HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Trojan,Cara Kerja Serta Cara Mengatasinya

Apa Itu Trojan ?

Merupakan salah satu jenis malware yang sering menyamar sebagai software/perangkat lunak yang sah.Malware Trojan horse ini,biasanya digunakan oleh para peretas untuk mendapatkan akses kepada sistem tanpa diketahui.Trojan horse ini menyamar seperti kebanyakan software lainnya yang ada di komputer,kemudian setelah diaktifkan tanpa sengaja oleh pengguna barulah Trojan ini mulai bekerja.

Berikut ini beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh malware Trojan horse :

  • Copy data.
  • Blokir data.
  • Hapus data.
  • Modifikasi data.
  • Mengganggu kinerja komputer.
  • Mengganggu kinerja jaringan.

Istilah Trojan Horse mengadaptasi mitologi Yunani,yakni Perang Troya.Diceritakan bahwa pasukan Yunani berhasil merebut kemenangan gara-gara menyusup dalam kuda kayu besar (kuda Troya) yang diarak tentara Troy sebagai piala perayaan.Saat tentara Troy lengah,pasukan Yunani pun menyerang.

Cara Kerja Dari Trojan

Cukup sederhana cara kerjanya,banyak orang mudah terjebak oleh malware ini.Karena Trojan mampu menyamar sebagai software yang sulit kaalian bedakan dengan aslinya.

Berikut ini cara kerja Trojan :

  • Hacker mengirimkan pancingan kepada target.Contohnya : file PDF,link tertentu,software dan lainnya.
  • Target menerima umpan,kemudian mengklik file yang mereka terima.
  • Trojan aktif,kemudian mengirimkan seluruh info yang hacker inginkan dari device atau website.
  • Hacker mengendalikan sistem dan melakukan berbagai tindakan kriminal.
  • Perangkat dan server yang terinfeksi dapat menularkan malware ini ke perangkat dan website yang saling terhubung.

Jadi kesimpulannya,Trojan membutuhkan bantuan korban untuk bisa beraksi dan saat berhasil menginfeksi satu device,Trojan dapat menular ke perangkat terdekat lain.Caranya,dengan memanfaatkan jaringan WiFi.

Website juga bisa menjadi target Trojan.Malware memang mampu menyerang server web dan menginfeksi situs yang berada dalam jaringan yang sama.Buktinya,Trojan sudah menjatuhkan banyak korban,bahkan perusahaan besar sekelas Amazon pun sempat terkena serangan Trojan.

Contoh Trojan Horse Populer dan Bahayanya

Locky Ransomware : Contoh Trojan Horse paling populer yang menimpa Amazon,bahkan di tahun 2021,serangan malware ini masih terjadi.Awal mulanya orang-orang akan menerima email pengiriman parcel untuk pesanan yang tidak pernah mereka lakukan.Penerima yang penasaran pun klik tombol Continue untuk memeriksa paket itu.Tanpa sadar,si penerima email baru saja mengaktifkan Trojan.Malware ini,juga beraksi dengan membajak komputer,menyandera seluruh data korban,meminta uang tebusan untuk mengembalikan sistem ke semula.

Jenis-Jenis Trojan

Ada beberapa jenis Trojan lainnya seperti :

  • Backdoor : Malware backdoor memberikan kendali penuh device kepada pelakunya.Sehingga,pelaku bisa melakukan apapun pada seluruh data dalam device korbannya.
  • Exploit : Malware ini memanfaatkan celah keamanan pada device korbannya untuk masuk.Bisa melalui software rentan,sistem operasi dan lainnya.
  • Clampi Trojan : Dikenal juga sebagai Ligats. Ligats/Clampi menyerang pengguna perbankan dengan cara menunggu korban mengisi data transaksi (info kartu kredit, password), lalu menyadapnya diam-diam.
  • Cryxos Trojan : Cryxos atau Scarware adalah malware yang menjebak orang-orang dengan pop up semacam “Komputer Anda Terinfeksi Virus”, lalu meminta korbannya mengklik tombol tertentu untuk membasminya.
  • DDoS Trojan : Malware ini cukup populer di dunia website. Biasanya DDoS mengirim request palsu pada server web, hingga akhirnya beban situs jadi berat dan website gagal diakses;
  • Geost Trojan : Virus Trojan Android ini bersembunyi di balik apps yang orang download dari website tertentu;
  • IM Trojan. Ini adalah malware yang mencuri data login dan password dari aplikasi chat (WA, Skype, Line, dll). Sehingga, pelaku bisa membajak akun Anda dan membuat obrolan dengan semua isi kontak Anda;
  • Mailfinder Trojan : Malware ini mengumpulkan kontak email dari device korbannya, lalu menyebarkan spam ke orang-orang tersebut;
  • Ransomware : Penjahat cyber memanfaatkan ransomware untuk mengendalikan device dan menyandera seluruh data korbannya, kem udian meminta tebusan untuk membebaskannya;
  • Spyware : Trojan jenis ini bekerja dengan cara memata-matai semua aktivitas pada komputer korban.Spyware juga memantau data yang kalian masukkan.

Masing-masing malware ini membawa misi khusus dan tentu semuanya merugikan korban.Lalu,apa yang dapat dilakukan jika terlanjur menjadi korban malware ini ?

Pada bagian selanjutnya,akan dijelaskan mengenai cara hapus virus Trojan serta tindakan untuk mencegahnya.

Cara-Cara Untuk Mengatasi Serangan Trojan

Supaya kalian lebih mengerti mengatasi serangan malware Trojan,mari simak cara mengatasi Trojan berikut ini :

  • Menginstal Antivirus Terbaik

Antivirus merupakan software yang wajib ,pada komputer,karena memasang program pembasmi virus ini akan mencegah malware masuk, mendeteksi hal-hal mencurigakan dan sebagai cara menghapus virus Trojan.Penting untuk diketahui,karakter setiap antivirus itu berbeda.Sebab, jenis Trojan juga banyak macamnya.Karena itu,pilihlah antivirus terbaik yang mampu mencukupi kebutuhan kalian.

  • Mendownload Dari Situs Resmi

Jika kalian menyukai download file atau apps dari situs tidak resmi,entah untuk bermain game,membaca e-book bajakan,mencari apps yang tidak ada di Google Play Store atau yang lainnya.Sebaiknya,mulai sekarang dihentikan kegiatan berbahaya tersebut,karena bisa saja penjahat cyber memasukkan Trojan ke dalam file yang kalian unduh.Tentunya ini akan menimbulkan resiko untuk kalian.

  • Mengindari Klik Pop-Up Mencurigakan

Biasanya penjahat cyber memanfaatkan rasa panik untuk melancarkan aksinya.Salah satunya dalam wujud pop-up.Apabila kalian menjelajah sebuah website dan tiba-tiba muncul pop-up yang menyatakan device sudah terinfeksi virus,Jangan panik,karena Rasa panik hanya akan mendorong kalian melakukan apa yang hacker inginkan.Jadi,segera keluar dari situs tersebut dan untuk mengonfirmasi keberadaan virus,silakan scan device dengan anti-virus daripada percaya pada pop-up yang mencurigakan.

  • Berhati-hati Pada Email Asing

Apabaila kalian menerima email asing yang menjanjikan tawaran menarik,kalian harur berhati-hati.Karena bisa jadi kalian sedang berhadapan dengan email phising.Email phising adalah email yang bertujuan mengelabui seseorang.Email phising biasanya melampirkan file,link,tombol atau apapun yang dapat di klik.Jadi berhati-hatilah dalam menerima email asing.

  • Menggunakan Jaringan Internet Yang Aman

Jika kalian menjumpai jaringan WiFi dengan memberikan akses yang mudah,kalian harus berhati-hati juga.Jaringan internet yang tidak aman biasanya akan membuka pintu lebar-lebar bagi mangsanya.Sehingga,kalian boleh login tanpa password.Lalu kalian akan terkena Trojan.Karena itu,sebaiknya gunakan saja jaringan WiFi yang sudah terjamin keamanannya.

  • Menggunakan Hosting Yang Memiliki Perlindungan Kemananan yang Terbaik

Tidak hanya komputer,Trojan dapat menyerang server website kalian serta antivirus pun tidak dapat membasmi malware yang bersarang pada server.Karena itu,penting untuk menggunakan hosting dengan sistem keamanan terbaik.

  • Sering Mengupgrade Sistem Operasi Dan Software

Dengan rajin update device atau website pribadi kalian,mulai dari sistem operasi (OS),software,ekstensi,Content Management System (CMS),plugin website dan lainnya.

Alasannya,karena malware trojan ini,mampu menyelinap lewat celah keamanan sistem.Tidak heran penyedia layanan rutin meningkatkan versi keamanan mereka agar tidak ketinggalan langkah.Namun untuk mendapatkan sistem keamanan terbaru,kalian harus mengupdate device atau website kalian.

  • Melakukan Backup Dengan Teratur

Meski sudah mencegah Trojan,sebaiknya tetap melakukan backup.Dengan mencadangkan seluruh data device ataupun website,kalian tidak akan panik jika suatu saat terkena malware Trojan ini.

 

Kesimpulan :

Trojan merupakan malware yang dapat menyamar untuk memasuki komputer hingga menyerang server website.Contoh Trojan Horse misalnya email phising,file PDF, dan software dari situs ilegal.Untuk menghadapi malware trojan ini,ada berbagai cara menghapus virus Trojan yang dapat dilakukan.Jadi kalian tidak harus merasa panik lagi.

Nah,itulah penjelasan tentang Trojan mulai dari pengertian,cara kerjanya serta tak ketinggalan cara mengatasinya,Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

13 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

16 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

4 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago