebih cepat.Oleh karena itu,pilihlah server yang paling dekat dengan lokasi kalian,sehingga akses tidak tertunda karena lokasi server  yang jauh.

Cara Menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP)

Kalian harus memiliki akun RDP,entah akun prabayar atau akun percobaan gratis.Setelah memiliki akun,kalian masuk ke akun dan kalian pun sudah dapat menggunakannya.Berikut ini penjelasan tentang penggunaan RDP pada sistem operasi Windows 10 :

  • Cari tombol pencarian di kiri bawah layar atau di sebelah logo Windows,lalu mengkliknya langsung.
  • Lalu tulis di bilah pencarian “Remote Desktop Connection”.
  • Kemudian aplikasi muncul dan klik.
  • Remote Desktop Connection.
  • Masukkan nama IP server RDP,klik pada alamat IP yang diinginkan dan kemudian Connect.
  • IP server RDP.
  • Setelah masuk,popup persetujuan ditampilkan lagi.Kemudian klik Connect dan sistem RDP akan dikonfigurasi dengan cepat dan baik.
  • Sistem RDP dikonfigurasikan.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi berdasarkan nama server RDPnya.Jangan lupa untuk pilih “Simpan kriteria saya” untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi.Juga tidak dipilih.Kemudian klik OK.
  • Tunggu proses pendaftaran selesai.
  • Muncul popup lagi untuk memeriksa RDP.
  • Untuk melihat sertifikat RDP,klik Lihat sertifikat dan hapus pesan ini saat kalian masuk.Caranya dengan memeriksa kata-kata yang tidak lagi bertanya kepada saya tentang koneksi komputer ini.
  • Kemudian tunggu hingga proses pendaftaran berhasil.Tunggu beberapa detik hingga proses pendaftaran selesai.
  • Tinjauan RDP.
  • Dan lihat hasilnya,proses pendaftaran sukses.Sekarang kalian dapat menghubungkan protokol desktop jarak jauh ke laptop kalian.Dengan fungsi RDP,dapat mengunggah dan mengunduh file tanpa batas dengan kecepatan tinggi.

Cara Agar Mendapatkan RDP Gratis

Remote Desktop Protocol biasanya dijual dengan harga yang tidak murah.Biasanya,harganya antara $ 5 dan $ 10 per bulan,tergantung dari spesifikasinya.

Semakin tinggi,semakin mahal kalian harus membayar.Tapi jangan khawatir,ada beberapa penyedia layanan RDP,salah satunya menawarkan uji coba 30 hari gratis tanpa kartu kredit.Berikut tutorialnya :

  • Buka situs web AppOnFly.
  • Klik uji coba gratis di kanan atas.
  • Silakan daftar dengan memasukkan email atau masuk dengan akun Facebook kalian.Kemudian klik Mulai uji coba gratis.
  • Kemudian jendela baru terbuka secara otomatis,harap tunggu.Proses booting singkat.
  • Remote Desktop Protocol siap untuk digunakan.

Kelebihan Remote Desktop Protocol

  • Dapat menyala atau On terus meski sudah tidak terkoneksi (disconnect) dari aplikasi RDP.
  • Cepat melakukan proses unduh atau unggah hingga 1000 Mb/s.
  • Dapat menggunakan RDP ini untuk melakukan BOT,Jugling,Hitleap,penyandian,pengunduhan, pengunggahan,pengunggahan ulang file besar,hosting situs web dan tindakan lainnya.
  • Remote Desktop Protokol (RDP) dapat diunduh dari situs torrent tanpa takut akan adanya pelanggaran internet yang berbahaya.
  • RDP juga bisa digunakan sebagai server game online.

Nah,itulah artikel mengenai Remote Desktop Protokol (RDP),semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago